Sumut

Pelantikan Tumpal Hasudungan Sitorus sebagai Kepala Desa Disambut Meriah Warga Nagori Rambung Merah

Simalungun, Ruangpers.com – Masyarakat Nagori Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun menyambut gembira atas dilantiknya Tumpal Hasudungan Sitorus SPd, MM sebagai Kepala Desa (Kades) Nagori Rambung Merah bersama 247 Kades lainnya oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, pada Rabu (7/6/2023).

Usai dilantik, Tumpal Hasudungan Sitorus menggelar acara syukuran bersama keluarga dan juga warga di kediamannya, di jalan H Ulakma Sinaga.

Kedatangan Tumpal disambut gembira oleh warga dengan manortor hingga masuk ke dalam rumah.

Kemudian dilanjutkan pemberian makanan khas adat Batak dari marga Sitorus (dongan tubu) yang hadir kepada Tumpal Hasudungan Sitorus beserta istri sebagai tanda ucapan syukur atas dilantiknya sebagai Kepala Desa dan juga pemberian beras sipir ni tondi.

Dan setelah dongan tubu (marga Sitorus), dilanjut dengan hula – hula marga marga Sinaga yang memberikan ikan atau dekke si udur – udur, memberi boras sipir ni tondi, dan menyematkan ulos batak dan ditutup dengan doa oleh hula – hula.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selanjutnya dilanjutkan dengan makann ala kadarnya bersama warga yang hadir sambil mendengarkan persembahan lagu – lagu (hiburan,red).

Drs. Jalang Sitanggang mewakili masyarakat Huta 7 dalam sambutannya mengucapkan syukur dan berterimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada hari ini, hari kemenangan bagi Tumpal Hasudungan Sitorus yang telah dilantik menjadi Pangulu Nagori Rambung Merah.

Masyarakat Nagori Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun menyambut gembira atas dilantiknya Tumpal Hasudungan Sitorus SPd, MM sebagai Kepala Desa (Kades) Nagori Rambung Merah.

“Kami seluruh masyarakat Rambung Merah bergembira 1000 kali bergembira, karena doa kami diterima oleh Tuhan yang Maha Esa atas kemenangan Bapak Tumpal Hasudungan Sitorus, SPd, MM. Dan kami bangga, bapak sebagai pangulu pengembang Nagori Rambung Merah. Hari ini sejuk dan tidak ada halangan bagi kita semua. Hari ini, bapak sudah dilantik jadi pangulu semua petuah – petuah itu dari pimpinan jangan dilanggar oleh pangulu. Dan kami berharap, masyarakat Nagori Rambung Merah ada perubahan, jangan seperti sebelumnya, dan janji – janji yang sudah diucapkan kita berikan, mana yang kurang mampu itulah perlu bapak bantu. Selama ini saya lihat yang kurang mampu belum mendapat bantuan. Semoga bapak semakin sehat, segar dan kuat dalam mengemban tugas. Ada pepatah mengatakan kuat dan kokoh teguh kebersamaan,”ujarnya.

Sementara itu, salah satu tim pemenangan berharap kepada pangulu agar semua gagasan dan konsep yang kita utarakan  kepada masyarakat itu tetap pada garis yang telah kita sepakati, sehingga masyarakat dapat menilai, bahwasanya itu bukan hanya segala cara untuk mencapai cita – cita Pak Torus.

Dan kami dari tim pemenangan juga bermohon dengan sangat, terutama bantuan pemerintah, kiranya ditempatkan pada porsi yang sebenarnya.

“Kami sebagai tim pemenangan siap mendukung setiap kebijakan yang menyangkut kepentingan orang banyak. Dan disinilah perangkat desa perlu netral, tidak persoalan suka atau tidak suka,”ujarnya.

Sementara, Tumpal Hasudungan Sitorus selaku Pangulu Nagori Rambung Merah, mengucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terlaksananya pelantikan dengan baik dan juga adanya dukungan dari keluarga dan masyarakat.

“Pertama – tama kita sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan karunia-Nya, hari ini kita tetap dapat berkumpul dalam keadaan sehat. Tadi acara pelantikan pangulu terpilih sebanyak 248 orang yang dilantik oleh Bupati Simalungun. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nagori Rambung Merah dan spesial kepada tim pemenangan. Dan dengan ini saya katakana, tim pemenangan resmi dibubarkan, kita akan bersama – sama menjadi  masyarakat Nagori Rambung Merah. Terima kasih kepada orangtua, tokoh – tokoh masyarakat yang hadir, keluarga saya, Hula – hula Sinaga, Tulang Simanungkalit, dongan tubu saya marga Sitorus, dan semua masyarakat Nagori Rambung Merah. Semua mengharapkan janji – janji saya, harus dijalankan. Semampu saya yang penting saya upayakan, jangan lewat satu periode bisa terpenuhi semua. Segala hak masyarakat yang dapat difasilitasi, dan saya berharap, kita bersama – sama membangun Nagori Rambung Merah demi kesejahteraan masyarakat. Hal – hal yang berkaitan dengan dana bantuan, saya bekerja bersama perangkat desa. Nanti kita upayakan Badan Usaha Milik Nagori (BUMN) yang bergerak dibidang kebersihan, saya ingin membuat perubahan penataan dalam waktu dekat. Dan saya ingin bersama masyarakat memperbaiki plank jalan (nama nama jalan) di Nagori Rambung Merah, masalah lansia karena lansia yang diprioritaskan negara. Seharusnya lansia beraktitas ke rumah rumah tetangga. Badan jalan yang bisa digunakan untuk jalan kaki tidak ada, maka jalan H. Ulakma Sinaga akan kita benahi, supaya bisa berjalan di luar jalan aspal, “kata Tumpal panjang lebar.

 

(L. Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Hendak Mencuri, Warga Tanjung Pinggir Ini Akhirnya Bebas dari Jeratan Hukum

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Barat melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Bantan, AIPDA Rayendra P. Damanik, menyelesaikan…

8 jam ago

Kapolres Pematangsiantar Hadiri Pelepasan Pawai Hari Buruh Sedunia

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, bersama Ketua Bhayangkari Cabang…

8 jam ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Pencurian Biji Coklat dengan Cara Ini

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, melalui Kanit Binmas, IPDA Hotlan Matondang…

17 jam ago

Bupati Simalungun Tinjau Pembangunan Peningkatan Jalan di Kecamatan Dolok Silou

Simalungun, Ruangpers.com - Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, bersama Kadis PU, Hotbinson Damanik, meninjau pembangunan…

17 jam ago

Heboh Warga di Medan Dijambret 2 Pria saat Keluar dari Mobil, Polisi Dalami

Medan, Ruangpers.com - Satu video bernarasi seorang warga dijambret dua pria saat baru saja keluar…

18 jam ago

Hanyut di Sungai saat Pindahkan Mobil, Pria di Karo Ditemukan Tewas

Karo, Ruangpers.com - Seorang pria bernama Firman Ginting (40) hanyut bersama dengan mobilnya di sungai…

18 jam ago