Lintas Provinsi

BPBD: 26 Orang Tewas-6 Hilang Akibat Banjir di Sumbar

Padang, Ruangpers.com – BPBD Sumatera Barat (Sumbar) mencatat, setidaknya 26 orang warga meninggal dunia 6 lainnya masih dilaporkan hilang dampak banjir dan longsor yang melanda 9 kabupaten 3 kota di Sumbar pada, Jumat (8/3) lalu. Korban ini berada di Pesisir selatan dan Padang Pariaman.

“Sampai saat ini, data terbaru dampak banjir yang terjadi di Sumbar sudah mengakibatkan 26 warga meninggal dunia, dan 6 lainnya masih dalam pencarian. Dengan rincian 23 di Pesisir Selatan dan 3 lagi di Padang Pariaman,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Sumbar, Ilham Wahab pada detikSumut, Senin (11/3/2024).

Sedangkan 6 warga yang masih dilaporkan hilang, Ilham menyebut berada di Pesisir Selatan. Saat ini area pencarian korban diperluas, sementara akses jalan di Pesisir Selatan yang sebelumnya dilaporkan ditutup saat ini juga sudah bisa dilalui.

“Untuk 6 warga yang masih dilaporkan hilang itu terjadi di Pesisir Selatan. Saat ini pencarian diperluas, karena akses jalan sebelumnya tertutup saat ini sudah bisa dilalui juga. Dan pencarian akan maksimal,” ungkapnya.

Sementara daerah yang paling banyak terdampak banjir dan longsor di Sumbar menurutnya berada di Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Kota Padang, dan Kepulauan Mentawai. Semua daerah tersebut saat ini menerapkan status darurat bencana.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Untuk daerah yang paling terdampak banjir dan longsor terjadi di Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Kota Padang dan Kepulauan Mentawai. Untuk daerah tersebut saat ini menerapkan status darurat bencana selama 14 hari lamanya,” ungkapnya.

Terkait berapa jumlah kerugian dampak banjir dan longsor yang terjadi di Sumbar, Ilham mengaku saat ini sudah mencapai angka Rp 226 miliar lebih. Angka ini baru masuk dari laporan tiga daerah yang terdampak.

“Laporan biaya kerugian dampak bencana kali ini, baru masuk data dari Pesisir Selatan, Kota Padang dan Padang Pariaman. Untuk tiga daerah itu sudah mencapai angka Rp 226,514,568,478. Kerugian ini akan terus bertambah usai semua data masuk dari kabupaten dan kota yang lain,” ucapnya.

Kabupaten dan Kota di Sumbar yang terdampak Banjir dan Longsor

-Kabupaten Pesisir Selatan

-Kota Padang

-Kabupaten Padang Pariaman

-Kabupaten Kepulauan Mentawai

-Kabupaten Solok

-Kota Solok

-Kota Sawahlunto

-Kota Pariaman

-Kabupaten Lima Puluh Kota

-Kabupaten Pasaman

-Kabupaten Pasaman Barat

-Kabupaten Agam

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Tanpa Kutipan, Festival Hasil Belajar UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar Sukses Tampilkan Sejumlah Kreatifitas Siswa

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kegiatan Festival Hasil Belajar (FHB) UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar berjalan lancar…

4 jam ago

Kesal Kemaluannya Sakit Digigit saat Berhubungan Intim, Pria di Medan Bunuh Kekasih

Medan, Ruangpers.com - Seorang pria di Kota Medan, Sumatera Utara nekat menganiaya kekasihnya hingga tewas.…

6 jam ago

Maling Motor Ini Sempat Video Call Emak Sebelum Dihajar Massa

Jakarta, Ruangpers.com - Seorang maling motor di Koja, Jakarta Utara (Jakut) berinisial MS (44) babak…

6 jam ago

Bupati Humbahas Berangkatkan Kontingen Cabang Olahraga Ikuti Seleksi Calon Siswa di PPLP Sumut

Humbahas, Ruangpers.com - Bupati Humbahas diwakili Asisten Adminsitrasi Umum, Tua Marsatti Marbun SE bersama Kadis…

7 jam ago

Mengenal Tradisi Mangalap Tondi, Ritual Menjemput Roh oleh Suku Batak Toba

Medan, Ruangpers.com - Suku Batak Toba merupakan salah satu suku terbesar di Sumatera Utara (Sumut)…

7 jam ago

Pemkab Simalungun Tepung Tawari Jamaah Calhaj Tahun 2024

Simalungun, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan tepung tawar terhadap jamaah calon haji/hajjah (Calhaj)…

18 jam ago