Nasional

Menteri PAN-RB Sebut Calon Kepala Dinas Harus Magang di BUMN 2 Bulan

Jakarta, Ruangpers.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, bakal ada perubahan pola pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Percepatan pembangunan kompetensi ASN menjadi salah satu fokus dalam Rancangan Undang-undang (RUU) tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN.

Menurut Anas, pola pengembanan kompetensi ASN tidak lagi klasik seperti melalui penataran. Dalam RUU ini, akan ada semacam magang untuk ASN sebelum menjabat kepala dinas.

“Nanti pola pengembangan kompetensi tidak lagi klasikal seperti penataran. Dulu istilahnya jam pelajaran, tapi dengan RUU ini kita rancang lebih ke experiential learning, ada magang, ada on the job training,” katanya dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023).

Misalnya, calon kepala dinas harus magang di BUMN besar minimal dua bulan. “Bahkan bisa sebelum duduk di kepala dinas tertentu harus magang di BUMN besar minimal dua bulan dan seterusnya. Kalau di Diknas ada program Merdeka Belajar, maka di undang-undang ASN ini ada program Merdeka Belajar,” jelasnya.

Dalam RUU tersebut, terdapat fokus lain terkait mobilitas talenta nasional untuk mengatasi kesenjangan. Menurutnya ada 130 ribu formasi untuk ASN di daerah tertinggal, terdepan, dan, terluar (3T) namun tidak terisi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kedua soal kemudahan mobilitas talenta nasional untuk mengatasi kesenjangan yang ada. Saat ini masih terpusat di kota-kota besar saja terutama di Jawa ada lebih dari 130 ribu formasi untuk daerah 3T pada tahun-tahun sebelumnya tetapi tidak terisi,” ungkapnya.

Ke depannya, kata dia, dengan undang-undang yang baru mobilitas talenta bisa dijalankan untuk menutupi kesenjangan tersebut. Nantinya pemerintah bisa mengatur mobilitas talenta ASN secara lebih cepat, apalagi ada reward kenaikan kelas jabatan atau pangkat jauh lebih cepat bagi ASN yang ditempatkan di daerah 3T.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

47 menit ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

1 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

2 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

8 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

8 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

9 jam ago