Pendidikan

Wali Kota Pematang Siantar Janjikan Insentif dan Pelatihan Guru – guru PAUD

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pematang Siantar, secara resmi mengukuhkan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Pematang Siantar, periode 2021 – 2024 dan sekaligus mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan, Selasa (12/12/2023) pagi tadi, di Kantor Kelurahan Naga Pitu, Jalan Rabaik Purba No 01, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar.

Sebelum dikukuhkan, lebih dulu dibacakan Surat Keputusan (SK) Wali Kota dan memanggil nama – nama pengurus yang akan dilantik dan terlampir dalam SK oleh Kepala Seksi Sekolah Dasar (Kasi SD) Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Rado Damanik.

Dalam lampiran SK Wali Kota Nomor : 400. 3. 2/1594/XI/2023 disebutkan nama – nama kepengurusan yaitu Wali Kota Pematang Siantar sebagai pembina, Bunda PAUD Kota Pematang Siantar dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar sebagai penanggung jawab. Sedangkan Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Pematang Siantar, periode 2021 – 2024 dijabat H. Kusma Erizal Ginting, SH, Wakil Ketua, Dra. Risma Hutapea, M.Pd, dan Rospita Tarigan. Sekretaris, Sondang Siregar, S.Pd, M.Psi, Wakil Sekretaris, Nirmala Dewi Siregar, S.Pd.AUD dan Nisa I.M, S.Pd da Bendahara, Sari Dewi Rizkiyani Damanik, S.STP, M.SP. Pengurusan lainnya diisi Bidang – bidang seperti Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Hukum dan Bidang Dana.

Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pematang Siantar saat memberikan kata sambutan.

Pengukuhan Pokja Bunda PAUD Kota Pematang Siantar, periode 2021 – 2024 tersebut ditandai dengan pemasangan pin secara simbolis kepada Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Pematang Siantar, periode 2021 – 2024, H. Kusma Erizal Ginting, SH oleh Wali Kota Pematang Siantar.

Lalu acara dilanjutkan dengan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan Tahun 2023 oleh Wali Kota Pematang Siantar yang juga Bunda PAUD Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pembacaan ikrar Pokja Bunda PAUD dan ikrar Bunda PAUD yang diikuti para pengus.

Foto bersama Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pematang Siantar, disela acara pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan.

Sementara, Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A dalam sambutannya menyebutkan, bahwa Pendidikan Pada Anak Usia Dini (PAUD) merupakan kunci sukses untuk merajut pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dimasa depan, karena sangat fundamental. Mengingat masa keemasan dalam perkembangan otak anak maka harus diberi rangsangan atau stimulus yang tepat. Sehingga anak dapat mencapai perkembangannya secara optimal, katanya.

Lanjutnya, perkembangan layanan PAUD di Kota Pematang Siantar seiring waktu semakin bertambah kuantitasnya. Hal Ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran orang tua dan masyarakat untuk memberikan pendidikan bagi anak usia dini.  Baik yang dibina oleh Pemerintah, masyarakat, dan Tim Penggerak PKK Kota Pematang Siantar.  Namun kualitas layanan PAUD harus tetap ditingkatkan, pesan Susanti.

Masih kata Wali Kota, bahwa sesuai dengan data yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan, bahwa jumlah layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Pematang Siantar berjumlah    140 (Seratus Empat Puluh) Lembaga yang tersebar di 8 (Delapan) Kecamatan.

Foto bersama Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pematang Siantar, usai menyerahkan loker secara simbolik oleh Wali Kota Pematang Siantar kepada perwakilan Taman Kanak – Kanak (TK) dan penyerahan ATK kepada Anak Didik PAUD dan SAB.

