Hiburan

Kisah Brimob Cantik Dilatih Pasukan Elite Pemburu Osama bin Laden

Jakarta, Ruangpers.com – Korps Brigade Mobil Kepolisian Negara Republik Indonesia (Brimob Polri) memperingati hari jadinya yang ke-78 pada hari ini, Selasa (13/11/2023).

Brimob juga memiliki anggota Polwan dalam mengemban sejumlah tugas penting di Polri. Tak jarang, para polwan di Brimob itu memiliki segudang prestasi.

Salah satunya, Briptu Christeel Racheltania Philip. Polwan cantik ini menjadi satu di antara tiga srikandi “Korps Bhayangkara” dari Sat-1 Gegana Detasemen Antiteror Brimob yang mendapat kesempatan digembleng pasukan elite Amerika.

“Tidak ada diskriminasi di kesatuan, justru kami sangat diperhitungkan. Karena apa yang dilakukan polisi pria, kami pun bisa. Seperti dalam hal menembak dan bisa ikut tim khusus,” ujar Christeel kepada Okezone, beberapa waktu silam.

Christeel menceritakan, saat itu pada tahun 2014 dia bersama kontingen Indonesia mampu mencetak sejumlah penilaian terbaik, di antara peserta dari negara lain dalam program pelatihan Crisis Response Team (CRT) di Washingtong DC, Amerika Serikat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pengalaman sekolah ke Amerika jadi pengalaman yang enggak bisa terlupakan. Kita bertiga menggeser nama polisi pria pada saat itu. Kebetulan kontingen Indonesia juga satu-satunya yang mengikutkan Polwan. Dari 28 (polisi) yang ikut, kita tiga perempuan ikut ‘nyelip’ di kontingen,” ujar wanita kelahiran 16 Desember 1991 itu.

Salah satu yang melatih Christeel dan dua rekannya berasal dari Navy SEALs. Pasukan elite Paman Sam ini adalah pasukan pemburu pimpinan Al Qaeda Osama bin Laden yang tewas di rumah persembunyiannya di Abottabad, Pakistan, pada 2 Mei 2011 silam.

“Kita di sana dilatih tidak hanya sama polisi AS saja, tapi juga tim khusus beberapa angkatan Amerika, seperti US Army, Navy SEALs dan SWAT Team. Latihannya gabung dengan beberapa negara, tapi hanya Indonesia yang ada (polisi) wanitanya. Kontingen kita jadi yang terbaik di sana,” sambung Christeel.

Christeel melanjutkan, dia dan dua Polwan dari Korps Brimob, bisa medapat pelatihan tersebut berdasarkan seleksi dan penilaian yang ketat.

“Kita bisa diikutkan karena punya kemampuan menembak sesuai kriteria yang telah ditentukan. Juga dari penilaian fisik dan mental. Kriteria lainnya sudah berdinas empat tahun serta punya pengalaman dinas lainnya,” pungkasnya.

 

Sumber : Okezone.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

12 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

13 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

13 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

20 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

20 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

20 jam ago