Sumut

Dinkes Sumut Telusuri Kontak Erat Pasien Positif Omicron di Medan

Medan, Ruangpers.com – Dinas Kesehatan Sumatera Utara mengaku telah mendapatkan perintah untuk melakukan penelusuran (tracing) terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat dengan warga Medan yang teridentifikasi terpapar virus Covid-19 varian Omicron di Jakarta.

“Iya benar, ada satu warga kita teridentifikasi terpapar Omicron usai melakukan tes PCR di Jakarta. Ini tadi kami sudah dapatkan perintah untuk melakukan trading,” kata Ismail, Selasa (28/12/2021).

Menurut Ismail, warga yang terpapar itu beralamat di Perumahan Griya Riatur Indah. Dia berangkat ke Jakarta bersama istrinya pada 6 Desember 2021 lalu.

“Saat akan pulang, tes PCR disitu lah salah satunya teridentifikasi positif Omicron sehingga harus dikarantina. Sementara satu lainnya negatif dan pulang ke Medan,” ucapnya.

Ismail menyebutkan, hasil dari penelusuran yang mereka lakukan akan dikirimkan ke Kementerian Kesehatan di Jakarta. Hasilnya akan diketahui dalam 5 hari ke depan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Untuk sementara yang kontak erat kita karantina. Nanti kita lihatlah bagaimana hasilnya,” ujarnya.

Sebelumnya Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  Siti Nadia Tarmizi menyampaikan ada temuan kasus transmisi  lokal varian Omicron  Covid-19 di Indonesia.

Ia menyebutkan,  kasus pertama transmisi lokal Omicron ini berasal dari Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Namun, pasien saat ini sedang berada di Jakarta. Pasien tersebut tinggal di Medan bersama istri dan sering melakukan perjalanan ke Jakarta hanya satu bulan sekali.

“Dari data yang ada mereka tiba di Jakarta,  pada tanggal 6 Desember  yang lalu dan tanggal 17 Desember, sempat mengunjungi salah satu restoran  di kawasan SCBD (Sudirman Central Business District) pada tanggal  19 Desember melakukan testing antigen dan dinyatakan positif  Covid-19,” ujar Nadia.

Selanjutnya, kata Nadia, dengan adanya satu kasus transmisi lokal varian Omicron ini, maka hingga saat ini total kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia ada 47 kasus, dengan rincian; 46 kasus Covid-19  kasus  impor  dan satu kasus transmisi lokal.

Kasus Omicron  transmisi lokal ini menyerang laki-laki usia 37 tahun  yang tidak memiliki riwayat perjalanan  ke luar negeri  dalam beberapa bulan terakhir ataupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri.

 

Sumber : iNews.id

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

14 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

15 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

15 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

21 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

22 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

22 jam ago