Pariwisata

5 Destinasi Wisata Air di Asahan, Jadi yang Terbaik di Indonesia

Asahan, Ruangpers.com – Selain Danau Toba, di Sumatera Utara ada wilayah Kabupaten Asahan yang saat ini terus berakselerasi menciptakan banyak pilihan tempat wisata dengan ragam khasanah potensi alamnya. Bahkan air terjun di Asahan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Terbukti dengan meningkatnya kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara pasca pandemi wilayah Kabupaten Asahan kini mulai dilirik pelancong sebagai tujuan wisata alam yang memiliki karakteristik wisata sungai dan air terjun hingga menjadi salah satu terbaik terbaik di Indonesia.

“Memang ada peningkatan signifikan lebih dari 30 persen dari sebelumnya kunjungan wisata ke Asahan pasca pandemi. Ini menjadi hal yang positif untuk terus mempromosikan keunggulan wisata di sini,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Asahan, Witoyo, Minggu (5/3/2023).

Tak dapat dipungkiri dengan berkembangnya wisata di Asahan saat ini memberikan kesejahteraan dan dampak pada kemandirian ekonomi masyarakat sekitar yang bertopang pada wisata.

“Hal ini yang kita harapkan, pemerintah Kabupaten Asahan berupaya menata wisata dengan baik sehingga secara tak langsung memberikan dampak ekowisata terhadap masyarakat,” ujarnya.

Dirangkum detikSumut dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Asahan inilah lima destinasi unggulan wisata yang wajib dikunjungi.

1.Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot berada di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan yang berketinggian 250 meter dan dinobatkan sebagai air terjun tertinggi dan terbaik di Indonesia. Perbandingan ketinggiannya bisa diukur dari puncak Monas yang berketinggian 132 meter.

Sumber air terjun ponot ini berasal dari Danau Toba yang alirannya mengalir di sepanjang Sungai Asahan dan bermuara ke Selat Malaka.

Dalam Bahasa Batak, ponot berartikan pipa atau saluran. Kawasan sekitar Air Terjun Ponot ini sangatlah asri dengan pepohonan lebat di sekitarnya. Relaksasi alam yang tenang, gemuruh suara jatuhan air yang liar menghadirkan suasana kedamaian saat datang ke sini.

Berketinggian 820 kaki atau sekitar 500 meter dari permukaan laut, ponot terdapat dua undakan air terjun sehingga belum lagi air sampai ke bawah pecahan tampias bulir air akan melayang ke udara dan membasahi tubuh meski kita tak berada langsung di bawahnya.

Fasilitas umum di tempat ini terbilang lengkap. Pada tanggal 2 Februari 2023 lalu, Pemkab Asahan telah meresmikan gapura air terjun, fasilitas parkir yang bisa menampung hingga ratusan kenderaan, toilet umum dan musala.

“Sekarang tinggal kita jaga dan rawat fasilitas ini yang jadi dukungan Pemkab untuk wisata dan masyarakat. Sehingga dapat membantu kemandirian ekowisata untuk warga sekitar,” kata Bupati Asahan H Surya di tengah acara peresmian.

2.Arung Jeram Sungai Asahan, Terbaik Ketiga di Dunia

Foto: Perdana Ramadan

Siapa tak tahu Sungai Asahan. Berada di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan dan saat ini masih memiliki jeram terbaik ke tiga di dunia setelah Sungai Colorado di Amerika Utara dan Sungai Zambezi di Afrika.

Bukti sahih sungai Asahan masih menjadi tujuan atlet pengarungan dunia ini diakui sebagai sungai terbaik di Indonesia salah satunya ketika akhir Desember 2022 lalu. Sebuah event Internasional bertajuk Toba Caldera International Adventure Festival Asahan River sukses digelar dan diikuti sekitar 20 atlet kayak mancanegara utamanya Eropa.

“Sungai Asahan memang sudah dikenal oleh atlet kayak Eropa. Mereka sebut ini sungai terbaik karena selalu terpesona dengan keindahan alam di sungai Asahan ini. Habis pandemi, kami mulai aktif mengajak mereka datang ke sini yang tentu saja bisa memberikan keuntungan bagi warga lokal kita,” ujar Alfred Ginting, penyelenggara lokal Toba Caldera International Adventure Festival Asahan River, kepada detikSumut saat acara tersebut digelar.

Hanya saja diakui fasilitas hotel dan penginapan memadai belum tersedia di sini, Namun hal itu justru menjadi keuntungan bagi masyarakat sekitar yang menyewakan home stay untuk para turis.

3.Air Terjun Padas, Dibuka Kelompok Sadar Wisata Lokal

Advertisement. Scroll to continue reading.
Air Terjun Padas di Desa Padang Pulau, Asahan. (Perdana Ramadhan/detikSumut)

Keindahan Air Terjun Padas ini terletak pada situasi jatuhan air yang eksotiknya di antara bebatuan. Berlokasi di Desa Padang Pulau Kecamatan Bandar Pulau Asahan, Air Terjun Padas merupakan objek wisata yang baru dibuka oleh kelompok sadar wisata lokal.

