Nasional

Hari Anak Nasional 2021, Megawati Beri PR: Dari Mana Asal Kodok?

Jakarta, Ruangpers.com – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri turut memberikan pesan dalam peringatan Hari Anak Nasional 2021. Ia berpesan anak sebagai generasi penerus bangsa harus tumbuh sehat dan rajin belajar.

“Apa kabar anak-anakku yang kusayangi. Pada peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, saya ingin menyampaikan bahwa anak-anak Indonesia adalah generasi penerus bangsa,” kata Megawati dalam acara yang disiarkan akun YouTube Kementerian PPPA, Jumat (23/7/2021).

“Jadi, anak-anak harus tumbuh sebagai anak-anak sehat dan yang paling utama harus rajin belajar untuk bisa menuntut ilmu dengan selalu riang dan gembira,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Megawati juga memberikan pekerjaan rumah atau PR bagi anak-anak di Indonesia.

Megawati memberikan PR agar anak-anak diminta mencari tahu mengenai asal mula terciptanya kodok dan kupu-kupu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Ibu ingin bertanya, nanti ini PR, dari mana kah asal kodok? Dari mana kah asal kupu-kupu? Banyak anak sekarang tidak mengetahui, jadi itu PR ya dari ibu,” kata Megawati.

Alasannya memberikan PR karena merasa prihatin saat melihat banyak anak malas mengerjakan tugas.

Padahal, tugas-tugas itu sangat penting untuk memacu semangat anak dalam dunia pendidikan agar tidak bodoh.

“Ibu juga pernah jadi anak-anak, ibu juga pernah malas, aduh yang namanya PR kok bertumpuk ya? Tapi ibu punya fighting spirit,” beber Megawati.

“Saya tidak mau jadi bodoh, makanya ada yang menggugah dari badan sendiri. Oh saya enggak mau malas supaya pintar, tidak mau sama anak-anak lain saya kalah,” lanjutnya.

Karena itu, Megawati menginginkan anak-anak untuk selalu mencari pengetahuan di mana pun. Ia mengingatkan agar tidak hanya terpaku pada pelajaran-pelajaran di sekolah.

“Jangan sekali-kali terpaku pada pelajaran formal di sekolah. Kita bisa melihat guru yang paling baik adalah alam semesta, coba saja anak-anak jalan-jalan saja kalau sudah selesai belajar, kita bisa bertemu capung, bertemu kodok, bertemu taman air,” jelas Megawati.

Lebih lanjut putri Presiden RI pertama Soekarno ini menceritakan memiliki anak-anak asuh. Mereka semua dididik untuk bisa mengembangkan otaknya sehingga bisa menyelesaikan pendidikan dengan gelar memuaskan.

“Ibu sering membantu anak-anak untuk menjadi anak asuh. Ibu selalu berkeinginan IQ-nya harus tinggi. Jadi manusia itu harus bisa mengembangkan otaknya dengan baik,” pesan Megawati.

“Sehingga kalau anak-anak itu IP-nya 3, maka ibu jadikan mereka adalah anak-anak asuh ibu dan semuanya rata-rata berhasil mendapatkan gelar,” lanjutnya.

Megawati pun berpesan agar anak-anak selalu percaya diri dan tidak rendah diri. Menurutnya, aspek tersebut dapat menjadikan sang anak menjadi seseorang yang berguna.

“Perkuatlah rasa percaya diri karena bangga dengan jati diri dan kebudayaan bangsamu, itulah yang akan juga mengangkat kamu menjadi seseorang yang berguna,” pesan Megawati.

“Jangan kita mau, atau menjadi rendah diri kalau ayah atau ibu kita petani, jadilah kamu insinyur pertanian. Itu sebenarnya kemauan ibu.”

 

Sumber : Suara.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Viral Warga di Labuhanbatu Aksi Kubur Diri Tolak PKS Beroperasi

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Satu video yang menunjukkan warga di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menggelar…

5 jam ago

Viral Aksi Heroik Driver Ojol Tangkap Pencuri Motor di Medan, Pelaku Dihajar Massa

Medan, Ruangpers.com – Video aksi heroik seorang pengemudi ojek online (ojol) di Kota Medan menangkap…

5 jam ago

Bus Pariwisata Tabrak 4 Pejalan Kaki di Toba, 2 Orang Tewas

Toba, Ruangpers.com - Satu bus pariwisata menabrak empat pejalan kaki di Kabupaten Toba, Sumatera Utara…

6 jam ago

Bupati Humbahas Sosialisasi Pengembangan Food Estate dan TSTH2

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, mensosialisasikan pengembangan Food Estate dan Taman…

6 jam ago

Pemkab Pakpak Bharat Serahkan Terima Hibah Pembangunan Jalan Aornakan-Pagianda-Watas NAD

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Kepala Dinas  Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan (PUTR) Kabupaten Pakpak…

14 jam ago

Pakpak Bharat Raih WTP dari BPK atas Capaian Laporan Hasil Keuangan Tahun 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat meraih Opini "Wajar Tanpa Pengecualian" (WTP) dari…

14 jam ago