Nasional

Daftar Lengkap Mutasi 704 Polisi lewat 4 Telegram Rahasia Kapolri, Ada 2 Kursi Kapolda

Medan, Ruangpers.com – Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi terhadap 704 personel dengan 4 surat telegram mutasi berbeda termasuk diantaranya sejumlah perwira tinggi di Mabes Polri.

Rotasi tersebut mencakup mutasi 2 kapolda, 1 pejabat utama Mabes Polri, jabatan Irjen Pol 7 personel, Brigjen Pol 24 personel, Kombes Pol 88 personel, AKBP Mantap 74 personel dan Kapolres sebanyak 146 personel.

Rotasi tersebut mengacu pada surat telegram rahasia dengan nomor ST/2775/XII/KEP/2022. Surat itu ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri tertanggal 23 Desember 2022.

Pada surat telegram itu disebutkan, Kapuslabfor Bareskrim Polri Brigjen Agus Budiharta dimutasikan sebagai perwira tinggi Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.

Posisi Agus Budiharta akan digantikan oleh Kombes Pol Haris Aksara yang sebelumnya menjabat sebagai Sespuslabfor Bareskrim Polri seperti dikutip dari Tribunnews.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kapolri juga melakukan mutasi terhadap Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Sumego Adie Soetojo menjadi perwira tinggi Baharkam Polri dalam rangka pensiun.

Posisinya bakal digantikan oleh Brigjen Agus Pranoto yang sebelumnya menjabat sebagai Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri.

Kapolri juga merotasi Komjen Tomsi Tohir yang sebelumnya menjabat Sahlisospol Kapolri menjadi perwira tinggi Polri di Bareskrim.

Selanjutnya Tomsi Tohir akan ditugaskan pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sementara, Brigjen Pol Rudi Setiawan akan diangkat menjadi Sahlisospol Kapolri menggantikan Komjen Tomsi Tohir.

Brigjen Rudi sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Selatan.

Kapolri juga melakukan rotasi terhadap dua Kapolda. Mereka adalah Kapolda Kepulauan Riau Irjen Aris Budiman dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Binkar SSDM Polri.

Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Tabana Bangun yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Riau.

Kemudian, Irjen Agung Wicaksono dimutasikan dari Kapolda Bengkulu menjadi perwira tinggi Polda Bengkulu. Dia dirotasi karena akan segera pensiun.

Posisi Irjen Agung Wicaksono sebagai Kapolda Bengkulu bakal digantikan oleh Irjen Pol Armed Wijaya. Adapun Irjen Armed sebelumnya menjabat sebagai perwira tinggi Bareskrim Polri yang ditugaskan di Kemenkopolhukam.

Mutasi di Polda Metro Jaya

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga merotasi sejumlah perwira Polri di Polda Metro Jaya.

Salah satu yang dirotasi adalah Kombes Pol Endra Zulpan yang dimutasi dari jabatan Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Sosok pengganti Zulpan adalah Kabagpemanalis Romulmed Divisi Humas Polri Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andhiko.

Keputusan rotasi ini teregister dalam surat telegram rahasia bernomor ST/2775/XII/KEP/2022. Surat itu ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri tertanggal 23 Desember 2022.

“Bener info dari SDM mas, mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Sabtu (24/12/2022).

Selain Zulpan, ada sejumlah nama yang mejabat di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang berganti jabatan, yakni:

1.Kombes Pol Gidion Arif yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi diangkat jabatan baru menjadi Kapolres Metro Jakarta Utara menggantikan Kombes Pol Wibowo yang kini menjabat sebagai Dirlantas Polda Jawa Barat.

Posisi Gidion kini akan dijabat oleh Kombes Pol B. Twedy Aditya Bennyahdi.

2.Jabatan Wakapolres Metro Jakarta Utara yang sebelumnya diisi oleh AKBP Erlin Tangjaya, kini akan diisi oleh AKBP Wiraga Dimas Tama dari Kapolres Kudus Polda Jawa Tengah

AKBP Erlin diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirresnarkoba Polda Lampung.

3.Kombes Pol Hari Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Samapta Polda Metro Jaya, kini mendapat jabatan baru sebagai Danpasbrimob III Korbrimob Polri.

Sedangkan, jabatan yang ditinggal Hari akan diisi oleh Kombes Pol Ahmad Zainudin yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagpamwal Roprovos Divisi Propam Polri.

4.Jabatan Kepala SPN Polda Metro Jaya yang sebelumnya diisi oleh Kombes Pol Satria Adhy Permana, kini akan dijabat oleh Kombes Pol Djuwito Purnomo yang sebelumnya menjabat sebagai Dirsamapta Polda Sumsel.

Sedangkan Kombes Satria akan menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Madya TK II Sepimmen Sespim Lemdiklat Polri.

5.Kombes Pol Imran Edwin Siregar yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Depok kini dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Kamneg Baintelkam Polri.

Sedangkan jabatan Kapolres Depok akan dijabat oleh Kombes Pol Ahmad Fuady.

Kapolri juga melakukan penyegaran atas 233 personel polisi atau flat, 27 personel Dikbangpimti, 21 personel penugasan khusu, 77 personel pensiun dan 5 personel demosi.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan adanya surat telegram tersebut.

Dia mengatakan, mutasi merupakan hal yang biasa dalam rangka penyegaran struktur organisasi.

“Bener info dari SDM mas, mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Sabtu (24/12/2022).

 

Sumber : tribunnws.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

16 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

17 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

17 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

24 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

24 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

1 hari ago