Pendidikan

Target 360 Siswa/i Baru Terpenuhi di SMK Negeri 1 Siantar, Kasek Beberkan Program Kerja

Simalungun, Ruangpers.com – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Tahun Ajaran 2021/2022, di SMK Negeri 1 Siantar, yang beralamat di Jalan Sangnawaluh Km.3,5, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, berjalan lancar dan telah memenuhi kuota yaitu sebanyak 360 orang siswa/i.

Hal itu dibenarkan Kepala Sekolah (Kasek) SMK Negeri 1 Siantar, Manuahal Sirait, SPd saat disambangi Ruangpers.com, di ruang kerjanya, pada Rabu siang tadi (14/7/2021).

Dijelaskan, PPDB online resmi dibuka mulai tanggal 3 Juli 2021 hingga 8 Juli 2021 dan kuota di SMK Negeri 1 Siantar sebanyak 360 siswa/i untuk 10 lokal.

Dia juga memberitahukan, bahwa siswa baru umumnya berasal dari Kabupaten Simalungun, namun ada juga dari luar daerah seperti dari Pekanbaru.

Sirait juga menyayangkan, bahwa siswa dari SMP terdekat, malah kalah bersaing masuk ke SMK Negeri 1 Siantar karena nilainya rendah atau kalah dengan calon siswa dari Pekanbaru.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“SMP terdekat banyak kalah bersaing lewat jalur prestasi dengan calon siswa dari Pekanbaru, itu dikarenakan nilai mereka rendah. Kita contohkan, nilai calon siswa dari Pekanbaru 90, sedangkan SMP terdekat hanya 65, makanya mereka kalah bersaing,”ungkapnya.

Sedangkan jurusan yang paling diminati pendaftar yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) atau multi media, beritahunya.

“Dan saat ini, para siswa/i yang telah diumumkan lulus atau diterima di SMK Negeri Siantar, mereka lagi daftar ulang, mulai tanggal 12 Juli 2021 hingga 14 Juli 2021,”katanya.

Nantinya, lanjut Manuahal Sirait, juga akan diadakan orientasi untuk para siswa/i baru dengan cara zoom meeting atau online.

Tujuannya, agar para siswa mengenal sekolahnya dengan baik, dan termasuk guru mereka, jelasnya lagi.

Tak luput, Manuahal juga memberitahukan program kerja kedepan yaitu, wisata industri dan untuk menopang program itu, juga akan dibuka unit produksi yang akan memasarkan produk dan jasa dari sekolah.

Soal wisata industri ini, jelasnya, bahwa masing – masing jurusan akan membawa siswa/i-nya untuk mengunjungi perusahaan sesuai dengan keahlian atau jurusan mereka masing – masing.

Sehingga para siswa/i dapat melihat langsung kondisi lapangan pekerjaan yang akan dihadapinya nanti dan diharapkan dapat membantu para siswa/i untuk mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan setelah lulus nantiya, katanya.

“Nantinya juga, guru tidak ada lagi hanya duduk – duduk karena mereka kita tugaskan untuk mencari perusahaan sebagai mitra sekolah, agar para lulusan SMK Negeri 1 Siantar bisa diberdayakan. Dan penegasan ini, kita sampaikan kepada guru produktif atau guru jurusan,”bebernya.

Sedangkan kepada guru umum seperti Bahasa Indonesia, Agama dan lainnya, kita minta untuk menguatkan para siswa/i dan juga melakukan pendampingan agar para siswa/i tersebut mampu mandiri dengan membuka lapangan pekerjaan nantinya, tambah Sirait.

Manuahal Sirait berharap agar para orang tua, guru dan juga pegawai SMK Negeri 1 Siantar, benar – benar bersinergi untuk mendukung program sekolah agar lulusan SMK Negeri 1 Siantar benar – benar dapat dihandalkan di masyarakat dan mampu membuka lapangan pekerjaan dengan ilmu, keahlian dan pengalaman yang didapat dari sekolah.

 

(red)

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

14 jam ago

Demo Jalan Rusak Tak Digubris, Warga Air Joman Sweeping Kantor Bupati Asahan

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga di Kecamatan Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) merangsek…

14 jam ago

Mobil Tabrak-Seret 3 Pria di Depan Universitas Nommensen Siantar, 2 Tewas

Siantar, Ruangpers.com - Satu mobil menabrak dan menyeret tiga pria di depan Universitas Nommensen Kota…

14 jam ago

Polsek Siantar Utara Selesaikan Kasus Pencurian HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket SPKT Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar, selesaikan perkara pencurian…

1 hari ago

Staf Ahli Bupati Pakpak Bharat Buka Acara MTQ Kecamatan Tinada

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Gema Musabaqah Tilawatil Qur'an telah berkumandang di Kecamatan Tinada. Dusun Kuta…

1 hari ago

Perayaan Paskah Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Penuh Sukacita

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Pagi ini, suasana ceria dan penuh kebersamaan menghiasi Lapas Kelas IIA Pematangsiantar,…

1 hari ago