Sumut

Inilah Alasan Mengapa Orang Batak Sering Dianggap Galak dan Suka Bicara Keras

Jakarta, Ruangpers.com – Ada beberapa alasan mengapa orang Batak sering dianggap galak dan suka bicara keras. Suku Batak merupakan suku terbesar ketiga di Indonesia setelah Jawa dan Sunda. Suku Batak berasal dari Sumatera Utara. Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak adalah Angkola, Karo, Mandailing, Pakpak/Dairi, Simalungun, dan Toba.

Batak adalah rumpun suku-suku yang mendiami sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Orang Batak memiliki ciri khas tersendiri, terutama ketika berbicara.  Umumnya saat orang Batak berbicara, suaranya keras dan tegas, sehingga kadang dianggap galak oleh kebanyakan orang. Padahal tidak selalu demikian.

Secara umum, orang Batak dikenal baik hati, suka menolong, dan memiliki rasa sosial atau solidaritas tinggi dalam pergaulan.

Mereka juga ramah, meski kadang suaranya dalam bertegur sapa atau berbicara agak lantang. Suara keras orang Batak ketika berbicara bukan karena marah, namun begitu adanya budaya di suku tersebut.

Lantas apa alasannya orang Batak sering dianggap galak dan suka bicara keras? Menurut antropolog Universitas Negeri Medan, Prof. Usman Pelly, alasan orang Batak berbicara keras ada kaitannya dengan kondisi geografis dan lingkungan aslinya di sekitar Danau Toba.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Karena apabila suatu kelompok tinggal berjauhan atau hidup di perladangan yang luas, cara mereka untuk berkomunikasi adalah berbicara dengan nada yang keras. Karakter orang Batak yang dikenal tegas dan berani juga terjadi karena adanya akulturasi budaya dari penduduk multietnik.

“Terjadi take and give, masing-masing memberi juga menerima pada akulturasi itu. Alhasil orang Jawa yang tinggal di Medan juga menjadi lebih terus terang,” tutur Usman.

Lebih dari itu, keagresifan dan perkataan yang blak-blakan itu terjadi karena sejak kecil orang Batak kerap terpapar konflik dan mereka diperbolehkan untuk mengemukakan pendapat.

Dalam artian, adat sejak dulu memberikan kesempatan bagi anak muda untuk bersikap berani dan spontan. Masih menurut Usman, jika sifat orang Batak sebenarnya mudah untuk berteman.

Ketika sudah berteman dengan orang Batak, mereka biasanya akan setia dan bisa diandalkan. Meski orang Batak kerap berterus terang dengan kata-kata yang kasar dan galak, belum tentu niatnya seburuk itu.

 

Sumber : iNews.id

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Anggota DPR Sedih Lihat Alumni IPDN Jadi Ajudan-Bawa Sepatu Bupati

Jakarta, Ruangpers.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang mengungkapkan terdapat sejumlah kepala…

4 jam ago

Terkait Pembebasan Lahan, Bupati Simalungun Lakukan Pertemuan dengan PT Lonsum

Simalungun, Ruangpers.com - Terkait dengan pelepasan lahan di atas lahan HGU (Hak Guna Usaha) PT…

5 jam ago

Pria di Aceh Diciduk saat Lansir 300 Kg Ganja, Ngaku Diupah Rp 50 Ribu Perkilo

Banda Aceh, Ruangpers.com - Seorang pria asal Bener Meriah, Aceh, AM (35) ditangkap polisi karena…

5 jam ago

Emak-emak di Asahan Blokir Jalan, Protes Jalan Rusak dan Berdebu

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga didominasi oleh emak-emak di desa Gedangan, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten…

6 jam ago

Patroli Perintis Presisi Polres Simalungun Berhasil Jaga Keamanan Wilayah dan Kelancaran Persidangan

Simalungun, Ruangpers.com - Satuan Samapta Polres Simalungun melancarkan serangkaian kegiatan patroli dan pengamanan yang bertujuan…

15 jam ago

Pemkab Humbahas, KPPBC TMP C Sibolga dan Polres Sosialisasi Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal

Humbahas, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas), melalui Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja…

16 jam ago