Internasional

Cerita saat Warga Temukan Lele Raksasa Seberat Sapi, Panjangnya 2 Meter

Jakarta, Ruangpers.com – Seorang pemancing di Thailand, Somchai Boontong, langsung sumringah ketika melihat hasil tangkapannya. Hal ini karena dia berhasil menangkap seekor lele raksasa.

Peristiwa ini pun membuat heboh pada waktu itu. Cerita penangkapan ini berawal saat Somchai mengikuti kompetisi mancing untuk penggalangan dana.

Lomba mancing itu diadakan di sebuah danau di Provinsi Udon Thani. Ketika strike, Somchai merasakan tarikan di pancingnya yang cukup berat.

Dia tidak menyangka ada mahkluk besar yang memakan umpannya. Setelah berusaha dengan keras, akhirnya ikan raksasa itu berhasil diangkat ke permukaan.

Begitu diangkat ke permukaan, orang-orang yang ada di situ pun geleng-geleng tak percaya. Somchai berhasil memancing ikan lele reksasa Mekong.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Panjang lele itu hampir mencapai dua meter saat diukur. Berat dari ikan ini sekitar 299 kilogram, sehingga ukurannya kira-kira seberat sapi kurban.

Para pedagang ikan pun saling berebut untuk membeli ikan tersebut, sebab harga dagingnya sekitar 100 THB (Rp 43 ribu) per kilogram. Namun, Somchai memutuskan untuk menjualnya kepada tim penggalangan dana yang siap membeli ikan raksasa tersebut seharga 20.000 THB (Rp 8,7 juta). Dia melepaskannya kembali ke habitat aslinya.

Dinas perikanan setempat ikut membantu mengangkut ikan lele tersebut ke kolam di kuil Wat Nong Ruea Klon. Para staff memantaunya selama satu jam untuk memastikan ia menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Ikan lele raksasa Mekong terdaftar sebagai spesies yang ‘sangat terancam punah’ di bawah Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. Penangkapan ikan yang berlebihan, hilangnya habitat mereka, dan pembendungan Sungai Mekong disebut-sebut sebagai ancaman terhadap populasinya, seperti dikutip dari detikINET yang melansir News-Journal.

 

Sumber : detik.com

 

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Dua Pelaku Pencurian Besi Beton Tak Berkutik Dibekuk Jatanras Polres Simalungun

Simalungun, Ruangpers.com – Dua pelaku pencurian besi beton di proyek Perumahan Raya Bersama Maju yang…

4 jam ago

Peringatan Hari Kenaikan Yesus Kristus, Polres Pematangsiantar Lakukan Pengamanan Gereja

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Dalam memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus, Polres Pematangsiantar lakukan pengamanan Gereja, Kamis…

6 jam ago

Kasus Penggelapan Daging Ayam di Pasar Horas Dituntaskan Polsek Siantar Barat

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Barat - Polres Pematangsiantar menyelesaikan perkara penggelapan…

6 jam ago

Sekda Pakpak Bharat Pimpin Rapat Evaluasi Capaian PAD Tahun 2024

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi atas…

6 jam ago

Wabup Pakpak Bharat Hadiri Acara Musrenbangnas TA. 2024

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Wakil Bupati (Wabup) Pakpak Bharat, Dr H Mutsyuhito Solin, M.Pd, hadir…

6 jam ago

Polsek Siantar Barat Hadiri Sosialisasi dan Edukasi Mitigasi Bencana

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolsek Siantar Barat, IPDA Agustina Triya Dewi SH diwakili Bhabinkamtibmas Kelurahan Sipinggol…

14 jam ago