Pendidikan

UHKBPNP Gelar Diskusi, Ini Kata Febry Calvin Tetelepta Soal Infrastruktur Digital

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Untuk mengetahui grandesign pembangunan infrastruktur digital, di Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP), menggelar diskusi terbatas, di Gedung Menza, pada Jumat (18/2/2022), lalu.

Dalam diskusi tersebut, hadir Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Febry Calvin Tetelepta.

Mengawali paparannya, Febri menjelaskan Fondasi Indonesia Maju di mana terdapat arahan Presiden Joko Widodo dan prioritas pembangunan nasional.

Arahan presiden yaitu pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokasi dan transfromasi ekonomi.

Sedangkan agenda pembangunan yang menjadi prioritas nasional adalah ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, SDM berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar, lingkungan hidup, ketahanan bencana dan perubahan iklim, stabilitas Polhukhankam dan transfromasi pelayanan publik.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Febry Calvin Tetelepta saat menerima ulos dari pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Dr. Hilman Pardede, dan Rektor UHKBPNP, Prof. Dr. Sanggam Siahaan M.Hum.

“Pemerintah tengah melanjutkan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran, melakukan percepatan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan keterhubungan infrastruktur dengan sentra-sentra ekonomi dan kawasan produksi rakyat,” kata Febri.

Pembangunan infrastruktur bersifat urgen untuk meningkatkan mobilitas masyarakat yang pada akhirnya akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan inrfastruktur juga sambung Febri merupakan salah satu cara untuk mengatasi ketimpangan di beberapa daerah tertinggal di Indonesia.

“Dalam hal pendanaan pembangunan infrastruktur, pemerintah sudah menyiapkan dana yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan,”terang Febri, jebolan S2 Fakultas Hukum UKI Jakarta.

Dijelaskan Febri, negara serius membangun infrastruktur digital. Hal Itu ditandai dengan dialokasikannya dana pembangunan teknologi informasi dan komunikasi yang mencapai Rp 25,4 triliun pada APBN 2022.

Pembangunan infrastruktu tidak hanya berbicara tentang peningkatan ekonomi, pemerataan, dan kesejahteraan. Namun pembangunan infrastruktur juga tak bisa dilepaskan dari pembangunan peradaban baru.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Febry Calvin Tetelepta di acara diskusi yang digelar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

“Pemerintah sedang melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur agar tidak lagi Jawa Sentris tetapi bisa merasa di seluruh wilayah Indonesia,” terang Febri dalam keterangan tertulis yang disampaikan Humas UHKBPNP, Sabtu (19/2/2022).

Diskusi dengan topik “Pembangunan Infrastruktur dan Transformasi Digital Inklusif Menuju Indonesia Maju” dihadiri oleh pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen yakni Dr. Hilman Pardede, Ronald Naibaho, MSi, Prof. Dr, Janpiter Sinaga dan Rektor UHKBPNP, Prof. Dr. Sanggam Siahaan M.Hum, Wakil Rektor IV, Dr. Muktar Panjaitan, M.Pd serta para ketua lembaga dan Dekan FMIPA.

Dalam sambutannya, Rektor UHKBPNP menyampaikan, bahwa UHKBNP masih melakukan pembenahan secara intens dalam hal infrastruktur kampus yang dapat mendukung kegiatan Kampus Merdeka.

Sanggam berharap, kehadiran KSP dapat membantu pihaknya mempersiapkan pembangunan infrastruktur digital kampus guna menjawab era industri 4.0 yang terus berkembang dan mengalami perubahan.

Selain sivitas akademika UHKBPNP, diskusi tersebut juga dihadiri senioran GMKI, di antaranya Felix Silitonga dan Sarmedi Purba.

Adapun kelompok kerja (Pokja) diskusi itu yakni Rindu Erwin Marpaung, Pdt Paulina Sirait, dan Rosalina Pardede.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

7 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

8 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

8 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

15 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

15 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

15 jam ago