Pariwisata

Wisata Paropo: Lokasi, Tiket Masuk, dan Rute Perjalanan

Medan, Ruangpers.com – Danau Toba adalah pesona di Indonesia yang tidak ada habisnya. Mulai dari sudut hingga ke sudut lainnya mengadirkan keindahan tersendiri.

Salah satu bagian yang bisa detikers kunjungi adalah Pantai Paropo, Silalahi. Daya tarik utama yang disajikan di sini adalah berbagai macam aktifitasnya. Sehingga tidak ada yang percaya bahwasannya Pantai Rapopo berada di atas ketinggian.

Mengenal Paropo Silalahi

Paropo merupakan suatu desa kecil yang memiliki keindahan. Letaknya yang berdekatan dengan Danau Toba, tempat ini paling tepat untuk menikmati Danau Toba.

Dilansir dari jurnal Strategi Pengembangan Objek Wisata Alam Pantai Paropo Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi, karya Sanggam B Sihombing. Objek wisata alam pantai Paropo merupakan objek wisata alam yang populer di kalangan masyarakat. Objek wisata Paropo ini memiliki ciri khas yang memiliki pulau kecil yang hanya berjarak 5 meter.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain dari keindahan yang ditawarkan, di Pantai Paropo juga menyimpan nilai budaya masyarakat. Mayoritas penduduk di Silalahisabungan adalah suku Batak Toba, dimana di Kecamatan Silalahisabungan memiliki situs budaya yang merupakan Tugu Silahisabungan yang berdekatan dengan objek wisata alam Pantai Paropo.

Setiap tahunnya pesta Tugu Silahisabungan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini pun menjadi daya tarik di kawasan objek wisata Pantai Paropo yang membuat dampk positif bagi pariwisata Kecamatan Silahisabungan.

Jika berkunjung ke lokasi objek wisata alam Pantai Paropo maka akan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5000 – Rp. 10.000 untuk parkir Sepeda Motor, Rp. 10.000 – Rp. 20.000 untuk parkir Kendaraan beroda empat. Sewa tempat mengeluarkan biaya Rp. 30.000 per satu tempat dan hari libur akan dikenakan biaya Rp. 50.000.

Waktu dan Rute ke Paropo

Pantai Paropo terletak di Silalahisabungan, Paropo I, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Dari Bandara Kualanamu menuju ke objek Wisata ini kurang lebih 135 Km. Dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam 53 menit.

1.Dari Medan – Berastagi – Kabanjahe – Merek – Tongging – Paropo dengan jarak tempuh 112 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 4 jam perjalanan.

2.Dari Sidikalang – Sumbul – Silalahi – Paropo dengan jarak tempuh 46 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit.

3.Dari Parapat – Tiga Ras – Seribudolok – Tongging – Paropo dengan jarak tempuh 94 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 30 menit.

4.Dari Samosir – Pangururan – Tanah Ponggol – Tele – Sumbul Silalahi – Paropo dengan jarak tempuh 102 Km dan dapat ditempuh dalam waktu 3 jam 40 menit.

 

Sumber : detik.com

 

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Road Show Da’i Cilik TVRI & Hafiz Al-Qur’an Alumni 2019 RCTI Tampil di Nagori Bah Tobu

Simalungun, Ruangpers.com – Road Show Da'i Cilik TVRI & Hafiz Al-Qur'an Alumni 2019 RCTI, tampil…

13 jam ago

Bupati Agus Istiqlal Bantu Alat Berat, Warga Pekon Way Nukak Gotong Royong Perbaiki Bendungan

Pesisir Barat, Ruangpers.com - Setelah rusak dan jebol akibat diterjang banjir beberapa waktu lalu, Peratin…

13 jam ago

Nyolong Sepeda Motor di Jalan Kartini, Pelakunya Ditangkap Sat Reskrim Polres Pematangsiantar dari Panombean Pane

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Pematangsiantar melalui Tim Opsnal Unit Reskrim…

14 jam ago

Sat Lantas Polres Simalungun Gelar Pelatihan dan Pembinaan Patroli Keamanan Sekolah

Simalungun, Ruangpers.com - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Simalungun mengadakan "Pelatihan dan Pembinaan Patroli…

23 jam ago

Alasan Pria Tewas Dibunuh 3 Penjaga Malam Pasar Induk Medan

Medan, Ruangpers.com - Polisi telah menetapkan tiga tersangka terkait pembunuhan Safril Ginting yang ditemukan tewas…

23 jam ago

Rumah Warga di Taput Tertimbun Longsor, 1 Balita Tewas

Tapanuli Utara, Ruangpers.com - Rumah seorang warga tertimbun tanah longsor di Dusun Lumban Jurjur, Desa…

23 jam ago