Pariwisata

5 Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Balige yang Memanjakan Mata

Toba, Ruangpers.com – Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Sumatera Utara. Danau terbesar di Asia Tenggara itu dikelilingi oleh tujuh kabupaten/kota.

Kabupaten Toba menjadi salah satu daerah yang terletak di kawasan Danau Toba. Dari Toba, tepatnya Balige ada beberapa banyak spot destinasi wisata yang keren dan pemandangannya dapat menyejukkan mata yang dilansir dari Jurnal Muesum Danau Toba.

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Balige

1.Bukit Tarabunga

Perbukitan di Tarabunga merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Toba Samosir. Tarabungan berlokasi di desa yang berada di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba samosir, yang berjarak 5 Km dari pusat kota Balige.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tarabunga memberikan panorama alam yang indah dengan pemandangan hamparan Danau Toba. Dari Bukit Tarabunga ini terlihat Pulau Samosir, Siregar Aek Na Las, Muara, Sibandang dan Desa Meat. Pada sudut pandang yang berbeda, detikers dapat menikmati pemandangan persawahan yang bertingkat.

2.Museum Danau Toba

Museum Danau Toba di Balige ini difokuskan pada aspek-aspek sejarah dan budaya Toba. Dengan lokasi yang memiliki view yang sangat indah. Tujuan dibangunnya Museum ini agar masyarakat Indonesia tidak mudah melupakan bagaimana sejarah dan kebudayaan Danau Toba.

Lokasi Museum ini berada di Jalan Patuan Nagari, Kecamatan Balige, Kabupaten Danau Toba. Museum Danau Toba ini terdiri dari 3 fungsi yaitu museum sejarah, budaya, dan letusan gunung. Museum sejarah terdapat batu persidangan, sarkofagus, batu megalitikum, dan cerita rakyat.

Pada museum budaya terdapat seni pahat, seni lukis, kerajinan tangan, miniatur rumah adat Batak, dan music tradisional dan terakhir museum letusan gunung terdapat batu vulkanik, abu vulkanik,maket gunung, ruang simulasi, ruang VR, ruang video, dan lukisan.

3.Pantai Lumban Bulbul

Pantai Lumban Bulbul ini berada di pesisir Danau Toba yang memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan mata. Di Pantai Lumban Bulbul ini detikers dapat melihat keindahan bukit dan Danau Toba. Pantai Lumban Bulbul ini memiliki pasir putih yang lembut. Pantai Lumban Bulbul ini berada di Desa Lumban Bulbul, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.

4.Pantai Lumban Silintong

Pantai Lumban Silintong berlokasi di Desa Lumban Silintong, Balige, Kabupaten Toga, Sumatera Utara, sama seperti Pantai Lumban Bulbul yang dapat menikmati keindahan Danau Toba dari jauh.

Di sini detikers dapat menikmati bermain air, karena ombak di Pantai Lumban Silintong cukup tenang, dan detikers dapat bermain banana boat.

5.Desa Meat

Desa Meat ini berada di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Desa ini terletak di pinggir Danau Toba yang memiliki pemandangan yang indah berupa pegunungan.

Dari Balige detikers dapat menempuh waktu 20 menit ke Desa Meat. Buat detikers yang hobi memancing, tempat ini sangat direkomendasikan untuk memancing.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Cantiknya Air Terjun Sitimbulan Marancar, Cocok untuk Healing

Medan, Ruangpers.com - Tapanuli Selatan memiliki banyak objek wisata alam yang cocok dikunjungi saat libur…

1 jam ago

Polsek Siantar Marihat Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Bah Biak

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolsek Siantar Marihat, AKP Relina Lumban Gaol S.Sos diwalili Bhabinkamtibmas Kelurahan Marihat…

2 jam ago

Kapolres Pematangsiantar Hadiri Pembukaan MTQN ke 56

Pematangsiantar, Ruangpers.com  - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, hadiri pembukaan Musabaqoh Tilawatil…

2 jam ago

Pantur Banjarnahor Mengajak Masyarakat Menuju Humbang Hasundutan Maju dan Sejahtera

Humbahas, Ruangpers.com - Di tengah tantangan yang dihadapi Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), satu harapan baru…

2 jam ago

Pemerintah Pekon Kebuayan Salurkan BLT-DD Tahap Pertama Tahun Anggaran 2024 Kepada 10 KPM

Pesisir Barat, Ruangpers.com - Pemerintah Pekon Kebuayan, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat,  menyalurkan Bantuan…

3 jam ago

Mantap! Komoditas Asli Pakpak Bharat Jadi Project Nasional Antara Pakpak Bharat dengan Badan Karantina Indonesia

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, bertemu kepala Badan Karantina Indonesia,…

20 jam ago