Pendidikan

SD Negeri di Madina Sumut Kondisinya Memprihatinkan, Lihat Nih

Madina, Ruangpers.com – SD Negeri nomor 333 Desa Bintungan Bejangkar Baru, Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) kondisinya memperihatinkan.

Sejak beberapa tahun terakhir bangunan yang didirikan sejak tahun 1994 itu tidak dapat dipergunakan lagi untuk tempat belajar mengajar, bahkan bisa membahayakan siswa

Dari enam ruangan kelas, hanya tiga ruangan yang bisa digunakan. Sedangkan tiga ruangan lainnya mengalami kerusakan yang cukup parah sejak beberapa tahun lalu.

“Sekolah kita ada delapan ruangan, satu ruangan gudang dan satu ruangan kantor. Sedangkan enam lagi untuk ruangan kelas belajar. Yang rusak parah itu ada empat ruangan, yaitu tiga ruangan kelas dan satu gudang,” kata Kepala SDN nomor 333 Annaita Siregar melansir Antara, Sabtu (17/9/2022).

Annaita mengatakan, kerusakan bangunan dikarenakan kondisinya yang telah lapuk. Saat ini hanya ruangan kelas 4,5 dan 6 yang masih bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Untuk siswa kelas 1, 2 dan 3 harus ikut membaur di ruangan kakak kelas mereka. Ruangan yang masih bisa dipakai kita pasangi sekat untuk pembatas antarkelas,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan kondisi sekolah sudah sering dilaporkan ke Dinas Pendidikan Madina. Namun demikian, hingga saat ini belum terlihat adanya respons dari pihak pemerintah daerah.

“Kondisi sekolah ini sudah sering kita laporkan kepada Dinas Pendidikan, bahkan sebelum-sebelumnya sekolah ini juga sudah sering ditinjau oleh Kepala Dinas,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini ada 120 siswa di sekolah tersebut. Para wali murid merasa khawatir dengan kondisi bangunan yang membahayakan itu.

Namun para pelajar di sekolah itu tetap antusias menimba ilmu di sekolah. Para siswa berharap suasana belajar yang nyaman dan bebas dari kekhawatiran dari ambruknya bangunan.

Korwil 15 Dinas Pendidikan Madina Kecamatan Sinunukan Irvan Rangkuti juga mengaku jika kondisi sekolah itu sudah sering disampaikannya ke Dinas Pendidikan Madina.

“Bangunan itu tidak bisa lagi ditempati. Sudah sering kita laporkan. Sekolah ini dulu juga sudah sering ditinjau Kepala Dinas.” ungkapnya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal, Riswan Halim Batubara mengaku, dengan kondisi sekolah yang mengalami rusak berat sedang dirumuskan untuk menjadi prioritas di tahun 2023.

“Terkait sekolah rusak berat, sedang dirumuskan untuk menjadi prioritas dalam penganggaran tahun anggaran 2023. Intinya Dinas Pendidikan sedang mengupayakan percepatan perbaikan sekolah-sekolah yang rusak berat,” katanya.

 

Sumber : Suara.com

 

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

15 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

15 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

15 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

22 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

22 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

23 jam ago