Nasional

Luhut Ungkap Alasan PPKM Darurat Diperpanjang Sampai 25 Juli

Jakarta, Ruangpers.com – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan meski PPKM Darurat diperpanjang sampai 25 Juli, kasus COVID-19 di Tanah Air sudah mengalami penurunan. Dia mengajak untuk optimis di tengah pandemi COVID-19.

“Kita harus optimis bahwa pemerintah me-manage di tengah-tengah kesulitan ini kita masih bisa menavigasi, apakah semua perubahan sempurna? Berkali-kali saya tekankan tidak. Tetapi kita harus optimis,” kata Luhut dalam acara salah satu stasiun TV, Selasa (20/7/2021).

Luhut memperkirakan jika PPKM Darurat dilakukan dengan baik banyak kabupaten hingga daerah yang sebelumnya level 4 akan menjadi level 3. Luhut mengungkap sebenarnya saat ini sudah banyak yang levelnya menurun.

“Ramalan kami sementara itu akan banyak daerah di Jawa-Bali yang level 4 menjadi level 3 bahkan level 2, di Jawa aja banyak yang sudah level 2, kita nggak mungkin kita umumkan nanti akan naik lagi. Gubernurnya saja kami bisikin, ‘ohh kamu sudah bagus, tapi prokes tetap'” ujar Luhut.

Alasan mengapa PPKM Darurat diperpanjang, Luhut mencontohkan negara tetangga yang pernah melakukan pembatasan dan langsung dilonggarkan itu membuat kasus melonjak kembali.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pengalaman di India, Malaysia, di mana mana lagi, dibuka langsung naik. Varian Delta ini kan tujuh kali lebih dahsyat daripada Alpha, Presiden mengingatkan kami agar lebih hati-hati,” ungkap Luhut.

Untuk itu pemerintah tidak langsung melonggarkan PPKM Darurat. Kini meski diperpanjang, Luhut mengungkap banyak yang menjadi perhatian pemerintah seperti pedagang kaki lima hingga pasar-pasar tradisional sudah diperbolehkan dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Ketersediaan tempat tidur juga akan ditingkatkan

Kemudian, Luhut mengatakan pemerintah akan terus meningkatkan testing, tracing, dan treatment untuk memutus klaster keluarga. Dia mengungkap pemerintah sudah menyiapkan tambahan tempat karantina.

“PKL pasar tradisional tetap buka, tetapi protokol kesehatan harus jalan, sementara itu testing, tracing, dan treatment, kita akan siapkan rumah-rumah untuk karantina, kalau kita testing dan itu positif akan langsung dimasuk karantina lalu kita urus dan keluarganya juga kita urus, untuk memutus penularan keluarga,” kata Luhut.

Kemudian, vaksinasi juga akan digenjot, dengan target bulan ini bisa dekat 30 juta. Pada Agustus, ditargetkan bisa lebih 50 juta vaksinasi.

“Jadi untuk Agustus, September, Oktober feel very comfortable lah,” imbuhnya

Luhut juga mengaku juga sedih karena tidak bisa mengurangi angka kematian COVID-19. Dia mengaku hal itu berat untuknya karena termasuk moral.

“Saya emosi karena saya nggak bisa mengurangi banyak orang meninggal karena situasi ini. Ini berat untuk saya,” pungkas Luhut.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Kasus Perkelahian Berakhir di Polsek Siantar Utara dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara melalui Ka. SPKT, AIPTU Abiden Manurung bersama Bhabinkamtibmas, AIPDA…

2 jam ago

Sepeda Motor Vega R Tabrakan dengan Angkutan Umum di Simpang Jalan Surabaya Siantar, 1 Orang Meninggal Dunia

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui Unit Gakkum Sat Lantas lakukan olah Tempat Kejadian Perkara…

2 jam ago

Bhabinkamtibmas Polsek Siantar Martoba Selesaikan Perkara Selisih Paham Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba - Polres Pematangsiantar melalui Ka. SPKT dan Bhabinkamtibmas Kelurahan…

2 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Pria Warga Batubara Diduga Pencuri HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan - Polres Pematangsiantar melalui Unit Reskrim mengamankan dua orang…

11 jam ago

Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar di Lokasi Rawan Kriminal, Ini Tujuannya

Simalungun, Ruangpers.com – Menjelang akhir pekan, Polres Simalungun menggelar operasi Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) pada…

11 jam ago

Heboh Kamaruddin Cekcok dengan Pecatan Polisi Pembacok Warga di Deli Serdang

Deli Serdang, Ruangpers.com - Satu video yang memperlihatkan pengacara Kamaruddin Simanjuntak terlibat cekcok dengan Kamiso…

11 jam ago