Pariwisata

Indahnya Kalibiru Warsambin Raja Ampat, Sungai Jernih dengan Legenda Buaya Putih

Jakarta, Ruangpers.com – Sudah menjadi hal umum jika Raja Ampat, Papua Barat memiliki pesona alam menakjubkan.

Tidak hanya ada gugusan pulau, di sini ternyata juga tersimpan surga tersembunyi, yaitu sungai jernih berwarna kebiruan. Wisata air Indonesia memang tak pernah ada habisnya.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak perairan indah yang bisa dijelajahi mulai dari laut, pantai, danau, bahkan sungai.

Satu kawasan wisata air yang tak boleh dilewatkan adalah Kalibiru Warsambin di Raja Ampat. Sungai yang terletak di pedalaman hutan Kampung Wasandim, Teluk Mayalibit ini memiliki air sebiru kristal yang memerlihatkan bebatuan dasar sungai tanpa perlu menyelam.

Menurut situs Direktori Pariwisata Raja Ampat, sungai ini memiliki kedalaman 5 meter lebih dengan arus yang cukup tenang. Meski sering terpapar sinar matahari, sungai ini sangat menyejukkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan suhu 10-20 derajat celcius, air dari sungai ini bisa langsung diminum karena berasal dari sumber mata air pegunungan.

Sungai ini baru dibuka untuk wisatawan yang ingin berenang pada 2016. Dengan protokol ketat yang tak memperbolehkan berenang lebih dari 30 menit, menghindari produk-produk perawatan kulit sebelum berenang, dan harus membersihkan diri di toilet, Kalibiru Warsambin sangat dijaga kelestariannya.

Bagi suku Mayalibit, Kalibiru adalah tempat yang sakral. Legendanya, dahulu kala sungai ini sering dipakai berendam oleh para prajurit yang ingin berperang untuk menambah kekuatan.

Selain itu, ada juga legenda buaya putih yang bisa muncul jika ada yang melanggar hukum adat. Maka dari itu, wisatawan dilarang berenang mendekati beberapa tempat sakral seperti mata air yang berada di sekitar Kalibiru.

Kalibiru bisa dicapai menggunakan speedboat dari Waisai, ibu kota Raja Ampat, dalam waktu satu jam.

Setelah trekking selama kurang lebih 30 menit dari tempat kapal berhenti, wisatawan akan menemukan jalan masuk ke Kalibiru yang biaya masuknya sebesar Rp100.000 sampai Rp250.000 per orang. Tertarik di tempat eksotis ini?

 

Sumber : iNews.id

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polsek Dolok Panribuan Evakuasi Jasad Harapan Gultom yang Meninggal Saat Memancing di Sungai Aekpogos

Simalungun, Ruangpers.com - Tragedi menimpa Harapan Gultom, seorang petani berusia 52 tahun yang ditemukan meninggal,…

4 jam ago

Seluruh Personel Polres Simalungun Mendadak Tes Urine, Ini Hasilnya !

Simalungun, Ruangpers.com - Dalam upaya pemberantasan dan pencegahan penggunaan narkoba di lingkungan kepolisian, Kapolres Simalungun,…

5 jam ago

Bupati Pakpak Bharat Sampaikan Nota Pengantar LKPJ TA 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, menyampaikan pidato Nota Pengantar Laporan…

5 jam ago

Bupati Humbahas Buka Konsultasi Publik Penyusunan Kajian Studi Objek Wisata Seribu Goa

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili Asisten Administrasi Umum,…

7 jam ago

Sadisnya Pria Beristri di Madina Gorok Leher-Buang Mayat Pacar ke Sungai

Mandailing Natal, Ruangpers.com - Seorang pria yang telah beristri di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera…

8 jam ago

IPTU Hasudungan Manurung Purnabakti, Kapolres Simalungun Bilang Begini

Simalungun, Ruangpers.com - Polres Simalungun menggelar upacara pelepasan purnabakti untuk IPTU Hasudungan Manurung yang telah…

9 jam ago