Sumut

IPTU Hasudungan Manurung Purnabakti, Kapolres Simalungun Bilang Begini

Simalungun, Ruangpers.com – Polres Simalungun menggelar upacara pelepasan purnabakti untuk IPTU Hasudungan Manurung yang telah mengabdikan diri selama lebih dari 37 tahun di Kepolisian Republik Indonesia.

Upacara penuh haru ini, berlangsung pada Senin (29/4/2024), di Lapangan Apel Mako Polres Simalungun yang berlokasi di Jl. Jhon Horailam Saragih, Pematang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, dimulai pukul 08.00 WIB.

Upacara ini dipimpin Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., dan dihadiri seluruh unit kepemimpinan Polres, termasuk Wakapolres Simalungun, Kompol Hendrik Situmorang, M.M, serta para Kepala Bagian dan Kasat.

Protokol upacara diikuti dengan disiplin tinggi, dimulai dari pembentukan barisan, penghormatan pasukan, hingga pembacaan keputusan dan penyerahan cenderamata.

Upacara pelepasan purnabakti yang berlangsung dengan khidmat dan penuh empati itu diisi dengan amanat penting dari Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan suara yang penuh pengharapan, beliau membuka sambutannya dengan mengucap syukur atas nikmat kesehatan dan kesempatan yang diberikan untuk mengadakan upacara tersebut.

“Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberikan kesehatan dan kemampuan, sehingga dapat mengikuti upacara pelepasan pengakhiran dinas personel di lingkungan Polres Simalungun,”ujarnya.

Inti sambutannya, AKBP Choky Sentosa Meliala menonjolkan pengabdian IPTU Hasudungan Manurung, Kanit Bhabinkamtibmas Sat Binmas Polres Simalungun, yang telah mengabdi sebagai anggota Polri selama 37 tahun 6 bulan, sejak diangkat menjadi anggota Polri, pada 21 Oktober 1986.

“Atas nama pimpinan dan pribadi, saya menyampaikan penghargaan yang tulus serta ungkapan rasa hormat yang tinggi kepada Bapak yang telah memasuki masa purnabakti atas dedikasi dan kinerja serta darma bhaktinya kepada bangsa dan negara,” ujar AKBP Choky.

Kapolres juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga yang telah mendukung penuh selama bertugas.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada istri dan keluarga yang telah setia mendampingi dan menemani bhayangkaranya dalam susah dan senang selama berdinas di Polri khususnya pada Polres Simalungun,”lanjut Kapolres.

Mengakhiri amanatnya, AKBP Choky mengajak seluruh personel Polres untuk terus memelihara dan meningkatkan hubungan kemitraan dengan komunitas setempat dan stakeholder lainnya dalam menciptakan keamanan dan ketertiban yang mantap di Kabupaten Simalungun.

“Demikian amanat saya, mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa membimbing dan melindungi kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” pungkas Kapolres.

Puncak acara terjadi saat IPTU Hasudungan Manurung dipersilahkan mengambil tempat untuk memberikan laporan dan menerima simbol perpindahan status menjadi purnabakti.

Kapolres Simalungun dalam amanatnya menekankan pentingnya dedikasi dan loyalitas dalam dinas kepolisian yang telah ditunjukkan oleh IPTU H. Manurung selama hampir empat dekade.

“Pengabdian IPTU Hasudungan Manurung selama 37 tahun lebih dalam anggota kepolisian adalah bukti nyata dedikasi yang tidak tergoyahkan terhadap tugas dan tanggung jawabnya,” ujar AKBP Choky Sentosa Meliala.

Beliau juga mengingatkan peserta upacara tentang pentingnya membawa semangat yang sama dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Upacara diakhiri dengan doa bersama serta pidato perpisahan dari IPTU Hasudungan Manurung yang penuh haru, diikuti penghormatan pasukan sebagai bentuk kehormatan terakhir kepada perwira yang purnabakti tersebut. Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen pelepasan namun juga sebagai sarana refleksi dan penghargaan atas pengabdian yang sudah diberikan oleh personel Polres dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

(rel)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

WN Afrika Selatan Ditemukan Tewas dalam Kamar Hotel di Samosir

Samosir, Ruangpers.com - Pensiunan asal Afrika Selatan berinisial RNH ditemukan tewas di salah satu kamar…

11 jam ago

Duel Kedua di UFC, Jeka Saragih Tantang Westin Wilson

Medan, Ruangpers.com - Petarung UFC asal Indonesia, Jeka Saragih bakal melakoni duel keduanya. Fighter asal…

11 jam ago

Polsek Perdagangan Evakuasi Jasad Purnawirawan TNI yang Meninggal di Pemandian Wisata Alam Indah

Simalungun, Ruangpers.com - Polsek Perdagangan - Polres Simalungun mengevakuasi penemuan jasad seorang pria yang meninggal…

20 jam ago

Beroperasi Besok, Tol Lima Puluh-Kisaran Gratis

Medan, Ruangpers.com - Jalan tol Indrapura-Kisaran seksi Lima Puluh-Kisaran akan beroperasi mulai besok. Untuk sementara…

21 jam ago

Polda Sumut Ungkap 386 Kasus Narkotika Dalam Dua Pekan, Polres Pematangsiantar Sumbang 8 Kasus

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polda Sumut telah mengungkap 386 kasus narkotika dalam dua pekan terakhir, menunjukkan…

21 jam ago

Kabupaten Humbang Hasundutan Terima Penghargaan Opini WTP 8 Kali Berturut-turut dari BPK

Medan, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) kembali menerima penghargaan atas pencapaian opini…

21 jam ago