Pariwisata

Pariwisata RI Kehilangan Rp 150 Triliun Tiap Tahun

Jakarta, Ruangpers.com – Tak sedikit wisatawan Indonesia yang memilih liburan ke luar negeri ketimbang di dalam negeri. Setidaknya, Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan uang yang dihabiskan orang Indonesia untuk liburan ke negeri orang mencapai Rp 150 triliun tiap tahun.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut memaparkan bahwa wisatawan nusantara selama ini kurang tersentuh. Seharusnya mereka bisa diarahkan untuk berlibur di dalam negeri.

“Destinasi-destinasi super prioritas ini harus jadi destinasi wisata pilihan kita. Jadi ada Rp 150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena kita asyik berlibur di negara-negara favorit kita,” kata Sandiaga dalam webinar MGN SUMMIT 2021 WONDERFUL INDONESIA, kemarin Kamis (28/1/2021).

Dirinya pun ingin agar setidaknya 30% dari Rp 150 triliun yang digunakan untuk liburan ke luar negeri beralih untuk digunakan di dalam negeri.

“Kalau kita alihkan 20% sampai 30% saja itu bisa mencapai Rp 50 triliun yang kita bisa arahkan untuk destinasi destinasi kita, baik yang ada di NTT, itu di Manggarai Barat ada Labuan Bajo yang world class, maupun di Sulawesi Selatan juga, mulai dari Pulau Selayar, Toraja,” sebutnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menurut Sandiaga banyak sekali peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menjaring wisatawan domestik agar tidak liburan ke luar negeri.

“Banyak sekali peluang-peluang dan ini kita melihat ekosistem ini harus dibangun, dan kita canangkan agar nanti di tahun selanjutnya kita menjadi destinasi wisata pilihan di Asia Tenggara,” tambahnya.

Belum lama ini, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah sedang mendorong program Bangga Berwisata Indonesia. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Luhut mengatakan tujuan program Bangga Berwisata Indonesia ialah mendorong rasa bangga atas kegiatan wisata di dalam negeri.

“Kalau kita lihat permasalahan utama adalah turunnya angka perjalanan domestik dan berkurangnya nilai pengeluaran per perjalanan oleh wisatawan nusantara. Nah, tujuan kebijakannya adalah untuk membangun rasa bangga dan kepemilikan atas kegiatan berwisata di dalam negeri, sehingga mendorong masa tinggal yang lebih lama dan pengeluaran yang lebih tinggi,” katanya dalam keterangan tertulis 7 Januari 2021.

Dia menambahkan bahwa program ini bisa berjalan dengan baik apabila diikuti dengan pelaksanaan vaksin yang lancar. Untuk itu, program pariwisata juga harus dipersiapkan.

“Perkiraan wisata domestik akan mengalami pemulihan 1-2 tahun lebih cepat dibandingkan wisata ke luar negeri. Wisata internasional akan pulih pada akhir 2022 atau awal 2023. Oleh karena itu, pembangunan pada 5 DPSP harus dipercepat sehingga ketika pariwisata kembali pulih, wisatawan sudah dapat menikmati destinasi yang berkualitas,” imbuh Luhut.

Luhut menuturkan, pandemi Corona menyebabkan tren pergeseran perjalanan wisata ke destinasi luar ruang, aktivitas luar ruang, dan olahraga. Luhut menegaskan pentingnya perhatian pada sport tourism, produksi souvenir buatan dalam negeri, serta UMKM dengan kualitas yang bagus.

“Kampanye Bangga Berwisata di Indonesia ini agar disinergikan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” lanjut Luhut.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Wakapolres Hadiri Pelantikan Anggota PPK Se – Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kapolres diwakili Wakapolres Pematangsiantar, Kompol Ahmad Wahyudi, hadiri pelantikan Anggota Panitia Pemilihan…

4 jam ago

Polsek Siantar Utara Ringkus DPO Pelaku Bongkar Rumah Karyawan BUMN

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara berhasil mengamankan Daftar Pencarian Orang (DPO), pelaku pembongkaran rumah…

5 jam ago

Polsek Siantar Martoba Amankan Pencuri Dompet dan HP, Pelaku Tak Berkutik Dikepung Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba yang dipimpin Kanit Reskrim, AIPTU Ricardo Rajagukguk, mengamankan pelaku…

5 jam ago

Tim Panelis Provsu Apresiasi Penurunan Stunting di Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com - Tim Penilai dan Panelis Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara, apresiasi…

7 jam ago

Pohon Tumbang Timpa Kantor Desa dan 3 Rumah Warga di Toba, Rusak Parah Bagian Atap

Toba, Ruangpers.com - Pohon tumbang menimpa empat bangunan rumah warga di Desa Jangga Toruan, Kecamatan…

7 jam ago

Menangis, Azlan Ngaku Diperintah Senior di KPU-Bawaslu hingga Di-OTT Polda

Medan, Ruangpers.com - Tangis anggota Bawaslu Medan nonaktif, Azlansyah, pecah saat mengikuti sidang dengan agenda…

7 jam ago