Internasional

Tembakan Meriam 41 Kali-Hening Cipta di Inggris Demi Hormati Pangeran Philip

London, Ruangpers.com – Tembakan militer akan dilepaskan di berbagai wilayah Inggris dan semuanya akan mengheningkan cipta pada Sabtu (10/4) waktu setempat, sebagai bagian dari penghormatan terakhir untuk mendiang Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (10/4/2021), Pangeran Philip yang menjadi pendamping Ratu terlama dalam sejarah Inggris dan setia mendampingi Ratu Elizabeth II selama tujuh dekade, meninggal dunia dalam usia 99 tahun di Windsor Castle pada Jumat (9/4) waktu setempat.

Kepergian Pangeran Philip yang bergelar Duke of Edinburgh ini membuat seluruh Inggris, dan berbagai wilayah persemakmurannya berkabung.

Bendera setengah tiang telah dikibarkan di seluruh gedung pemerintahan Inggris. Situasi ini akan dilakukan hingga pemakaman Pangeran Philip, yang belum diumumkan waktunya. Menurut College of Arms, Pangeran Philip diperkirakan akan dimakamkan di St George’s Chapel di Windsor Castle.

Pada Sabtu (10/4) waktu setempat, untuk memberikan penghormatan kepada Pangeran Philip, tembakan meriam kehormatan (gun salute) sebanyak 41 kali — satu tembakan dalam satu menit selama 40 menit — akan dilakukan mulai pukul 12.00 waktu setempat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tembakan meriam kehormatan ini akan dilakukan di berbagai kota di Inggris, termasuk London, Edinburgh, Cardiff dan Belfast, juga di Gibraltar dan dari kapal-kapal perang Angkatan Laut Inggris yang ada di lautan. Momen ini akan disiarkan secara langsung via online agar bisa disaksikan warga Inggris di rumah.

Tembakan meriam kehormatan atau gun salute telah menjadi wujud menandai peristiwa nasional penting di Inggris sejak abad ke-18.

Seluruh kompetisi olahraga termasuk Premier League akan memberikan penghormatan untuk Pangeran Philip. Asosiasi Sepakbola merekomendasikan para pemain mengenakan pita hitam di lengan dan mengheningkan cipta selama satu menit sebelum pertandingan digelar.

Momen mengheningkan cipta selama dua menit akan digelar sebelum kompetisi pacuan kuda Grand National di Inggris pada Sabtu (10/4) waktu setempat.

Televisi Inggris mengosongkan jadwal acara mereka untuk menampilkan tayangan khusus mengenang kehidupan Pangeran Philip.

Westminster Abbey yang menjadi lokasi pernikahan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II membunyikan lonceng gerejanya selama 99 kali pada Jumat (9/4) waktu setempat, yang mewakili usia sang Duke of Edinburgh.

Surat-surat kabar Inggris memuat ucapan duka untuk Pangeran Philip dalam edisi Sabtu (9/4) waktu setempat. Halaman depan tabloid The Sun menampilkan headline berbunyi “We’re all weeping with you Ma’am” dengan foto Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II.

Daily Mail memasang foto Ratu Elizabeth II sedang memandang suaminya, Pangeran Philip, dengan headline berbunyi “Farewell, my beloved”.

 

Sumber : detik.com

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

2 jam ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

5 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

6 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

6 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

16 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

17 jam ago