Internasional

Hampir 150 Orang Tewas, Ini Kronologi Pesta Halloween Berdarah di Itaewon Korsel

Itaewon, Ruangpers.com – Kronologi Pesta Halloween berdarah di Itaewon, Korea Selatan (Korsel) akan dibahas dalam artikel ini. Dalam peristiwa berdarah tersebut, hampir 150 orang menjadi korban tewas dan ratusan lainnya terluka .

Umumnya korban tewas kebanyakan adalah wanita muda. Para pejabat setempat pun kesulitan mengidentifikasi jenazah korban pesta tahunan tersebut. Hal itu lantaran para pengunjung datang dengan mengenakan berbagai kostum. Lebih-lebih, sebagian besar tak membawa kartu identitas.

Melansir Reuters, Minggu (30/10/2022) kronologi kejadian bermula saat warga memadati kawasan Itaewon menggunakan berbagai kostum horror yang bertemakan Hallowen.

Semakin malam warga semakin penuh, pasalnya ini merupakan Halloween perdana setelah pandemi Covid-19 selama tiga tahun menghantam negeri gingseng tersebut.

Hingga akhirnya sekitar pukul 22.20 waktu setempat, kondisi semakin parah di salah satu jalan sempit yang menanjak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Saat itu, sejumlah orang yang sudah berada di bagian atas jalan ternyata terjatuh, menimpa massa di bawahnya. Di tengah kepanikan, para pengunjung saling injak.

Karena kondisi sangat penuh dengan warga, petugas kewalahan hingga harus bersusah payah menarik beberapa orang keluar dari kerumunan.

Puluhan orang sudah terkapar di jalanan dan mengalami henti jantung. Beberapa pengunjung dan petugas langsung melakukan pertolongan pertama, melakukan teknik CPR di tengah hiruk pikuk massa.

Pejabat Departemen Pemadam Kebakaran Korsel, Choi Seong Beom, mengatakan bahwa tim juga mengerahkan sebanyak 140 ambulans untuk membawa korban ke rumah sakit.

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, juga langsung memerintahkan tim medis gawat darurat untuk segera meluncur ke lokasi kejadian.

Ia juga menegaskan bahwa semua tempat tidur di rumah sakit harus disiapkan untuk korban insiden ini. Menurutnya, persiapan tempat tidur di rumah sakit itu penting untuk meminimalkan potensi kematian.

Dia lalu mengaktifkan markas manajemen darurat dengan Perdana Menteri Han Duck-soo yang bertanggung jawab dan memerintahkan Menteri Dalam Negeri dan Keselamatan Lee Sang-min untuk memulai penyelidikan penyebab insiden tersebut.

 

Sumber : Okezone.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Patroli Perintis Presisi Polres Simalungun Berhasil Jaga Keamanan Wilayah dan Kelancaran Persidangan

Simalungun, Ruangpers.com - Satuan Samapta Polres Simalungun melancarkan serangkaian kegiatan patroli dan pengamanan yang bertujuan…

8 jam ago

Pemkab Humbahas, KPPBC TMP C Sibolga dan Polres Sosialisasi Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal

Humbahas, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas), melalui Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja…

9 jam ago

Kepala Dinas Pendidikan Humbahas Ikuti FTBIN 2024 di Jakarta

Jakarta, Ruangpers.com - Dengan memukul gondang, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem…

9 jam ago

Kapolres Pematangsiantar Terima Kunjungan Tim Asistensi Mabes Polri menuju WBK/WBBM Tahun 2024

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, terima kunjungan Tim Asistensi…

9 jam ago

Buruh Harian Lepas Ditemukan Meninggal di Depan Perpustakaan, Polsek Siantar Barat Turun Tangan

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil Polsek Siantar Barat - Polres Pematangsiantar, bantu evaluasi jenazah Buruh Harian…

9 jam ago

Ada Penganiayaan di Jalan Patuan Anggi, Polsek Siantar Utara Turun Tangan

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Kahean, AIPDA H.E…

10 jam ago