Lintas Provinsi

Kamu Wajib Tahu! Ternyata Ini Asal-Usul Nama Lampung

Bandarlampung, Ruangpers.com – Asal-usul nama Lampung ini wajib kamu ketahui. Nama yang sekarang jadi provinsi di Pulau Sumatera itu ternyata bukan dicetuskan oleh warga asli Lampung. Provinsi Lampung sendiri resmi dilahirkan pada tanggal 18 Maret 1964.

Hal ini diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964.

Sebelum berdiri menjadi provinsi sendiri, Lampung merupakan Karesidenan yang tergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023), ada beberapa versi yang menjadi cikal bakal nama Lampung.

Asal-usul Nama Lampung:

1.Lampung dari kata Lampohwang

Advertisement. Scroll to continue reading.

Nama Lampung disebut berasal dari kata bahasa China Lampohwang. Hal ini diketahui dari buku Zaman Hindu halaman 48 yang ditulis sejarawan asal Belanda Prof Dr Krom.

Dalam tulisannya, Kerajaan Tulangbawang (kini jadi kabupaten) berhubungan dengan kerajaan di China di Kota Kwancou. Kota itu dikenal sebagai lokasi perdagangan yang maju. Banyak pedagang yang pergi ke Kowancou, tak terkecuali dari Indonesia. Sayangnya, Prof Dr Krom tidak memapakran penjelasan apa arti dari kata Lampohwang sehingga berubah jadi Lampung.

2.Lampung dari kata Tiselam dan Tiapung

Dari cerita rakyat yang diceritakan tetua Saibatin, nama Lampung konon didapat dari peristiwan yang terjadi di laut. Kisah berawal ketika nenek moyang dari kelompok Saibatin sedang berlayar. Tujuannya, untuk mencari tanah baru untuk dibangun permukiman. Mereka mencari yang tanahnya lebih subur untuk bertani dan bercocok tanam. Saat belayar di tengah laut, kapal atau perahu yang ditumpangi tiselam (tenggelam) dan tiapung (terapung) karena adanya ombak besar. Dari sinilah, nama Lampung muncul. Diduga, nama itu berasal dari Tiselam dan Tiapung.

3.Lampung dari bahasa Batak Lappung

Nama Lampung berasal dari bahasa Batak Lappung yang berarti besar atau luas. Kisah ini berawal ketika Gunung Merapi di Pulau Andalas utara, (sekarang menjadi Danau Toba) meletus. Saat bencana terjadi, ada orang bernama Ompung Silamponga yang menyelamatkan diri.

Dia kabur menggunakan rakit dan terdampar di daratan. Lantaran penasaran, Ompung pun mencoba memantau situasi dan melihat daerah sekitar. Di sana dia menemukan sungai dengan air jernih. Akhirnya dia memutuskan untuk tinggal di daratan itu. Dia kemudian mulai menjelajah lagi pulau itu.

Dia kemudian masuk ke dalam hutan ternyata setelah memasuki hutan dia melihat gunung. Dia lalu mulai mendaki gunung yang sekarang bernama Gunung Pesagi, Setelah beberapa lama mendaki, dia akhirnya sampai ke puncak.

Dia merasa takjub dengan apa yang dilihat. Matanya melihat ia pemandangan daratan yang begitu luas dan indah. Tanpa sadar dia berteriak Lappung, Lappung, yang dalam Bahasa Batak berarti luas. Kemudian wilayah itu bernama Lampung yang diambil dari kata Lappung. Itulah asal-usul nama Lampung. Sudah tahu kan dari mana nama asalnya.

 

Sumber : iNews.id

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Pemkab Pakpak Bharat Adakan Bimbingan Kepada Para Pencari Kerja Tingkat SMA Sederajat

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melalui Dinas Sosial, melaksanakan penyuluhan dan…

1 jam ago

Pemkab Pakpak Bharat Laksanakan Apel Gabungan Awal Bulan, Ini Pesan Bupati Pakpak Bharat

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melaksanakan apel gabungan…

2 jam ago

Mengantisipasi Praktik Judi Dadu di Nagori Purbatua Baru, Polsek Saribu Dolok Gelar Razia Dini Hari

Simalungun, Ruangpers,com – Pada Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB, tim Kepolisian Sektor Saribu Dolok…

9 jam ago

Alasan Pria Bunuh Abang di Medan Serahkan Diri ke Polisi: Terbayang Wajah Ibu

Medan, Ruangpers.com - Pria di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Gilang Prasetya (21) menyerahkan diri…

9 jam ago

Kebakaran Hebat di Medan, 6 Rumah dan Tempat Kos Hangus

Medan, Ruangpers.com - Kebakaran hebat melanda permukiman di Jalan Brigjen Katamso Gang Bakti, Lingkungan VII,…

9 jam ago

Tampang Nenek di Labuhanbatu yang Ditangkap Jual Sabu

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Seorang nenek di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) berinisial MS alias Bou…

18 jam ago