Nasional

Viral Video Ratusan Kilogram Cabai Berserakan di Selokan, Diduga Dibuang karena Tak Laku

Jakarta, Ruangpers.com – Jagat dunia maya tengah dihebohkan dengan beredarnya video yang menunjukkan sekitar ratusan kilogram cabai rawit hijau dibuang ke selokan. Disebut-sebut, penyebab dari kejadian tersebut lantaran cabai-cabai ini tak laku dijual.

Video berdurasi kurang dari 1 menit ini diunggah oleh akun TikTok @kamarbawah44. Dalam video tersebut, terlihat cabai-cabai ini mengapung memenuhi selokan dan area-area sekitarnya. Sang perekam video mengklaim, jumlahnya menyentuh ratusan kilogram

“Kalau ikan yang di parit udah biasa. Ini yang luar biasa cabai. Akibat cabai tak laku dibuang di parit. Ratusan kilo,” ujar sang perekam video, dikutip Senin (8/5/2023).

Bahkan, dalam video tersebut juga nampak salah seorang warga tengah menyerok cabai-cabai yang hampir membuat saluran air di selokan tersebut mampet karena bercampur dengan sampah lainnya.

Unggahan video tersebut sontak membuat masyarakat geger. Bagaimana tidak, pada pertengahan hingga akhir tahun lalu harga cabai sempat melonjak hingga ratusan ribu per kg. Namun memang sejak Lebaran 2023 ini, harga pangan mengalami penurunan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dilansir dari situs Pusat Informasi Harga Pangan (PIHPS) Strategis Nasional kawasan, per hari ini rata-rata harga cabai secara nasional mencapai Rp 34.650 per kg, turun 2,81% atau sekitar Rp 1.000 dari tanggal 5 Mei kemarin.

Berdasarkan situs tersebut, nampak sejumlah daerah mencatatkan harga cabai rawit hijau dengan harga sangat murah. Salah satunya ialah Boyolali, di mana harga jual rata-rata cabai rawit merahnya Rp 12.500 per kg. Harga tersebut stabil sejak awal bulan Mei.

Harga cabai rawit hijau juga terpantau murah di Kabupaten Jember. Selama bulan Mei, terpantau setiap harinya harganya terus mengalami penurunan. Dari harga rata-ratanya Rp 17.350 per kg di tanggal 2 Mei, pada 5 Mei kemarin harga rata-ratanya mencapai Rp 13.650 per kg.

Tak hanya di Pulau Jawa, di Pulau Sumatera, khususnya Provinsi Sumatera Utara harga cabai rawit hijau juga terbilang lebih murah dibandingkan dengan daerah lainnya. Salah satunya di Kota Medan, hari ini rata-rata harga cabai mencapai Rp 17.000 per kg. Angka ini turun cukup banyak dari harganya di tanggal 2 Mei Rp 18.200.

Netizen Sebut Langkah Buang Sayuran Kerap Terjadi

Saat berita ini dibuat, unggahan ratusan kilogram cabai di parit tersebut telah viral di media sosial TikTok. Video ini telah disaksikan sebanyak 1,4 juta kali, disukai oleh 17,7 ribu akun dan dikomentari sebanyak 4,7 ribu kali.

Kolom komentar pun dipenuhi dengan beragam tanggapan, sebagian besar merasa heran sekaligus menyayangkan aksi buang cabai tersebut. Di sisi lain, ada yang menyebut cabai-cabai ini bukannya dibuang melainkan truk pengangkutnya mengalami kecelakaan.

Namun, di antara banyaknya komentar, ada sejumlah netizen yang menyebut bahwa langkah petani membuang sayuran hasil panennya kerap dilakukan sejumlah pihak. Ada pula yang menganggap bahwa langkah tersebut terbilang wajar.

“Derita petani bg, bapakku gitu juga. Panen kubis kalau harga jatuh buat makan kambing. Hasil jual nggak nutup ongkos panen,” ujar akun @verd****.

“Di desa kami lebih parah berton-ton dibuang ke hutan karena tak laku padahal tanaman utama kami hanya cabai dan sayuran,” ujar akun @rholy****.

“Emang sih mubazir. Tapi kalau nggak dibuang, harga nggak akan sesuai jadi dibuang dulu biar cabe sulit. Harga pun nanti sesuai keinginan para petani,” ujar akun @tesy****.

“Sekarang cabai di Medan emang lagi anjlok. Jadi orang pada beli kilo kiloan jaga-jaga harga naik jadi cabe nggak laku,” ujar akun@seor****.

 

Sumber : detik.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

14 menit ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

25 menit ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

30 menit ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

11 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

11 jam ago

Heboh Emak-Emak Ngamuk-Tampar Polisi Berujung Dilaporkan

Makassar, Ruangpers.com - Seorang emak-emak berinisial M (43) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) marah-marah…

11 jam ago