Internasional

Disewa Empat Perusahaan, Teka-teki Siapa Para Pembunuh Presiden Haiti Mulai Terkuak

Jakarta, Ruangpers.com – Teka-teki siapa sebenarnya latar belakang para tersangka pembunuh Presiden Haiti Jovenel Moise mulai terkuak. Sang presiden negara termiskin di Benua Amerika itu terbunuh secara keji oleh serangan pada dini hari yang mencekam.

Bak aksi di film laga, sekelompok orang bersenjata merangsek menyerang kediaman Presiden Haiti Jovenel Moise. Sang presiden tewas dalam serangan itu, sementara ibu negara juga terluka, dan kini dirawat di sebuah rumah sakit.

Aparat keamanan dan kepolisian di Haiti langsung menggelar operasi besar-besaran. Menangkap sejumlah orang, dan beberapa di antaranya tewas tak sampai 24 jam dari insiden serangan di kediaman presiden.

Melansir laman VOA Indonesia, perincian baru telah muncul mengenai para tersangka pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise.

Di antara mereka yang ditahan adalah dua warga Amerika Serikat (AS) keturunan Haiti. Salah seorang di antaranya pernah bekerja bersama aktor AS Sean Penn pasca gempa bumi 2010 yang menghancurkan di negara itu.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Presiden Haiti Jovenel Moise. (CHANDAN KHANNA/AFP)

Polisi Haiti juga telah menahan atau menewaskan belasan bekas anggota militer Kolombia.

Sebagian tersangka ditangkap dalam sebuah penyerbuan di Kedutaan Taiwan di mana mereka diduga mengajukan suaka. Kepala Kepolisian Nasional Léon Charles mengatakan delapan tersangka lain masih buron.

Para pejabat Kolombia telah mengatakan para laki-laki itu direkrut oleh empat perusahaan dan datang ke Haiti lewat Republik Dominika.

Para tentara Kolombia yang pernah dilatih AS seringkali direkrut oleh perusahaan-perusahaan keamanan dan tentara bayaran di zona konflik karena pengalaman mereka dalam perang puluhan tahun melawan para pemberontak dan kartel narkoba.

Belum diketahui siapa yang mendalangi serangan itu. Dan belum diketahui bagaimana para pelaku bisa menembus kediaman presiden dengan berpura-pura sebagai agen-agen Badan Pemberantasan Narkoba AS.

 

Sumber : Suara.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Serahkan Bantuan Beasiswa, Ini Pesan Bupati Pakpak Bharat

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, menyerahkan bantuan beasiswa bagi Mahasiswa…

1 jam ago

Ini Kata Bupati Simalungun Saat Hadiri Paskah Oikumene

Simalungun, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar perayaan Paskah Oikumene Tahun 2024, di halaman…

2 jam ago

Polres Pematangsiantar Tangkap 3 Orang Pelaku Pencuri Kabel Listrik

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar amankan tiga pelaku pencurian kabel listrik Gardu PLN No. S62,…

3 jam ago

Polres Pematangsiantar Tangkap Pelaku Pencurian Berangkas Uang dan Perhiasan dari Jalan Volly

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kurang dari 1x24 jam, tepatnya Jumat (12/4/2024), sekitar pukul 21.30 WIB, Tim…

3 jam ago

Sat Reskrim Polres Pematangsiantar Amankan Pelaku Cabul Siswi SMP

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Unit Sat Reskrim Polres Pematangsiantar berhasil amankan pelaku cabul siswi SMP, sebut…

3 jam ago

Heboh Penemuan Mayat di Gudang Bengkel Mobil, Polsek Siantar Utara Turun Tangan

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolsek Siantar Utara, AKP Herli D.Damanik SH, pimpin olah Tempat Kejadian Perkara…

3 jam ago