Olahraga

Sempat Diragukan, Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023 usai Tekuk Nepal 7-0

Jakarta, Ruangpers.com – Timnas Indonesia menjawab keraguan pihak luar dengan satu tiket ke Piala Asia 2023 usai membantai Nepal dalam laga Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Kemenangan telak tim asuhan Shin Tae-yong atas Nepal membuat Timnas Indonesia bakal tampil kelima kalinya di Piala Asia.

Dalam laga Timnas Indonesia vs Nepal yang digelar di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, pesta gol Timnas Indonesia dicetak oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Timnas Indonesia memastikan mendapat tiket di Piala Asia 2023 karena menjadi salah satu dari lima runner up terbaik dari enam grup yang ada di putaran ketiga kualifikasi.

Kemenangan ini menambah catatan Skuad Garuda berlaga di Piala Asia. Timnas Indonesia terakhir kali berpartisipasi pada 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada pertandingan melawan Nepal, juru taktik asal Korea Selatan itu mempertahankan strategi bermain dengan tiga bek tengah yaitu Elkan Baggott, Rizky Ridho dan sang kapten Fachruddin Aryanto, sama seperti saat melawan Kuwait dan Yordania.

Dengan formasi 5-2-3 saat bertahan dan 3-4-3 kala menyerang, Indonesia memulai pertandingan dengan langsung menekan pertahanan Nepal.

Pada menit pertama Saddil Ramdani sudah mengancam dengan tendangan tepat sasaran ke arah penjaga gawang Nepal. Terus menyerang, skuad “Garuda” akhirnya membuka keran gol pada menit keenam lewat sundulan Muhammad Dimas Drajad.

Dimas berhasil memanfaatkan bola umpan Asnawi Mangkualam dari sisi kanan Indonesia melalui sundulannya.

Setelah gol pertama, performa Timnas Indonesia sempat menurun. Hal tersebut dimanfaatkan Nepal untuk membangun permainan dengan menguasai bola lebih lama.

Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama, pamain asuhan Shin Tae-yong perlahan kembali mememukan ritme dan membuat lawan kewalahan.

Serangan yang terus menerus dilayangkan Timnas Indonesia membuat bek Nepal Suman Aryal melakukan pelanggaran yang berbuah kartu kuning kedua alias kartu merah untuk dirinya pada menit ke-33.

Nepal semakin sulit mengimbangi Timnas Indonesia usai bermain 10 orang. Facrudin Cs memanfaatkan betul kelebihan personel dengan melesakkan gol tambahan pada menit ke-43 lewat tendangan Witan Sulaeman.

Pada gol tersebut Asnawi Mangkualam lagi-lagi menjadi pengirim “assist” setelah sebelumnya bergerak menyisir sektor kanan serang Indonesia.

Timnas Indonesia unggul memimpin dengan skor 2-0 sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Pesta Gol Babak Kedua

Masuk pada babak kedua, Muhammad Rafli mendapat peluang emas pada menit ke-51. Meski demikian, sontekan Rafli yang berada tepat di depan penjaga gawang Nepal gagal membuahkan gol.

Tak lama, Giliran Witan Sulaeman yang digagalkan oleh kiper Nepal, Dep Karki. Skuad Garuda berhasil merobek pertahanan lawan pada menit ke-54 lewat aksi sang kapten Fachruddin Aryanto memanfaatkan momen sepak pojok.

Selang satu menit dari gol yang dicetak Fachrudin, Sadil Ramdani menambah keunggulan lewat sontekan umpan brilian dari Rafli. Timnas Indonesia unggul atas Nepal 4-0.

Timnas Indonesia terus menekan pertahanan lawan hingga menghadirkan peluang berbahaya pada menit ke 58 melalui Muhammad Rafli. Namun, sayangnya Deep Karki kembali mengagalkan upaya Rafli menembuh gawang Nepal.

Beberapa menit setelah itu, tendangan kaki kiri Witan dari jarak dekat membentur tiang gawang Nepal. Skuad Garuda masih bermain menekan untuk menambah gol ke gawang lawan. Sejumlah pemain mulai dari Witan hingga Elkan Baggott bergantian mendapat peluang.

Tim asuhan Shin Tae-yong akhirnya mengunci kemenangan melalui 10 menit terakhir babak kedua. Pada menit ke-80 Elkan Baggott mencetak gol melalu sepakan akurat kaki kiri dari luar kotak penalti.

Selang satu menit atau pada menit ke 81, Witan mencetak gol keduanya dala laga kontra Nepal ini.

Pemain muda Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan menutup pesta gol pada menit ke-90. Timnas Indonesia unggul atas Nepal 7-0. Skuad Garuda pun dipastikan melaju ke Piala Asia 2023 lewat jalur runner up terbaik.

Sebelumnya diberitakan, Kekalahan Timnas Indonesia dari Yordania dalam laga grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/6/2022) turut dikomentari Media Vietnam.

Skuad Garuda memang masih memiliki peluang lolos Kualifikasi Piala Asia 2023 melalui jalur runner up terbaik. Meski demikian, Timnas Indonesia diprediksi sulit menebus putaran Final Piala Asia 2023 yang menyisakan 11 tempat kosong.

Namun, media Vietnam tetap memandang remeh timnas Indonesia. Mereka menyebut skuad Garuda tidak akan lolos dari Kualifikasi Piala Asia 2023 ini.

“Indonesia tak kalah mengejutkan hanya kalah 1-0 dari Yordania, peringkat 91 dunia. Indonesia menempati peringkat kedua Grup A,” tulis laporan Zing News dikutip pada Minggu (12/6/2022).

 

Sumber: www.bolatimes.com/suara.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

6 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

6 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

6 jam ago

Bupati Humbahas Sosialisasi Pengembangan Food Estate dan TSTH2

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, mensosialisasikan pengembangan Food Estate dan Taman…

7 jam ago

Pemkab Pakpak Bharat Serahkan Terima Hibah Pembangunan Jalan Aornakan-Pagianda-Watas NAD

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Kepala Dinas  Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan (PUTR) Kabupaten Pakpak…

14 jam ago

Pakpak Bharat Raih WTP dari BPK atas Capaian Laporan Hasil Keuangan Tahun 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat meraih Opini "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP) dari…

14 jam ago