Sumut

Musyawarah Anak Cabang dan Pelantikan PAC GAMKI se – Kota Pematangsiantar Diawali Ibadah dan Diskusi dengan Senior

Pematangsiantar, Ruangpers.com –  Acara Musyawarah Anak Cabang dan pelantikan Pimpinan Anak Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (PAC GAMKI) se – Kota Pematangsiantar yang digelar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GAMKI Kota Pematangsiantar, berjalan lancar, Jumat (19/11/2021) pagi tadi, di Gereja Kristen Protentan Indonesia (GKPI) Jemaat Khusus Siantar Kota, jalan Simbolon Peamtangsiantar.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ini, diawali dengan ibadah singkat yang dibawakan Pdt Rosininta Hutabarat, MTh, yang melayani di GKPI Jemaat Khusus Siantar Kota.

Kotbah diambil dari tema tahunan GAMKI yang tertulis dalam Yeremia 29 : 7 yang bunyinya “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu”.

Foto bersama usai acara pelantikan PAC GAMKI se Kota Pematangsiantar.

 

Pdt Rosininta Hutabarat mengingatkan para pemuda – pemudi Gereja yang akan bergabung dengan GAMKI agar teguh dalam beriman dan konsisten dalam perjuangan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jadilah pemuda kristen yang intelaktual dalam mengerjakan pelayanan, katanya.

“Kita harus memberikan sumbahsih pemikiran, keja keras dan penuh kasih. Kita tidak kenal menyerah dan tentu dengan tetap berdoa, meminta kekuatan dari Tuhan,”ujarnya.

Foto bersama peserta Musyawarah Anak Cabang, Pengurus DPC GAMKI Pematangsiantar dan senior.

Masih katanya, bahwa agama mengajarkan kita kebaikan dan peduli akan gerakan kemanusiaan.

GAMKI bertujuan berbakti pada Tuhan. Cita – cita keesaan Gereja di Indonesia, katanya lagi.

Usai ibadah, dilanjutkan dengan upacara organisasi yang dibawakan Ketua DPC GAMKI Pematangsiantar, Hendra Simanjuntak SPd MPd, didampingi Sekretaris, Gustaf SH Panggabean ST.

Dan sebelum masuk acara Musyawarah Anak Cabang, para calon pengurus PAC GAMKI lebih dulu mengikuti diskusi, untuk mengenal sejarah GAMKI  di Kota Pematangsiantar.

Pdt Rosininta Hutabarat, MTh saat menyampaikan firman Tuhan.

Tampak dua senior GAMKI diundang khusus jadi pembicara yaitu Piliaman Simarmata, mantan Ketua GAMKI Pematangsiantar  dan Mangara Tampubolon. Dan jalannya diskusi dipandu Jon Roy Purba selaku Ketua Panitia Musyawarah Anak Cabang dan Pelantikan PAC GAMKI se – Kota Pematangsiantar.

Kepada para peserta, Piliaman Simarmata menjelaskan bagaimana pergerakan pemuda Kristen yang juga berperan dalam merebut kemerdekaan Indonesia dan bagaimana lahirnya GAMKI, dimana Kongres 1 GAMKI diadakan pada tahun 1965 dan saat di Kongres ke 7, dia terpilih sebagai ketua majelis.

Mantan Anggota DPRD Simalungun ini juga mengenang semangat ber-GAMKI dan apa sebenarnya roh dari GAMKI.

“Banyak kegiatan yang bisa dilakukan lewat GAMKI, ada jalan salib setiap perayaan Paskah, ada perayaan Natal, Kegiatan Kebangunan Rohani, dan membuat seminar – seminar,”Piliaman memotivasi peserta.

Piliaman Simarmata, mantan Ketua GAMKI Pematangsiantar dan Mangara Tampubolon saat sebagai pembicara di acara Musyawarah Anak Cabang GAMKI Pematangsiantar.

Sementara itu, Mangara Tampubolon, mengingatkan peserta yang hadir agar bekerja keras dan lebih sering melakukan kegiatan – kegiatan positif.

