Nasional

Heli Penyelamat Kapolda Jambi Terbang Mutar-mutar 2 Jam Di Langit Kerinci, Lalu Pulang Lagi

Jakarta, Ruangpers.com – Memasuki hari ketiga, korban kecelakaan helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono masih terkendala halangan kabut tebal. Tak hanya itu tutupan rerimbunan hutan juga menjadi kendala tersendiri.

Mabes Polri mengungkapkan, pada Selasa (21/2/2023) pagi, diterbangkan empat helikopter penyelamat untuk proses evakuasi. Di tiap heli membawa satu dokter.

Namun setelah terbang berputar-putar selama dua jam lebih di lokasi kecelakaan helikopter Kapolda Jambi, keempat heli terpaksa pulang lagi karena gangguan kabut tebal.

Menurut Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, proses evakuasi pada Selasa pagi ini dilaksanakan dalam dua tahap.

Tahap pertama ada 4 heli terbang pada pukul 7 pagi tadi. Tapi karena situasi kabut cukup pekat, kemudian vegetasi di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) juga rapat, hal ini menjadi kendala.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Sehingga, setelah berputar-putar hampir 2 jam, karena situasi tidak memungkinkan, heli tersebut kembali mendarat untuk mengisi avtur,” ujar Dedi dalam keterangan pers kepada awak media, Selasa (21/2/2023).

Setelah mengisi avtur, pada pukul 09.00 WIB, keempat helikopter itu kembali diterbangkan. Dalam misi kali ini, proses evakuasi dengan prioritas adalah empat korban, yaitu Kapolda, kemudian kapten pilot, kemudian co-pilot dan satu korban lainnya.

“Untuk satu korban lainnya, nantinya tim medis yang ada di TKP yang akan menentukan assessmentnya. Sehingga empat korban ini bisa dievakuasi dengan skala prioritas,” ujar Dedi.

Dedi juga menerangkan, tim yang ada di lokasi kecelakaan helikopter rombongan Kapolda Jambi saat ini berjumlah 26 orang dari sebelumnya 20 orang.

Tim itu terdiri dari Brimob ada 2 orang, TNI 2 orang, Basarnas 2 orang, Polres Kerinci dipimpin langsung oleh Kapolres ada 6 orang, lalu dari kedokteran kepolisian 2 orang dan dari masyarakat komunitas ada 2 orang. Kemudian dari Taman Nasional Kerinci Seblat ada 5 orang.

“Jadi 26 orang ini tugasnya utama medis dulu, penanganan medis dulu yang kita utamakan,” ucap Dedi.

Dedi juga menginformasikan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan akan terbang ke Jambi pada Selasa siang ini.

Kapolri akan turut meninjau langsung proses evakuasi korban kecelakaan helikopter rombongan Kapolda Jambi.

Diketahui, helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dilaporkan mendarat darurat di kawasan hutan di Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci pada Minggu (19/2/2023) siang lalu.

Lokasinya sulit dijangkau karena daerah yang berbukit, lereng terjal serta didominasi rimbunnya hutan. Daerah itu juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

 

Sumber : Suara.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

19 jam ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

20 jam ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

20 jam ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

1 hari ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

1 hari ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

2 hari ago