Categories: Olahraga

Begini Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke 16 Besar Usai Disikat Jepang

Medan, Ruangpers.com – Peluang Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 tidak sepenuhnya tertutup meski kalah 1-3 dari Jepang. Kekalahan itu membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen akhir Grup D di bawah Irak dan Jepang.

Indonesia bisa lolos ke babak 16 besar dengan lewat jalur peringkat tiga terbaik. Tapi, hasil itu masih menunggu pertandingan lain.

Di klasemen peringkat tiga terbaik, Indonesia menempati urutan ke-4 atau batas akhir tim yang mendapat jatah tiket kelolosan. Indonesia di bawah Palestina dengan 4 poin, Suriah (4), Bahrain (3), hanya unggul dari China (2) dan Oman (1).

Dari semua tim peringkat tiga di grup Piala Asia 2023., hanya Bahrain dan Oman yang masih punya pertandingan. Indonesia bisa mengintip peluang lolos berdasarkan hasil kedua pesaingnya.

Indonesia bisa lolos andai Oman gagal menang melawan Kirgistan di laga terakhir Grup F. Jika gagal menang (termasuk imbang), Oman hanya punya maksimal 2 poin, dan gagal menyalip Indonesia.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jika Oman menang, maka poinnya menjadi 4 dan membuat Indonesia harus berharap dari laga Bahrain. Indonesia berharap Bahrain dikalahkan Yordania secara telak. Sebab, Bahrain kini masih unggul dalam hal selisih gol dari Indonesia. Bahrain punya -1 gol, sementara Indonesia punya -3.

Indonesia harus berharap Bahrain kalah dengan selisih tiga gol atau lebih. Dengan demikian, Indonesia akan berada di urutan ketiga, dan paling buruk turun ke posisi 4 jika Oman menang atas Kirgistan.

Dengan skema Oman menang dan Bahrain kalah telak itu, Timnas Indonesia bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 dengan menempati posisi 4 di klasemen akhir tim peringkat tiga terbaik. Sementara jika Oman gagal menang, Indonesia tetap lolos terlepas hasil apa pun yang diraih Bahrain.

Waketum PSSI Zainudin Amali masih berharap anak asuh Shin Tae-young mampu berlaga di babak 16 besar Piala Asia 2023. Hanya, diakui Amali nasib timnas Indonesia tergantung hasil tim lain kurang mengenakkan.

“Inilah tidak enaknya nasib kita ditentukan tim lain, karena tidak ada lagi harapan kita, kan. Harapan kita tinggal menunggu Oman sama Kirgistan,” kata Amali dikutip detikSport.

“Dan kita berharap mereka bisa draw dan itu membuat peluang kita melaju ke babak selanjutnya. Secara keseluruhan saya mengapresiasi anak-anak kita,” ujarnya menambahkan.

 

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Sebut Caleg Terpilih di Pileg 2024 Tak Wajib Mundur Jika Maju Pilkada

Jakarta, Ruangpers.com - Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari memastikan calon legislatif (caleg) yang terpilih dalam…

3 jam ago

Nisa Ratu Narkoba asal Aceh Divonis Mati Hakim PN Medan, Ini Pertimbangan Memberatkan

Medan, Ruangpers.com -  Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan memvonis mati Hanisah alias Nisa (39…

3 jam ago

Abang Nekat Pukul Adik dan Memaki Ibu Kandung, Kasusnya Dituntaskan Polsek Siantar Utara

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil piket Polsek Siantar Utara dipimpin Pawas Kanit Binmas, IPDA Hotlan Matondang,…

3 jam ago

Nikmatnya Berendam Air Panas dengan Pemandangan Alam Di Pariban

Karo, Ruangpers.com - Berendam di air hangat diketahui dapat mengurangi rasa lelah dan membantu memulihkan…

4 jam ago

Dua Pelaku Pencurian Besi Beton Tak Berkutik Dibekuk Jatanras Polres Simalungun

Simalungun, Ruangpers.com – Dua pelaku pencurian besi beton di proyek Perumahan Raya Bersama Maju yang…

14 jam ago

Peringatan Hari Kenaikan Yesus Kristus, Polres Pematangsiantar Lakukan Pengamanan Gereja

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Dalam memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus, Polres Pematangsiantar lakukan pengamanan Gereja, Kamis…

15 jam ago