Masyarakat di sini terbilang berhasil menghidupi air terjun padas sebagai ekowisata. Meskipun air terjun ini hanya berketinggian belasan meter saja, namun promosi dari sosial media dibantu pemerintah daerah, tempat ini ramai diminati wisatawan lokal maupun luar provinsi.

“Awalnya belum dibuka jadi tempat wisata cuma sekedar dijadikan bermain saja untuk anak – anak sekitar sini. Karena kami lihat potensinya ada, dua tahun lalu kami bentuk kelompok sadar wisata di sini hingga berkembang sampai sekarang,” kata Zulham, pengelola sekaligus pengurus kelompok warga sadar wisata saat ditemui detikSumut di lokasi air terjun padas belum lama ini.

4.Tiga Air Terjun Eksotis di Bandar Pasir Mandoge

Wilayah Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, berjarak di sisi barat sekitar 50 kilometer dari Kisaran, Ibu Kota dari Kabupaten Asahan. Terdapat tiga air terjun eksotis di wilayah ini yang kerap jadi tujuan wisata masyarakat lokal maupun luar provinsi.

Pertama, air terjun turbo (turunan bolon). Bolon dalam bahasa batak bermakna besar. Limpahan air terjun turbo ini keluar dari mulut goa dengan debit airnya yang sangat besar. Lokasi air terjun Turbo berada di Desa Tomuan Holbung Kecamatan Bandar Pasir Mandoge.

Selanjutnya, air terjun Jambuara yang berada di Desa Tomuan Holbung di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge. Tak banyak memang yang tau air terjun ini mengingat lokasinya yang berada jauh dari pusat jalan utama. Namun keindahan luar biasa menyaksikan jatuhan air yang eksotis ketika sampai di sini cukup memuaskan dahaga wisatawan.

Terakhir, air terjun Unong Sisapa, yang berada di desa Huta Padang Kecamatan Bandar Pasir Mandoge. Jatuhan air terjun Unong Sisapa yang langsung ke sungai membuat wisatawan bisa menikmati segarnya berenang di sungai jernih.

Air Terjun Turunan Bolon (Turbo) di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge (Istimewa) Foto: Istimewa

Air Terjun Sampuran Harimau yang Punya Spot Panjat Tebing

Air Terjun Sampuran Harimau dengan landscape tebing menjulang. (Istimewa)

5.Air Terjun Sampuran Harimau

Satu lagi air terjun yang tak kalah indahnya untuk dinikmati di wilayah Asahan adalah air terjun sampuran harimau. Jatuhan air terjun ini memang cukup kecil dibandingkan dengan air terjun lainnya di Asahan.

Karakteristik sampuran harimau dengan landscape tebing-tebingnya yang menjulang curam. Oleh penggiat olahraga ekstrim panjat tebing di seputar lokasi ini ditemukan banyak spot panjat baik untuk berlatih maupun berkompetisi.

“Sampuran harimau karakteristik tebingnya cocok untuk kegiatan rock climbing. Pemandangan indah dengan air terjun tempat ini sangat sempurna,” kata Pandu Wira Nusa, pegiat Pecinta Alam Asahan di lokasi tersebut.

Inilah beragam pilihan wisata sungai dan air terjun yang bisa dikatakan terbaik di Indonesia dan hanya ada di Kabupaten Asahan. Meskipun, di beberapa tempat lokasi ini belum sepenuhnya terdapat dukungan infrastruktur dan fasilitas yang memadai dari pembangunan daerah karena keterbatasan anggaran dan wilayah yang cukup luas.

Namun dibalik itu, gerakan kemandirian ekowisata masyarakat sebenarnya sudah tercipta di seputar objek wisata ini menjadikan tempat tersebut memberikan kebermanfaatan bagi warga sekitar.

 

Sumber : detik.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polsek Dolok Panribuan Evakuasi Jasad Harapan Gultom yang Meninggal Saat Memancing di Sungai Aekpogos

Simalungun, Ruangpers.com - Tragedi menimpa Harapan Gultom, seorang petani berusia 52 tahun yang ditemukan meninggal,…

3 jam ago

Seluruh Personel Polres Simalungun Mendadak Tes Urine, Ini Hasilnya !

Simalungun, Ruangpers.com - Dalam upaya pemberantasan dan pencegahan penggunaan narkoba di lingkungan kepolisian, Kapolres Simalungun,…

3 jam ago

Bupati Pakpak Bharat Sampaikan Nota Pengantar LKPJ TA 2023

Pakpak Bharat, Ruangpers.com - Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, menyampaikan pidato Nota Pengantar Laporan…

3 jam ago

Bupati Humbahas Buka Konsultasi Publik Penyusunan Kajian Studi Objek Wisata Seribu Goa

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili Asisten Administrasi Umum,…

6 jam ago

Sadisnya Pria Beristri di Madina Gorok Leher-Buang Mayat Pacar ke Sungai

Mandailing Natal, Ruangpers.com - Seorang pria yang telah beristri di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera…

6 jam ago

IPTU Hasudungan Manurung Purnabakti, Kapolres Simalungun Bilang Begini

Simalungun, Ruangpers.com - Polres Simalungun menggelar upacara pelepasan purnabakti untuk IPTU Hasudungan Manurung yang telah…

7 jam ago