Internasional

Misteri di Balik Aturan Privasi WhatsApp Diterapkan 15 Mei

Jakarta, Ruangpers.com – WhatsApp mulai menerapkan kebijakan privasi terbarunya pada tanggal 15 Mei 2021 dan sebagian pengguna pun sudah mulai mendapatkan pesan pop-up berisikan pertanyaan apakah pengguna menyetujui kebijakan tersebut. Namun demikian, masih banyak juga pengguna yang belum mendapatkan notifikasi tersebut.

Masih menjadi misteri kapan WhatsApp akan menebar notifikasi ke seluruh pengguna, padahal tanggal 15 Mei tidak lama lagi tiba. Sejauh ini, tidak ada cara untuk menerima atau menolak aturan privasi baru tersebut secara manual, murni dari notifikasi pop up yang akan muncul sendiri di aplikasi WhatsApp.

“Pada saat ini, tidak ada cara untuk menerima aturan privasi baru WhatsApp secara manual. WhatsApp memilih untuk memberitahu user melalui pop up. Notifikasi mungkin muncul ketika membuka aplikasi atau sewaktu-waktu,” tulis Tech Nadu yang dikutip detikINET.

“Yang cukup menarik, tidak ada aturan spesifik terkait kapan dan bagaimana notifikasi pop up ini ditampilkan,” tambah mereka. Artinya, pengguna WhatsApp yang belum mendapatkan notifikasi masih harus sabar menunggu.

Berubah Pikiran

Advertisement. Scroll to continue reading.

Adapun sebagian pengguna yang sudah mendapatkan notifikasi tersebut ada yang mengabaikannya karena takut privasi mereka terganggu dan mengklik ‘tidak sekarang’ saat pop kebijakan privasi baru muncul.

WhatsApp sudah memberikan peringatan bagi pengguna yang tidak mau menyetujui kebijakan baru tersebut maka mereka akan kehilangan fungsi terpenting yaitu mengirim dan menerima pesan.

Pengguna yang tidak menerima update ini takkan kehilangan akun. Akan tetapi WhatsApp memperingatkan bahwa mereka yang menolak akan dikategorikan sebagai pengguna yang tidak aktif, dan akun yang tidak aktif selama 120 hari akan dihapus.

Timbul pertanyaan lagi, bagaimana cara pengguna yang mendadak berubah pikiran dan ingin menerima persetujuan kebijakan baru WhatsApp jika sudah terlanjur mengklik ‘tidak sekarang’?

Dilansir detiKINET dari TechNadu, untuk pertanyaan tersebut, WhatsApp setelah 15 Mei dilaporkan akan memunculkan pengingat atau ‘reminder permanen’ yang mengharapkan pengguna menyetujui kebijakan privasi baru. Jika tidak, kemudian fitur akan mulai dibatasi.

Tapi ada juga beberapa cara yang diklaim bisa digunakan untuk mendapatkan kembali pemberitahuan tersebut dengan mencoba menghapus aplikasi WhatsApp lalu diunduh lagi. Setelah melakukan log-in, mungkin akan muncul notifikasi kebijakan baru di WhatsApp dan pengguna dapat menyetujuinya. Namun sekali lagi, belum ada penjelasan yang terang dari WhatsApp mengenai prosedur ini. Kita nantikan saja.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Polsek Siantar Selatan Amankan Dua Pria Warga Batubara Diduga Pencuri HP

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Selatan - Polres Pematangsiantar melalui Unit Reskrim mengamankan dua orang…

39 menit ago

Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar di Lokasi Rawan Kriminal, Ini Tujuannya

Simalungun, Ruangpers.com – Menjelang akhir pekan, Polres Simalungun menggelar operasi Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) pada…

51 menit ago

Heboh Kamaruddin Cekcok dengan Pecatan Polisi Pembacok Warga di Deli Serdang

Deli Serdang, Ruangpers.com - Satu video yang memperlihatkan pengacara Kamaruddin Simanjuntak terlibat cekcok dengan Kamiso…

1 jam ago

Penilaian EPSS Tahun 2024 di Humbahas, Penyusunan Profil Kesehatan dan ASN

Humbahas, Ruangpers.com - Penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024 dilakukan pada 2 (dua)…

5 jam ago

Wisata Air Terjun Silima-lima: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiketnya

Tapanuli Selatan, Ruangpers.com - Terdapat banyak wisata alam yang bisa dikunjungi di Kabupaten Tapanuli Selatan,…

5 jam ago

KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Asahan Terpilih, Ini Nama-namanya

Asahan, Ruangpers.com - KPU menetapkan 45 anggota DPRD Kabupaten Asahan periode 2024-2029 terpilih. Selanjutnya 45…

1 hari ago