Olahraga

Bawa Italia Juara Eropa, Roberto Mancini Pernah Dipermalukan di Stadion Teladan Medan

Jakarta, Ruangpers.com – Pelatih Timnas Italia yang sukses membawa negaranya juara Euro 2020, Roberto Mancini, ternyata punya kenangan di Medan, Sumatera Utara. Mancio –sapaan akrab Roberto Mancini– pernah bermain dan kalah di sana saat bertanding melawan atas Timnas Indonesia

Momen tersebut terukir pada 1996 silam. Mancini yang saat itu berstatus sebagai kapten Sampdoria berkunjung ke Tanah Air untuk sebuah laga eksibisi.

Mancio dan rekan-rekan menghadapi Timnas Senior Indonesia di Stadion Teladan, Medan, tepatnya pada 6 Juni 1996. Mancini sendiri sebagai pemain sudah cukup matang, dengan usianya sudah 32 tahun kala itu.

Sebelum kick-off laga persahabatan ini, tampak momen Mancini bersalaman dengan kapten Timnas Indonesia, Fakhri Husaini.

Foto tersebut sempat diunggah Fakhri –yang kini aktif sebagai pelatih dan sempat menukangi Timnas Indonesia level usia– pada 2018 lalu di Instagram.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“22 tahun lalu di Stadion Teladan Medan, tepatnya 6 Juni 1996 bersama Roberto Mancini kapten tim Sampdoria,” tulis Fakhri Husaini saat itu.

Roberto Mancini (kanan) saat menjadi kapten Sampdoria dalam laga eksibisi menghadapi Timnas Indonesia di Stadion Teladan, Medan, 6 Juni 1996. [dok. Digtara]
Di luar dugaan, Sampdoria yang dibesut pelatih legendaris Swedia, Sven Goran Eriksson kewalahan menghadapi permainan Timnas Indonesia kala itu. Skuad Garuda bahkan akhirnya bisa menang dengan skor 2-1.

Dua gol kemenangan timnas senior dicetak mendiang Eri Irianto pada menit ke-45 serta Peri Sandria (65′). Tim Garuda berhasil memanfaatkan dukungan penuh suporter di Stadion Teladan untuk membungkam Mancini dan kawan-kawan.

Terlepas dari hal tersebut, Mancini dulunya merupakan seorang penyerang andal, yang juga fasih bermain sebagai gelandang serang.

Dia sukses mengukir segudang prestasi sebagai pemain. Pria berusia 56 tahun itu pernah merasakan nikmatnya gelar juara Liga Italia bersama Sampdoria dan Lazio.

Mancini memutuskan gantung sepatu pada 2001 dan lantas melanjutkan karier di dunia allenatore. Well, kiprahnya di dunia kepelatihan tak kalah mentereng. Mancini sukses merengkuh Scudetto saat menukangi Inter Milan.

Mancini juga mencium trofi Liga Inggris bareng Manchester City. Teranyar, pelatih berpenampilan necis itu mengantarkan negaranya menjuarai Euro 2020.

 

Sumber: www.digtara.com/suara.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

5 jam ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

5 jam ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

6 jam ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

16 jam ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

16 jam ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

23 jam ago