Olahraga

Fakta Unik Kartu Putih dalam Dunia Sepak Bola, Sudah Tahu?

Pada hari Sabtu, 21 Januari lalu tercipta sejarah baru dalam dunia sepak bola. Kala itu wasit dalam pertandingan final piala liga wanita Portugal antara Sporting Lisbon melawan Portugal yakni Catarina Campos mengeluarkan kartu putih kepada tim medis.

Kartu putih tersebut dikeluarkan pada menit ke-44 setelah petugas medis berhasil menolong seorang suporter yang sempat pingsan di pinggir lapangan.

Kejadian ini merupakan sejarah baru dalam dunia sepak bola. Sehingga tidak heran banyak orang yang mempertanyakan keputusan wasit tersebut. Jika kamu termasuk dalam orang yang penasaran dengan keputusan tersebut, mari simak artikel ini sampai habis.

Arti dari kartu putih

Berbeda dari kartu kuning atau kartu merah, yang dimana kartu tersebut dikeluarkan kepada pemain yang melakukan tindakan negatif di atas lapangan hijau. Kartu putih justru diberikan kepada pemain atau staff yang telah melakukan tindakan positif.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Salah satu contohnya adalah staff medis dalam pertandingan final piala liga wanita Portugal yang berhasil menolong seorang suporter yang sempat pingsan. Jadi kartu putih tersebut bersifat memberikan apresiasi terhadap pemain dan staff, bukan hukuman.

Sejarah dari terciptanya keputusan kartu putih

Kartu putih sendiri baru diadakan atas inisiatif Lembaga Etik Olahraga Nasional Portugal guna mendukung para pemain dan staff untuk bertindak fair play di atas lapangan. Kemudian Federasi Sepakbola Portugal (FPF) memutuskan untuk mengadopsi inisiatif tersebut ke dalam sebuah peraturan baru.

Namun peraturan tersebut hanya digunakan di dalam kompetisi yang dinaungi oleh FPF saja. Karena peraturan terkait kartu putih tersebut belum tercatat di dalam Laws of the Game milik FIFA.

Usulan penggunaan kartu putih sebelumnya

Jauh sebelum wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih, mantan presiden UEFA Michel Platini telah mengusulkan peraturan tentang kartu putih. Pada tahun 2014 Platini mengeluarkan usulan tersebut yang bertujuan guna menghukum para pemain yang melakukan protes berlebihan kepada wasit.

Hukuman dari kartu putih yang diusulkan oleh Platini yakni, para pemain dilarang bermain selama 10 menit. Namun sayangnya usulan Platini tidak didukung oleh banyak anggota UEFA dan usulan tersebut pun tidak direalisasikan.

Itulah beberapa fakta dibalik keluarnya kartu putih yang menjadi sejarah baru dalam dunia sepakbola. Bagaimana menurutmu? Apakah layak peraturan kartu putih tersebut juga diterapkan oleh FIFA?

 

Sumber : Suara.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

3 jam ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

6 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

6 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

6 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

17 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

17 jam ago