Pariwisata

Menjajal Wisata Alam Bukit Lawang, Bukan Sekadar Kawasan Konservasi

Medan, Ruangpers.com – Bukit Lawang ini berlokasi di Selatan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sekitar 120 kilometer barat laut Medan Ibukota Sumatera Utara.

Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan sebuah kawasan yang terkenal dengan objek wisatanya berupa sungai. Lokasi ini juga dijadikan sebagai kawasan konservasi Orang Utan Sumatera yang wajib dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain terkenal karena pelestarian Orang Utan, Bukit Lawang juga menjadi tempat pelestarian bagi beberapa flora dan fauna yang dilindungi. Contoh fauna yang ada di Bukit Lawang seperti badak, gajah, dan harimau.

Sedangkan untuk flora, tumbuhan yang paling terkenal dari tempat ini adalah Padma Raksasa atau yang terkenal dengan bahasa latinnya Rafflesia Arnoldii yang memiliki diameter mencapai 3 meter. Rafflesia Arnoldii adalah tumbuhan parasit obligat yang memiliki bunga dengan ukuran besar dan bahkan merupakan bunga terbesar di dunia.

Wisata berikutnya yang terdapat di Bukit Lawang adalah wisata Tubing. Dikarenakan posisi Bukit Lawang yang dekat dengan arus sungai Bahorok, dengan arus sungai yang begitu deras, wisata ini cocok sekali untuk anda yang senang dengan permainan yang memacu adrenalin seperti arum jeram (Rafting).

Advertisement. Scroll to continue reading.
Turis dii Bukit Lawang Foto: (dok. Jeff Yip/Alifeofy)

Perlengkapan yang digunakan untuk melakukan arum jeram disini cukup unik, karena yang biasanya orang menggunakan perahu karet (boat), tetapi di sini wisatawan hanya menggunakan ban ketika melakukan Rafting, dan ban ini hanya bisa dinaiki oleh satu orang saja untuk satu ban.

Tempat selanjutnya yang bisa memacu adrenalin anda adalah Goa Kelelawar. Dinamakan Goa Kelelawar karena di dalam goa ini terdapat ribuan kelelawar. Dengan pencahayaan yang gelap total tanpa ada lampu penerangan, goa ini menjadi tempat favorit bagi para kelelawar.

Untuk Anda yang menggemari aktivitas di alam bebas, berkunjung ke Bukit Lawang merupakan rencana yang pas untuk memenuhi hobi berpetualang kalian. Banyak sekali aktivitas yang memacu adrenalin yang dapat dinikmati, yakni:

a) Tracking menyusuri hutan

b) Mengamati beraneka binatang di hutan

c) Berinteraksi dengan orang utan

d) Melakukan arum jeram (Rafting)

e) Menelusuri Goa Kelelawar (Caving)

f) Mandi langsung di air terjun yang jernih

Nah, untuk kalian yang mau menghabiskan masa liburan dengan menikmati nuansa alam semacam hutan dapat langsung mengarah ke tempat wisata keren di Medan yang satu ini.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Nelayan di Asahan Kepergok Polisi Selundupkan 2 Kg Sabu dari Malaysia

Asahan, Ruangpers.com - Seorang nelayan bernama Ismail (37) ditangkap di perairan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara…

3 jam ago

Polri Siap Amankan dan Sukseskan World Water Forum ke-10 di Bali

Simalungun, Ruangpers.com - Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, mengumumkan, bahwa Bali akan menjadi…

6 jam ago

Saling Lapor, Polsek Siantar Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui personil piket SPKT dan Unit Reskrim, menyelesaikan perkara…

7 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Sejumlah Senjata Tajam Saat Laksanakan KYRD

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui personil Polsek Siantar Selatan dan Koramil 03 Siantar Selatan,…

7 jam ago

Cara Urus Kartu ATM yang Tertelan, Begini Caranya

Jakarta, Ruangpers.com - Mesin ATM atau Automatic teller Machine memudahkan nasabah bank untuk melakukan transaksi…

17 jam ago

Penginapan di Tebing Tinggi Terbakar, Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Tebing Tinggi, Ruangpers.com - Sebuah penginapan di Jalan Suprapto, Kelurahan Pasar Gambir, Kecamatan Tebing Tinggi,…

18 jam ago