“Sebagai Wali Kota Pematang Siantar dan Bunda PAUD, saya memberikan perhatian yang sangat serius terhadap layanan Pendidikan Anak Usia Dini yang saat ini dikelola.  Dan berdasarkan Kunjungan-kunjungan di Lembaga-lembaga PAUD kita, saya melihat beberapa hal yang langsung kita tindaklanjuti Yakni : 1.Pemberian sarana dan prasarana berupa peralatan belajar serta mobiler bagi Peserta Didik PAUD yang kurang mampu, sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 32 Tahun 2022 Tentang Standar Teknis Pelayananan Minimal Pendidikan. 2.Pada bulan Desember ini bagi para Guru-Guru PAUD, Operator PAUD yang Non ASN, Non Sertifikasi dan tidak penerima dana dari sumber APBD/APBN akan diberikan insentif guna peningkatan layanan PAUD. 3.Melalui Dinas Pendidikan, pada Tahun 2024 agar melaksanakan Pelatihan-pelatihan guna peningkatan SDM Guru-guru PAUD kita,”ungkap Wali Kota.

Wali Kota juga berharap melalui Pokja Bunda PAUD yang telah dikukuhkan agar segera melakukan program dan inovasi untuk meningkatkan layanan PAUD yang berkualitas.

Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pematang Siantar, bersama Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Pematang Siantar, periode 2021 – 2024, H. Kusma Erizal Ginting, SH, dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd, saat menghadiri acara pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Pematang Siantar, periode 2021 – 2024 dan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan.

Lanjutnya, bahwa Pokja ini terdiri dari lintas Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), lembaga terkait yang sangat strategis berkolaborasi mendukung layanan PAUD di Kota Pematang Siantar.

“Saya juga berpesan kepada seluruh Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan agar tetap aktif mendampingi seluruh Lembaga PAUD yang ada di wilayahnya masing-masing. Lakukan kunjungan, berikan perhatian dan motivasi terhadap Lembaga PAUD di wilayahnya masing-masing. Dengan kebersamaan dan tekad yang tulus dari kita semua, Layanan PAUD di Kota Pematang Siantar akan semakin berkualitas,”pesan Wali Kota Susanti.

Wali Kota juga sampaikan terimakasih kepada panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan ini dan seluruh pihak yang berperan aktif.

Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, Sp.A yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pematang Siantar, saat menghadiri acara pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Pematang Siantar, periode 2021 – 2024 dan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan.

Pada acara itu, juga dilakukan penyerahan loker secara simbolik oleh Wali Kota Pematang Siantar kepada perwakilan Taman Kanak – Kanak (TK) dan penyerahan ATK kepada Anak Didik PAUD dan SAB.

Acara tersebut tampak dihadiri Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Simon Trimanto Tarigan SPd, Kepala Seksi Sekolah Dasar (Kasi SD) Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Rado Damanik dan para pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pematang Siantar dan undangan lainnya.

Kegiatan berjalan lancar dan sukses serta diakhiri dengan foto bersama dan makan bersama.

 

(red)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Ini Kata Kapolres Pematangsiantar Saat Jadi Pembina Upacara di SMA Negeri 5

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, SH, SIK, menjadi pembina upacara bendera…

3 jam ago

10 KPM Pekon Way Nukak Terima BLT-DD Tahap Pertama Tahun Anggaran 2024

Pesisir Barat, Ruangpers.com - Sebanyak 10 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kategori keluarga miskin ekstrim dan…

3 jam ago

Wanita Tua Berbagi Sabu Kepada Teman Prianya, Keduanya Ditangkap Satnarkoba Polres Labuhanbatu

Labuhanbatu, Ruangpers.com -Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Labuhanbatu dibawah pimpinan Ipda Rahmadhan Hilal berhasil menangkap…

3 jam ago

Viral Pria Bakar Rumah gegara Kecanduan Narkoba di Medan

Medan, Ruangpers.com - Satu video bernarasi seorang pria membakar rumahnya sendiri karena diduga kecanduan narkoba…

3 jam ago

Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Simalungun Rawat Situasi Ketertiban yang Aman dan Kondusif

Simalungun, Ruangpers.com - Dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran lalu lintas, Satuan Samapta (Sat Samapta)…

19 jam ago

Remaja di Sergai Curi 18 Meteran-40 Meter Kabel PLN

Serdang Bedagai, Ruangpers.com - Seorang remaja bernama Dimas alias Lelek (18) mencuri 18 meteran dan…

19 jam ago