Internasional

Hanya di India, Tahanan Bebas Keluar untuk Bekerja dan Balik Sebagai Tahanan

Jakarta, Ruangpers.com – Penjara di India ini terbilang unik. Pasalnya tahanan bebas keluar masuk dan tak mesti mendekam di dalam sel tahanan. Penjara ini terletak di Sanganer, Kota Jaipur, India, di mana para tahanan tidak diberi makanan.

Ini berarti mereka harus bekerja dan mendapatkan uang di luar gerbang penjara. Mereka bekerja sebagai buruh, pekerja pabrik, sopir atau bahkan sebagai guru yoga.

Seorang tahanan, Ramchand mengemudikan bus sekolah. Istrinya, Sugna, bekerja di sebuah pabrik pakaian. Ramchand dan Sugna adalah pembunuh yang sedang menjalani hukuman penjara.

Rumah mereka di Sanganer Open Prison, di Jaipur, ibu kota negara bagian Rajashtan, India barat.

Penjara ini tidak memiliki jeruji atau tembok, tidak ada penjaga di gerbang, dan tahanan diizinkan, bahkan didorong, untuk ke luar ke kota dan bekerja setiap hari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Penjara ini, yang telah dibuka sejak tahun 1950-an, adalah tempat tinggal 450 tahanan dan satu dari sekitar 30 lembaga sejenis di negara bagian Rajasthan.

Kami mengunjungi Sanganer dengan Smita Chakraburtty, perempuan di belakang kampanye untuk menjadikan penjara terbuka sebagai suatu hal yang normal di India.

Dia mengajukan hal ini ke Mahkamah Tinggi India, yang kemudian meminta para negara bagian untuk mencari cara mendirikan tempat seperti itu.

Dia sekarang menjadi komisaris kehormatan penjara di Rajasthan, dan baru-baru ini dicalonkan untuk mendapatkan Agami Prize India karena pekerjaannya terkait sistem pidana.

“Sistem peradilan kriminal menangani sebuah kejadian…dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan terhadap seseorang,” kata Chakraburtty, dilansir dari BBC, Senin (19/9/2022).

Usahanya mendapatkan dukungan: empat negara bagian lainnya di India mendirikan penjara terbuka tahun lalu. Ketika kami mengunjungi Sanganer dengan Smita, dia menjelaskan perkembangan terbaru pekerjaaannya kepada para tahanan, dan kemudian mereka mengelilingi kami, karena sangat ingin bercakap-cakap.

Meskipun tidak ada penjaga dan siapapun dapat memasuki penjara, pengunjung seperti kami adalah langka.

Saya duduk di lantai tempat pengasuhan anak di bagian depan pekarangan penjara dan berbicara dengan tahanan pria dan perempuan.

Ketika saya menanyakan mereka mengapa mereka dipenjara, kebanyakan mengatakan “302” mengacu kepada Bagian 302 Hukum Pidana India yang menentukan hukuman pelaku pembunuhan.

Mereka mengatakan penjara terbuka sebagai “peternakan” dan menceritakan tentang mudahnya hidup disini, betapa bahagianya mereka.

Untuk dapat dipenjara di Sanganer, mereka harus sudah menjalani paling tidak dua per tiga hukuman di penjara tertutup dan mereka mengatakan dibandingkan dengan tempat-tempat itu, ini adalah suatu kebebasan.

Kenyataannya, pemerintah Rajasthan bahkan harus mengusir tahanan yang tidak mau pergi. Mereka telah menciptakan kehidupan, pekerjaan tetap, sekolah untuk anak-anak, di tempat ini sehingga mereka tidak ingin meninggalkannya pada akhir masa hukuman.

Meskipun demikian, banyak tahanan mengatakan kepada saya bahwa mereka tetap harus berjuang menghadapi pandangan orang luar terkait dengan penjara.

Sebagian tahanan perempuan mengatakan adalah lebih mudah untuk menikahi pria tahanan, karena laki-laki di luar penjara tidak memahami mereka.

Bahkan sejumlah tahanan menghadapi kesulitan mendapatkan pekerjaan, mereka mengatakan orang ragu-ragu mempekerjakan mereka begitu kartu identitas penjara diperlihatkan.

Tetapi mereka masih hidup secara ‘normal’ di penjara. Mereka membeli sepeda motor, telepon pintar dan televisi; mereka tidak memakai seragam penjara dan hidup di rumah kecil bernomor.

Masing-masih tahanan diberikan rumah oleh pemerintah di sepanjang jalan sempit Sanganer. Sisanya, terserah mereka. Penjara tidak memberikan makanan, air atau pun penghasilan.

 

 

Sumber : Okezone.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

13 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

14 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

14 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

21 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

21 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

21 jam ago