Internasional

5 Penemuan Arkeologi yang Paling Mengerikan, Salah Satunya Penemuan Mumi

Jakarta, Ruangpers.com- Apa penemuan arkeologi paling mengerikan yang kamu tahu? Dalam arkeologi, mungkin sudah sering menemukan benda-benda menyeramkan seperti makam maupun tulang tengkorak manusia.

Namun, beberapa penemuan melukiskan gambaran yang sangat mengerikan tentang kehidupan dan kematian di masa lalu. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah deretan penemuan arkeologi yang paling mengerikan.

1.Selokan Makam Bayi di Israel

Sekelompok arkeolog melakukan penggalian di sebuah tempat pemandian zaman Romawi Bizantium di Kota Ashkelon, Israel. Mereka melakukan penggalian hingga menemukan sebuah selokan yang diyakini dulunya merupakan tempat untuk membuang mayat bayi yang baru lahir. Di dalam selokan kuno tersebut peneliti menemukan hampir seratus tengkorak bayi. Berdasarkan penelitian lebih lanjut diketahui bahwa sebagian besar tulang-tulang tersebut berasal dari bayi laki-laki.

2.Pemakaman ‘Vampir’ Polandia

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mengutip Live Science, antara tahun 1600-1700–an di Polandia, beberapa orang dikubur dengan sabit diletakkan di leher mereka atau batu yang dijepit di bawah dagu mereka. Ini merupakan bentuk tindakan pencegahan yang bertujuan mencegah orang mati bangkit kembali sebagai vampir. Dimana menurut penduduk setempat, akan kembali untuk menghisap darah teman dan keluarga.

Pada tahun 2014, para peneliti menemukan bahwa “penguburan vampir” di pemakaman Drawkso di Polandia adalah mayat penduduk setempat yang tidak meninggal karena trauma. Mereka kemungkinan adalah korban epidemi kolera yang akan menjatuhkan mereka dengan cepat, kata para peneliti kepada Live Science.

3.Perang Kimia Kuno

Selama pengepungan kota Dura di Suriah yang dikuasai Romawi, tentara Persia menggali terowongan di bawah tembok kota dalam upaya untuk merusaknya. Romawi membalas dengan menggali terowongan mereka sendiri dalam upaya untuk menghadang Persia.

Tetapi orang Persia mendengar mereka datang, dan beberapa arkeolog berpikir bahwa mereka telah menyiapkan jebakan yang mengerikan: Awan asap petrokimia berbahaya yang akan mengubah paru-paru orang Romawi menjadi asam .

Terowongan itu digali pada 1920-an dan 1930-an, dan sekarang telah dikubur kembali. Tetapi beberapa arkeolog modern berpikir penempatan kerangka dan keberadaan kristal belerang dan bitumen menunjukkan perang kimia. Gas yang tersedak akan seperti “asap neraka,” kata arkeolog Simon James dari University of Leicester.

4.Neanderthal Kanibal

Seorang arkeolog bernama Karen Hardy menemukan sebuah gua di Spanyol dimana di dalam gua tersebut terdapat kerangka spesies manusia purba Neanderthal. Penemuan ini sempat menghebohkan lantaran tulang-tulang yang ditemukan tersebut menunjukkan tanda-tanda kanibalisme.

5.Mumi yang Menjerit

Penemuan arkeologi paling mengerikan berikutnya adalah penemuan mumi menjerit. Penemuan ini terjadi pada 1886 oleh Kepala Dinas Kepurbakalaan Mesir, Gaston Maspero.

Kala itu, Maspero menemukan sebuah mumi yang nampak seolah-olah sedang berteriak dengan wajah memandang ke arahnya.

Melihat dari tangan dan kaki yang terikat, serta ekspresi wajah yang seperti tersiksa, para ahli kemudian menyimpulkan bahwa mumi tersebut kemungkinan meninggal karena diracuni, dikubur hidup-hidup atau disiksa hingga meninggal dunia. Itulah beberapa penemuan arkeologi paling mengerikan. Menurutmu, mana yang paling menakutkan?

 

Sumber : iNews.id

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Pria Warga Batubara Diduga Pencuri HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan - Polres Pematangsiantar melalui Unit Reskrim mengamankan dua orang…

6 jam ago

Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar di Lokasi Rawan Kriminal, Ini Tujuannya

Simalungun, Ruangpers.com – Menjelang akhir pekan, Polres Simalungun menggelar operasi Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) pada…

6 jam ago

Heboh Kamaruddin Cekcok dengan Pecatan Polisi Pembacok Warga di Deli Serdang

Deli Serdang, Ruangpers.com - Satu video yang memperlihatkan pengacara Kamaruddin Simanjuntak terlibat cekcok dengan Kamiso…

6 jam ago

Penilaian EPSS Tahun 2024 di Humbahas, Penyusunan Profil Kesehatan dan ASN

Humbahas, Ruangpers.com - Penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024 dilakukan pada 2 (dua)…

10 jam ago

Wisata Air Terjun Silima-lima: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiketnya

Tapanuli Selatan, Ruangpers.com - Terdapat banyak wisata alam yang bisa dikunjungi di Kabupaten Tapanuli Selatan,…

10 jam ago

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

1 hari ago