Sumut

Terima Anugerah Adipura 2022, Bupati Humbahas : Adipura Ini Milik Kita Semua

Humbahas, Ruangpers.com – Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE, terima penghargaan Anugerah Adipura 2022 dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof.Dr. Ir .Siti Nurbaya Bakar, M.Sc didampingi Ketua Dewan Adipura, Sarwono Kusuma Atmaja dan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Rosa Vivien Ratnawati,  Country Director World Bank untuk Indonesia dan Timor Leste, S.Kahkonen, Selasa (28/2/2023), di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Sekdakab Humbahas, Drs Tonny Sihombing MIP didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing S.Sos, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Humbahas, Halomoan Manullang, S. Hut, MM dan Kadis Kominfo, Batara Franz Siregar, SE, setelah menerima Adipura menjelaskan, daerah Humbang Hasundutan dapat memperoleh predikat Adipura setelah Kementerian LHK dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut melaksanakan penilaian ke Humbahas pada akhir tahun 2022 lalu dan hasilnya memenuhi syarat dan kriteria mendapat penghargaan Anugerah Adipura.

Tonny Sihombing menjelaskan, secara umum penilaian predikat Adipura, daerah itu harus memiliki kriteria kota bersih, mempunyai Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah yang telah berfungsi dengan baik dalam penanganan persampahan, partisipasi masyarakat atau sadar akan kebersihan lingkungan. Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) adalah tempat untuk memproses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan.

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, didampingi Ketua TP PKK Humbahas, Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, menyambut dengan gembira atas perolehan Adipura.

Didahului dengan mengubah karakteristik, komposisi, dan jumlah/volume sampah.

“Penghargaan Adipura ini menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan. Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga penghargaan itu dapat kita terima. Semoga dengan adanya penghargaan itu, daerah kita makin bersih, dan masyarakat kita juga makin peduli terhadap kebersihan dan lingkungan. Ini untuk pertama kalinya, Humbahas dapat Penghargaan Anugerah Adipura 2022,”ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, didampingi Ketua TP PKK Humbahas, Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, menyambut dengan gembira atas perolehan Adipura dan mengucapkan terimakasih kepada ASN, tenaga kesehatan, Tim Penggerak KK, Camat, Kepala Desa dan perangkatnya, Kepala Sekolah dan Guru, termasuk anak didik, tenaga harian lepas dan seluruh lapisan elemen masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan.

Foto bersama usai terima Anugerah Adipura 2022.

“Adipura ini adalah milik kita semua, ini merupakan kerjasama yang baik dan partisipasnya masyarakat dalam menjaga kebersihan.  Kita harus membiasakan budaya bersih. Sesungguhnya program Adipura ini melalui proses yang panjang dimana beberapa tahun lalu saya telah mencanangkan program kebersihan melalui gotong royong disetiap unit kerja atau tingkatan dan sampai ke desa. Sekali terimakasih kepada masyarakat Humbang Hasundutan,” ucap Bupati Humbahas.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan dan juga menyampaikan bahwa Adipura merupakan Instrumen Kinerja Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan pengelolaan kebersihan, sampah dan ruang terbuka hijau.

Dan penghargaan ini diberikan kepada Kepala Daerah yang mempu mengelola sampah dan lingkungan hidup. Sehingga lingkungan yang asri dan bersih.

Tidak gampang mendapatkan Adipura. TPA harus ditata dengan baik dan partisisasi masyarakat sangat dibutuhkan, katanya.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

47 menit ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

1 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

2 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

8 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

8 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

9 jam ago