Sumut

PJT 1 Lakukan Penghijauan, Tanam Tanaman Keras di Desa Sigordang

Toba, Ruangpers.com – Perusahaan Perum Jasa Tirta 1 (PJT1) melakukan program penghijauan dengan menanam tanaman keras berbuah, di areal perbukitan Desa Sigordang, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (25/2/2021), lalu.

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan dengan melibatkan Kelompok Tani Saoloan dan Kelompok Tani Ganda Desa Sigordang.

PJT 1 menyerahkan bibit tanaman keras berbuah, yaitu 435  bibit Jengkol, 425 batang bibit durian, 1205 batang alpukat dan 435 batang bibit petai.

Dalam kegiatan ini, Staf Perum Jasa Tirta 1 (PJT1) Ario menjelaskan, penanaman pohon yang dilakukan, merupakan program rutin tahunan yang melibatkan warga masyarakat, termasuk kelompok tani yang ada di sekitar wilayah kerja PJT1.

“Kegiatan ini, sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan. PJT1 secara berkala melakukan kegiatan penghijauan, di area perbukitan yang  berdekatan dengan Sungai Asahan,”jelas Ario.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lanjutnya, selain untuk melestarikan lingkungan, kegiatan penghijauan ini juga sebagai salah satu pengendalian sendimen yang masuk ke Sungai Sigordang. Dan saat ini, kita melakukan pengerukan di muara Sungai Sigordang, katanya.

“Selain Sungai Bolon dan Sungai Mandosi, Sungai Sigordang juga sebagai salah satu penyumbang sendimen terbesar, di area hulu dengan jutaan sendimen yang masuk ke Sungai Asahan, terutama di saat musim hujan,”sebut Ario.

Ditambahkan Ario, dengan diberikan bibit tanaman berbuah ini, Kelompok Tani Saoloan dan Kelompok Tani Ganda diharapkan dapat merawat tanaman hingga tumbuh subur dan dapat merasakan hasil dari tanaman tersebut.

“Selain untuk upaya pelestarian lingkungan, program ini kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat petani Desa Sigordang,” tutup Ario.

Kepala Desa Sigordang, Donny  Marpaung, mengucapkan terima kasih kepada PJT 1 atas program penghijauan yang melibatkan kelompok tani milik masyarakat Desa Sigordang.

“Program seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat, karena selain dapat melestarikan lingkungan, buah tanaman ini juga nantinya dapat dipanen, sehingga perekonomian petani di desa kami bisa terbantu,” ucap Donny Marpaung.

 

(Aldy Sitorus)

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Terkait Bantuan Bencana di Desa Simangulampe, Berikut Penjelasan Kadis Sosial Humbahas

Humbahas, Ruangpers.com  - Terkait bantuan bencana di Desa Simangulampe yang katanya belum dibagikan kepada masyarakat…

2 jam ago

Polres Pematangsiantar Hadiri Penanaman Pohon di Waduk Simarimbun Perumda

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK diwakili Kasat Binmas, AKP…

3 jam ago

Main Futsal Berujung Pengeroyokan, Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Orang Pelaku

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan berhasil mengamankan dua pelaku penganiayaan secara bersama - sama…

3 jam ago

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

10 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

10 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

10 jam ago