Pariwisata

Mengintip Keunikan Air Terjun Siluman di Sumatera Utara, Airnya Seindah Kristal

Jakarta, Ruangpers.com – Sudah menjadi hal umum jika Sumatera Utara memiliki destinasi wisata eksotis yang bikin wisatawan betah berkunjung.

Tidak hanya memiliki pemandangan pegunungan, di sini juga terdapat wisata air terjun. Salah satunya, ialah Air Terjun Namu Belanga atau yang biasa disebut dengan Air Terjun Siluman.

Air terjun yang belum terlalu banyak diketahui orang awam ini berlokasi di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat.

Selain memiliki nama yang cukup unik, air terjun ini terkenal dengan keindahannya, yaitu memiliki air yang sangat jernih dan berwarna turquoise.

Masyarakat banyak menjuluki air terjun sebening kaca dan kristal di tengah lebatnya pepohonan. Arus airnya juga tak terlalu deras, permukaan air sangat tenang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Panas-panas gini enaknya nyeger di sini gaes. Tempatnya bening dan seger banget loh. Tag kawanmu ajak kemari!,” tulis Instagram @travellingsumut, Rabu (25/8/2021).

Keunikan air terjun ini adalah hanya bisa dinikmati secara musiman. Selain itu, diberi nama siluman, konon air terjun yang muncul terkadang bisa menghilang alias musiman. Kadang muncul dan kadang menghilang.

Untuk lokasi dan suasana di Air Terjun Namu Belanga masih begitu alami dan terletak di tengah hutan. Perjalanannya cukup panjang dan dibutuhkan waktu yang lama untuk menuju lokasi air terjun.

Para pengunjung bisa menempuh jalur darat dengan mobil atau motor dengan rute dari Medan menuju Binjai. Waktu yang dibutuhkan 60 menit.

Sesampai di Binjai baru melanjutkan perjalanan ke Desa Rumah Galuh selama kurang lebih dua jam. Begitu sampai di desa, Anda harus menempuh jalur tracking kurang lebih selama 20 menit.

 

Sumber : iNews.id

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

23 jam ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

23 jam ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

23 jam ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

1 hari ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

1 hari ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

2 hari ago