Sumut

Sungai Meluap, 6 Desa di Asahan Terendam Banjir

Asahan, Ruangpers.com – Enam desa di dua kecamatan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), terendam banjir. Banjir di sana terjadi karena Sungai Piasa Ulu meluap setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

Banjir tersebut mulai menggenangi rumah warga sejak Selasa (21/11/2023) pagi. Namun, banjir tersebut saat ini mulai berangsur surut.

Desa yang terdampak banjir tersebut di antaranya Desa Teladan, Sidomulyo, Piasa Ulu, Tinggi Raja dan Tersan Tengah yang berada di Kecamatan Tinggi Raja. Kemudian Desa Buntu Pane, berada di Kecamatan Buntu Pane.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Zul Fahri Harahap menyebutkan berdasarkan laporan data yang dia miliki ada 1.097 kepala keluarga atau 4.308 jiwa yang menjadi korban banjir.

“Ketinggian air bervariasi puncaknya kemarin pagi tertinggi mencapai satu meter hingga semata kaki. Kalau jumlah warga terdampak 4 ribu lebih. Banjir akibat luapan air sungai menggenangi enam desa,” kata Fahri.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Saat ini BPBD Asahan penyiagakan posko dapur umum, kesehatan hingga pengungsian sebagai antisipasi. Namun kebanyakan masyarakat enggan untuk mengungsi dan memilih bertahan menjaga rumah mereka.

“Kita selalu monitoring perkembangannya. Daerah ini memang jadi langganan banjir. Kondisi terkini bisa dipastikan sampai sore atau malam nanti pasti surut kalau hujan tidak datang lagi,” kata dia.

Sementara Camat Kecamatan Tinggi Raja Rahmad Aris Mundar mengatakan lima desanya yang terdampak banjir kondisinya sudah berangsur-angsur mulai surut.

“Banjir dimulai pada 00.30 WIB malam, dan mulai merendam rumah warga, namun siang kondisi air sudah mulai surut dengan normalnya kondisi sungai,” jelas Aris.

Demikian, ia tetap mengimbau masyarakatnya untuk selalu waspada, karena saat ini curah hujan tinggi, sehingga tidak tertutup kemungkinan banjir susulan akan datang.

“Bisa saja terjadi banjir susulan karena potensi hujan itu masih ada, warga kita imbau waspada,” katanya.

 

Sumber : detik.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

5 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

5 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

5 jam ago

Bupati Humbahas Sosialisasi Pengembangan Food Estate dan TSTH2

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, mensosialisasikan pengembangan Food Estate dan Taman…

5 jam ago

Pemkab Pakpak Bharat Serahkan Terima Hibah Pembangunan Jalan Aornakan-Pagianda-Watas NAD

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Kepala Dinas  Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan (PUTR) Kabupaten Pakpak…

13 jam ago

Pakpak Bharat Raih WTP dari BPK atas Capaian Laporan Hasil Keuangan Tahun 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat meraih Opini "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP) dari…

13 jam ago