“Kita tidak mau disebut GAMKI sebagai  kelompok yang tertinggal atau  sewarna dengan kondisi dunia saat ini, apalagi dengan adanya pengaruh digitalisasi,”ujarnya.

Dia meminta para kader GAMKI agar benar – benar dinamis dan tetap kuat dalam persekutuan karena itu juga roh dari GAMKI.

Para peserta juga tampak antusias mengikuti diskusi dan tak sedikit yang mengajukan pertanyaan kepada kedua narasumber tersebut.

Dan usai acara diskusi, dilanjutkan dengan Musyawarah Anak Cabang dan pelantikan PAC GAMKI se – Kota Pematangsiantar.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPC GAMKI Pematangsiantar, Hendra Simanjuntak SPd MPd, didampingi Sekretaris, Gustaf SH Panggabean ST melantik 7 PAC yaitu PAC Siantar Timur, PAC Siantar Barat, PAC Siantar Utara, PAC Siantar Martoba, PAC Siantar Marihat, dan PAC Sintar Sitalasari.

Ketua DPC GAMKI Pematangsiantar, Hendra Simanjuntak, mengucap syukur atas terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan lancar serta mengucapkan selamat mengemban tugas kepada pengurus PAC yang baru saja dilantik.

“Mari kita berlomba membuat kegiatan dan tetap menajalin komunikasi yang baik dengan DPC GAMKI Pematangsiantar,”ujar Hendra memitovasi masing – masing PAC.

Dan sebelumnya, ucapan selamat atas pelantikan PAC GAMKI se Kota Pematangsiantar juga disampaikan salah seorang senior GAMKI, Kristian Silitonga.

Kristian bangga dan memuji gebrakan yang dilakukan DPC GAMKI Pematangsiantar yang melakukan Musyawarah Anak Cabang dan sekaligus plantikan PAC GAMKI se Kota Pematangsiantar, apalagi diwarnai diskusi tentang GAMKI. Sehingga para pengurus PAC benar – benar paham dan cinta akan gerakan ini dan berlomba  membuat kegiatan positif baik di gereja maupun di masyarakat, apalagi dalam konsep bernegara dan berbangsa, katanya.

Tampak hadir senior GAMKI lainnya, Ferry GM Tampubolon, dan Reokoming Tampublon.

 

(red)

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Kisah Sigale-gale, Pelipur Lara Penguasa Samosir yang Kehilangan Anak

Samosir, Ruangpers.com - Boneka kayu Sigale-gale di Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) memiliki kisah…

25 menit ago

Bus Rombongan Pelajar Terguling di Subang, 11 Orang Tewas

Subang, Ruangpers.com - Bus rombongan pelajar terguling di jalur Wisata Ciater, Subang, Jawa Barat. Kecelakaan…

49 menit ago

Lansia yang Tewas Diduga Diterkam Harimau di Madina Ternyata Dibunuh

Mandailing Natal, Ruangpers.com - Lansia bernama Arni Lubis (70) yang ditemukan tewas di Kecamatan Ulu…

58 menit ago

Road Show Da’i Cilik TVRI & Hafiz Al-Qur’an Alumni 2019 RCTI Tampil di Nagori Bah Tobu

Simalungun, Ruangpers.com – Road Show Da'i Cilik TVRI & Hafiz Al-Qur'an Alumni 2019 RCTI, tampil…

15 jam ago

Bupati Agus Istiqlal Bantu Alat Berat, Warga Pekon Way Nukak Gotong Royong Perbaiki Bendungan

Pesisir Barat, Ruangpers.com - Setelah rusak dan jebol akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu, Peratin…

16 jam ago

Nyolong Sepeda Motor di Jalan Kartini, Pelakunya Ditangkap Sat Reskrim Polres Pematangsiantar dari Panombean Pane

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pematangsiantar melalui Tim Opsnal Unit Reskrim…

17 jam ago