Pendidikan

Tanpa Kutipan, Festival Hasil Belajar UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar Sukses Tampilkan Sejumlah Kreatifitas Siswa

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kegiatan Festival Hasil Belajar (FHB) UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar berjalan lancar dan sukses dengan menampilkan sejumlah kreatifitas para siswa/i, Selasa (07/05/2024), di halaman sekolah SMP Negeri 7 Pematangsiantar, jalan Sisingamangaraja Pematangsiantar.

Acara Festival Hasil Belajar ini dirangkai pelepasan siswa/i kelas IX yang akan mengikuti ujian minggu depan.

Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar, Mangiring Panjaitan, S.Pd memberikan kata sambutan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pematangsiantar diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik), Rudol Barmen Manurung, M.Pd.

Mengawali kata sambutannya, Sekdisdik Kota Pematangsiantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd, menyampaikan permohonan maaf Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar yang tidak dapat hadir karena ada kegiatan yang tidak kalah penting.

Ketua Panitia FHB UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar, Pasiliandi Silalahi, S.Pd menyampaikan laporan panitia.

Rudol mengapresiasi terlaksananya kegiatan FHB ini yang tahun sebelumnya juga sudah dilaksanakan dan berjalan dengan sukses dan meriah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dia mengucapkan terimakasih kepada para panitia yang telah bersusah payah melaksanakan kegiatan ini, apalagi dalam melatih para siswa yang tampil mengisi acara seperti tarian dan kreatifitas lainnya.

Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar, Mangiring Panjaitan, S.Pd bersama para undangan yang hadir.

Sekdisdik juga salut dengan para pegawai, guru dan khususnya Kepala Sekolah yang memberikan perhatian dan dukungan dalam mensukseskan kegiatan FHB atau implemantasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) serta dirangkai acara pelepasan siswa kelas IX yang akan mengikuti ujian pada Senin mendatang.

Harapannya, kegiatan FHB ini dapat menumbuh kembangkan abstraksi berpikir para siswa dan dapat menerapkan literasi dalam kehidupan dan termasuk numerasi yang masih di bawah rata-rata secara nasional.

Para guru UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar saat ikuti kegiatan.

Dia juga berharap agar UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar meningkatkan prestasi agar semakin diminati masyarakat dan tentu para alumni pasti bangga.

“Kita bersyukur, SMP Negeri 7 Pematangsiantar masih diminati masyarakat, hal itu dibuktikan dari hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dimana sekolah kuota sekolah ini selalu terpenuhi seperti 3 UPTD SMP Negeri lainnya yaitu UPTD SMP Negeri 1, 2 dan 4,”ujarnya.

Manurung tak luput mengucapkan selamat mengikuti ujian bagi siswa/I kelas IX.

Foto bersama disela kegiatan.

Sementara, Ketua Panitia FHB UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar, Pasiliandi Silalahi, S.Pd dalam laporannya mengucapkan selamat datang kepada para undangan yang hadir, termasuk para orangtua siswa/i dan komite sekolah.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, pegawai, para guru dan khususnya dukungan dari Kepala Sekolah sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan sukses.

Acara pelepasan siswa kelas IX yang ditandai dengan pemberian ulos kepada dua orang perwakilan siswa yang diserahkan Sekretaris Dinas Pendidikan, Rudol Barmen Manurung, M.Pd dan Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar, Mangiring Panjaitan, S.Pd.

Dijelaskan, acara FHB Tahun 2024 ini diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya literasi 5 agama, puisi, tari – tarian dari berbagai daerah seperti Simalungun, Toba, Karo, Melayu, Jawa, Bali, Papua dan tari sawan. Juga ada fashion show ragam busana daerah, penampilan drama, atraksi karate dan taekwondo, vocal group, bernyanyi dan juga fashion show pakaian daur ulang sampah serta pameran stand hasil kreatifitas para peserta didik.

Tak kalah penting, lanjutnya, juga diadakan acara pelepasan siswa kelas IX secara simbolis.

Penampilan fashion show.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan bakat dan kreatifitas para siswa/i,”ujarnya sambil menegaskan bahwa anggaran pelaksanaan FHB ini tidak ada pungutan dari para peserta didik.

Sementara, Lurah Kelurahan Sigulang-gulang, Andoharman Saragih yang hadir dalam acara itu, mengapresiasi dan mengucapkan selamat dan sukses terlaksananya kegiatan Festival Hasil Belajar UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar.

Penampilan tari sawan.

Katanya, pihaknya selaku Pemerintah setempat senantiasa peduli dan mendukung kegiatan UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar.

