Pendidikan

Apel Pagi Dinas Pendidikan Pematang Siantar Dihadiri Inspektorat, Berikut Arahan Plt. Kadisdik

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Hujan deras yang mengguyur Kota Pematang Siantar mulai pukul 06.00 WIB hingga menjelang sore hari, tidak menyurutkan semangat para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Pendidikan Pematang Siantar untuk mengikuti apel pagi yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin.

Apel pagi yang biasanya digelar di halaman kantor Dinas Pendidikan Pematang Siantar, terpaksa dialihkan ke Aula Dinas Pendididikan Pematang Siantar, Senin (18/12/2023).

Dan bertindak sebagai pembina upacara, Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd dan pemimpin upacara, Dindo Setiawan Saragih, S.Si, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian pada Dinas Pendidikan Pematang Siantar serta dihadiri para Kepala Bidang, Kepala Seksi, para Pengawas, dan para Staf Dinas Pendidikan Pematang Siantar.

Charles Hariyanto Lumban Gaol, SH, PPUPD Ahli Muda Inspektorat Daerah Kota Pematang Siantar saat memberikan arahan dan evaluasi kepada para peserta apel pagi.

Pelaksanaan apel pagi kali ini juga berbeda dari hari sebelumnya karena dihadiri Inspektorat yang diwakili Charles Hariyanto Lumban Gaol, SH, PPUPD Ahli Muda Inspektorat Daerah Kota Pematang Siantar.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pematang Siantar, Rudol Barmen Manurung, M.Pd dalam arahannya, meminta seluruh jajarannya, ASN dan para non ASN agar semakin meningkatkan kinerja dan lebih dispilin demi meningkatkan mutu pelayanan publik dan tercapainya capaian kinerja.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Jadi besok – besok, tidak ada alasan lagi tidak apel pagi karena hujan karena kita bisa memanfaatkan gedung aula ini,”ujarnya sambil menyapa para peserta apel.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Pematang Siantar, Lusamti Simamora, MSi ikut mengabsen para ASN dan THL yang mngikuti apel pagi.

Kata Rudol, masing – masing ASN dan THL harus menunjukkan kinerjanya, kerja keras, harus berpikir positif, hilangkan kecemburuan dan senantiasa menjaga kesehatan.

“Kita harus menunjukkan kinerja yang jelas, jangan berpikir negatif kepada atasan atau rekan kerja, dan hilangkan kecemburuan dengan berpikir positif,”ungkapnya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pematang Siantar juga menyinggung soal Sasaran Kerja Pegawai (SKP) agar dituntaskan.

Para peserta apel pagi.

Dia berharap, agar pada tahun 2024 mendatang, kinerja para ASN dan tenaga non ASN di lingkungan Dinas Pendidikan Pematang Siantar meningkat, sehingga capaian kinerja benar-benar tercapai.

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pematang Siantar juga langsung mengabsen satu persatu pegawai yang mengikuti apel pagi terakhir di tahun 2023 dan tingkat kehadiran mendekati 100 persen.

Dia juga meminta para peserta apel agar serius mendengarkan arahan maupun evaluasi dari Inspektorat yang dalam hal ini diwakili Charles Hariyanto Lumban Gaol, SH.

Para peserta apel pagi.

Momen itu langsung dipakai Charles Hariyanto Lumban Gaol untuk menyampaikan beberapa poin penting kepada para ASN dan THL khususnya dalam upaya capaian kinerja.

Menurutnya, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pematang Siantar harusnya minimal bisa meraih nilai B atau 60-70 jika 4 tahapan ini dilaksanakan yaitu ada perencanaan kinerja, penyusunan kinerja, capaian kinerja dan terakhir evaluasi kinerja.

Dia juga mewarning ASN yang tidak disiplin karena akan ada sanksi tegas menanti.

“ASN harus disiplin dalam kehadiran kerja dan mengikuti apel. Dan bagi yang tidak disiplin agar diberikan sangsi yang tegas. Bahkan lebih ekstrim lagi, ASN yang 10 hari berturut – turut tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan yang jelas maka akan langsung diberhentikan dan tidak ada obatnya. Dan untuk tahun 2023 ini, ada 3 orang ASN yang akan diberhentikan,”tegasnya.

Untuk itu, dia berharap agar masing – masing ASN dan juga THL semakin meningkatkan kinerja dan disiplin sehingga capaian kinerja yang diharapkan dapat tercapai.

Pelaksanaan apel pagi yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu berlangsung dengan nyaman dan tertib.

 

(red)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Kisah Sigale-gale, Pelipur Lara Penguasa Samosir yang Kehilangan Anak

Samosir, Ruangpers.com - Boneka kayu Sigale-gale di Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) memiliki kisah…

8 jam ago

Bus Rombongan Pelajar Terguling di Subang, 11 Orang Tewas

Subang, Ruangpers.com - Bus rombongan pelajar terguling di jalur Wisata Ciater, Subang, Jawa Barat. Kecelakaan…

8 jam ago

Lansia yang Tewas Diduga Diterkam Harimau di Madina Ternyata Dibunuh

Mandailing Natal, Ruangpers.com - Lansia bernama Arni Lubis (70) yang ditemukan tewas di Kecamatan Ulu…

8 jam ago

Road Show Da’i Cilik TVRI & Hafiz Al-Qur’an Alumni 2019 RCTI Tampil di Nagori Bah Tobu

Simalungun, Ruangpers.com – Road Show Da'i Cilik TVRI & Hafiz Al-Qur'an Alumni 2019 RCTI, tampil…

23 jam ago

Bupati Agus Istiqlal Bantu Alat Berat, Warga Pekon Way Nukak Gotong Royong Perbaiki Bendungan

Pesisir Barat, Ruangpers.com - Setelah rusak dan jebol akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu, Peratin…

23 jam ago

Nyolong Sepeda Motor di Jalan Kartini, Pelakunya Ditangkap Sat Reskrim Polres Pematangsiantar dari Panombean Pane

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pematangsiantar melalui Tim Opsnal Unit Reskrim…

1 hari ago