Olahraga

Kejurda Sprint Rally Sumut Dibuka, Ijeck Tercepat di Kelas M1 dan SC FFA

Deli Serdang, Ruangpers.com – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Sprint Rally Sumut 2023 di Sei Putih PTPN III, Deli Serdang resmi dibuka. Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) yang turut berlomba menjadi yang tercepat di kelas M1 dan SC FFA.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut Harun Mustafa Nasution menyebut Kejurda Sprint Rally Sumut 2023 ini sebagai arena pemanasan bagi pereli untuk menyambut Kejurnas dan seri Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023.

“Kejurda ini kita buat untuk pemanasan bagi rekan-rekan, karena tahun ini akan ada Kejurnas, September akan ada kejuaraan Asia Zone dan pada November, Sumut menjadi tuan rumah salah satu seri kejuaraan APRC 2023,” ucap Harun saat pembukaan rally, Sabtu (18/3/2023).

Harun mengatakan lintasan yang digunakan pada Kejurda ini pernah menjadi bagian dari Spesial Stage (SS) World Rally Championship (WRC) pada tahun 1996 dan 1997. Karena hal itu, Harun menyebut pihaknya bertekad menggelar WRC lagi di Sumut pada tahun 2024.

“Hal ini sudah disampaikan oleh Bapak Musa Rajekshah kepada Presiden, dan Bapak Presiden menyatakan siap mendukung agar WRC bisa hadir lagi di Sumut. Menghadirkan kalender kejuaraan dunia tidak gampang, semoga harapan kita ini bisa tercapai,” sebutnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Harun mengungkapkan Kejurda ini memperebutkan piala Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah. Harun berharap agar pelaksanaan Kejurda ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi lintasan.

“Kalau Bapak Bupati Deli Serdang nanti minta salah satu kejuaraan nasional bisa hadir di sini, mana tahu rekan-tekan dengan kebersamaan nanti bisa kita gelar lagi di sini karena Deli Serdang punya banyak tempat untuk kita laksanakan rally,” katanya.

Wagub Sumut Musa Rajekshah menjelaskan Sprint Rally ini adalah bagian dari kegiatan rally yang memiliki jarak tempuh lebih pendek dari pada speed rally.

“Sprint Rally ini hanya 4 SS, setiap SS hanya sekitar 8 km saja jadi total 32 km, sementara kalau speed rally itu minimal 170 km, pelaksanaannya jauh lebih besar dari ini,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Pembinan IMI Sumut ini juga berharap ke depan bisa dilaksanakan ajang WRC di Sumut. Dia menyebut pihaknya sudah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi agar hal itu dapat terealisasi.

“Kami sudah berkomunikasi kepada Bapak Presiden, event ini bukan hanya semata-mata olahraganya saja tapi juga untuk kemajuan ekonomi kita dan promosi pariwisata, menggerakkan ekonomi bukan saja saat event, tapi harapan kita peluang lain bisa datang, investasi banyak datang ke Sumut,” ujarnya.

Tak mau ketinggalan, Ijeck juga turut meramaikan pertandingan di kelas M1 dengan menunggangi Skoda Fabia R5 bersama Navigatornya M Redwan di bawah tim Bla Bla Bla Motorsport. Putra sulungnya, Musa Arjianshah juga turut meramaikan kelas M1, ada juga rivalnya Dypo Fitramadhan bersama Navigator Cendy Hadi dengan Nissan Micra Proto.

Tak puas, Ia juga mengikuti Kelas SC FFA dengan Jeep Tubular masih dengan Navigator yang sama. Arji juga tak ketinggalan di kelas ini dengan menunggangi UTV CanAm.

Pada kelas M1, Ijeck berhasil menjadi tercepat dengan waktu 03:52.0 di SS1, dan 03:49.1 di SS2 sementara itu Arji tercepat kedua di SS1 dengan waktu 04:02.3 dan di SS2 03:53.9 dan Dypo tercepat ketiga dengan waktu SS1 04:07.9 dan di SS2 04:23.0.

Overall, hari pertama Kejurda. sprint Rally ini, Ijeck menjadi tercepat dengan total waktu 07:41.4 dan Arji peringkat kedua dengan total waktu 07.56.2 dan Dypo dengan total waktu 08:30.9. Dua SS akan dilanjutkan besok, Minggu (19/3/2023) masih di lokasi yang sama.

 

Sumber : detik.com

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Kasus Perkelahian Berakhir di Polsek Siantar Utara dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara melalui Ka. SPKT, AIPTU Abiden Manurung bersama Bhabinkamtibmas, AIPDA…

7 jam ago

Sepeda Motor Vega R Tabrakan dengan Angkutan Umum di Simpang Jalan Surabaya Siantar, 1 Orang Meninggal Dunia

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui Unit Gakkum Sat Lantas lakukan olah Tempat Kejadian Perkara…

8 jam ago

Bhabinkamtibmas Polsek Siantar Martoba Selesaikan Perkara Selisih Paham Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba - Polres Pematangsiantar melalui Ka. SPKT dan Bhabinkamtibmas Kelurahan…

8 jam ago

Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Pria Warga Batubara Diduga Pencuri HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan - Polres Pematangsiantar melalui Unit Reskrim mengamankan dua orang…

17 jam ago

Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar di Lokasi Rawan Kriminal, Ini Tujuannya

Simalungun, Ruangpers.com – Menjelang akhir pekan, Polres Simalungun menggelar operasi Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) pada…

17 jam ago

Heboh Kamaruddin Cekcok dengan Pecatan Polisi Pembacok Warga di Deli Serdang

Deli Serdang, Ruangpers.com - Satu video yang memperlihatkan pengacara Kamaruddin Simanjuntak terlibat cekcok dengan Kamiso…

17 jam ago