“Bentuk kepedulian kita, kita bahkan Bapak Camat juga mau sebagai pembina upacara di SMP Negeri 7,”ujarnya.

Masih katanya, bahwa kegiatan ini merupakan aksi nyata dari P5.

Penampilan tarian bali.

Mewakili orangtua siswa, Holmes Girsang, juga mengapresiasi terlaksananya kegiatan FHB dan mengucapkan terimakasih kepada para panitia, para pegawai, para guru dan kepala sekolah yang telah bersusah payah melaksanakan kegiatan positif ini.

“Kami sangat bangga, karena anak kami dibimbing dan dibina bakatnya sehingga kelak menjadi generasi penerus yang berkarakter,”ujarnya.

Foto salah satu stand kreatifitas siswa.

Apalagi katanya, para siswa tidak ada dibebankan masalah biaya dalam acara ini.

Ucapan apresiasi juga disampaikan M. Naibaho selaku Ketua Komite Sekolah UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar.

Penampilan tarian dari suku Simalungun.

Dia mengaku terharu dan salut melihat panitia, para guru dan khususnya kepala sekolah yang melaksanaan FHB ini tanpa ada pungutan sepeser pun dari para siswa/i.

“Tolong kalau ada wartawan, silahkan tulis kalau kegiatan Festival Hasil Belajar ini tidak ada kutipan dari para anak didik. Padahal saya sudah usulkan, bagaimana kalau anak didik menyisihkan 1000 perak uang jajan mereka untuk kegiatan ini tapi kepala sekolah tidak mau dan benar-benar tidak mau memberatkan para orangtua siswa,”ujar Naibaho penuh haru.

Persembahan tarian dari suku Karo.

Dia mengajak para siswa/i agar berlomba mengembangkan minat dan bakat yang ada serta sungguh – sungguh belajar, apalagi kelas IX yang akan mengikuti ujian.

“Jujur, memahami kurikulum merdeka tidak lah mudah, apalagi bagi yang tahun 1990-an, tentu sudah di luar jangkauan,”katanya.

Penampilan literasi 5 agama.

Sambutan juga disampaikan Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar, Mangiring Panjaitan, S.Pd yang mengucapkan selamat datang kepada para undangan yaitu dari Kelurahan Sigulang-gulang, Polsek Siantar Utara, para orangtua siswa, Komite Sekolah, Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri 6, Timbul Manurung, S.Pd, M.A, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, Edianto Saragih, dan terkhusus Kadisdik Pematangsiantar yang diwakili Sekdisdik, Rudol Barmen Manurung, M.Pd.

Mangiring Panjaitan menyampaikan terimakasih kepada para panitia, pegawai dan para guru yang telah berpartisipasi mensukseskan acara ini.

Foto salah satu stand kreatifitas siswa.

Panjaitan kembali menegaskan, kegiatan FHB ini tidak ada kutipan dari para siswa/i dan terlaksana dengan memaksimalkan anggaran yang tersedia yaitu dari dana BOS, bantuan rekanan atau penerbit buku, dan penggalangan dana sukarela dengan beberapa kali show.

Dia juga meminta maaf jika ada kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Dan kepala para siswa/i kelas IX yang dilepas, diharapkan belajar sungguh – sungguh agar hasil ujiannya memuaskan.

Para guru UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar saat ikuti kegiatan.

“Selamat mengikuti ujian, dan tetap jaga nama baik almamater. Kami telah memberikan harta lewat ilmu pengtahuan kepada kalian selama sekolah di SMP Negeri 7 ini dan pergunakan lah harta itu untuk memperoleh harta yang melimpah nantinya,”ungkap Kepala Sekolah memotivasi para siswa kelas IX.

Dan acara pelepasan siswa kelas IX tersebut ditandai dengan pemberian ulos kepada dua orang perwakilan siswa yang diserahkan Sekretaris Dinas Pendidikan, Rudol Barmen Manurung, M.Pd dan Kepala Sekolah UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar, Mangiring Panjaitan, S.Pd.

Penampilan tarian dari suku Melayu.

Awalnya, Sekretaris Dinas Pendidikan Pematangsiantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd tampak disambut hangat oleh panitia dan Kepala Sekolah dengan mengalungkan bunga serta disambut tarian Tortor Sombah atau tarian Batak Simalungun.

Dan acara berlangsung meriah, para siswa, pegawai, guru dan juga para orangtua serta undangan begitu antusias mengikuti acara dan bahkan ikut menari bersama para anak didik.

 

(*)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

7 jam ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

10 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

11 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

11 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

21 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

22 jam ago