Hukum

Anggota DPRD Sumut Demo Tunggal di Mabes Polri, Minta Brantas Narkoba di Sumut

Binjai, Ruangpers.com – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Zainuddin Purba menggelar aksi demo tunggal di depan kantor Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2023).

Aksi yang dilakukan oleh pria yang kerap disapa Pak Uda ini ialah, terkait maraknya peredaran narkoba di wilayah Sumatera Utara, terkhususnya di Kota Binjai, dan Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Deliserdang.

Menurutnya, peredaran narkoba diwilayah-wilayah tersebut terkesan bebas dan tak tersentuh oleh hukum.

Sebelumnya aksi demo tunggal yang dilakukan Pak Udah sudah pernah ia lakukan di depan Polda Sumatera Utara (Sumut) sebanyak dua kali, pada November 2021 dan Agustus 2022.

Namun aksi yang dilakukan beliau, tak juga membuat aparat penegak hukum untuk memberantas serta menutup barak-barak narkoba, yang secara terang-terangan melakukan transaksi dan mengkonsumsi narkoba ditempat tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam aksinya ini, Pak Uda berharap agar Kapolri bisa mengatensi dan serta lebih fokus persoalan peredaran narkoba di wilayah Sumatera Utara.

“Harapan saya Bapak Kapolri bisa mengatensi, dan lebih fokus ke Sumatera Utara untuk membasmi para bandar narkoba yang sudah merajalela, yang sudah menjual narkobanya secara terang-terangan, aman selama ini,” ujar Pak Uda, Selasa (21/3/2023).

Lanjut Zainuddin, jika aksi yang dilakukannya tak mendapat respon juga oleh Kapolri, dirinya mengaku akan terus menyuarakan hingga ke Istana Presiden.

“Yang pasti saya tidak berhenti, saya akan datang kemari lagi, atau saya akan langsung gelar aksi demo di depan Istana Presiden. Agar persoalan kurangnya Polri menyikapi aspirasi rakyat terutama saya sebagai anggota DPRD, bisa diketahui oleh Bapak Presiden,” ujar Pak Uda.

“Saya akan berusaha sekuat tenaga, bagaimana Bapak Presiden bisa bertemu atau bisa mendengar apa yang terjadi di Sumatera Utara,” sambungnya.

Dikabarkan sebelumnya, aksi politisi Partai Golkar ini disebabkan karena masih maraknya peredaran narkoba dan barak-baraknya yang berada di pinggiran Kota Binjai, dan sekitaran Kabupaten Langkat.

“Saya akan lakukan lagi demo tunggal di sana (Mabes Polri). Saya akan sampaikan terkait masih maraknya barak narkoba di Tanjung Pamah, Kloneng, Bhakti Karya dan wilayah Langkat, Binjai dan di wilayah hukum Polrestabes Medan,” ucap Pak Uda, Jumat (17/3/2023).

Lanjut Pak Uda, aksi tunggal yang dilakukannya bukan kali ini saja. Pada November 2021 dan Agustus 2022 lalu, mantan Ketua DPRD Binjai ini juga melakukan hal serupa, berorasi tunggal di depan markas Polda Sumut.

Namun demikian, orasi tunggal yang dilakukannya, ia mengaku sampai saat ini juga aparat penegak hukum tidak mampu melakukan penutupan secara permanen keberadaan barak-barak narkoba tersebut.

Bahkan, barak narkoba di pinggiran Kota Binjai cukup banyak didatangi oleh pecandu. Tak hanya itu, saat mengkonsumsi narkoba, pecandu sangat nyaman dan mudah.

Pecandu-pecandu dapat membeli sabu melalui loket dan langsung mengkonsumsi di barak yang beratapkan daun rumbia. “Transaksi dan mengkonsumsi narkoba di barak dilakukan secara bebas serta terang-terangan,” ucap Pak Uda.

Pak Uda juga tak menampik, Polda Sumut maupun Polrestabes Medan langsung bergerak setelah dirinya melakukan aksi tunggal mempersoalkan keberadaan barak-barak narkoba tersebut.

Dia juga mengakui, tim gabungan Polrestabes Medan dan Polda Sumut melakukan penggerebekan dan membakar barak-barak narkoba, setelah melakukan aksi tunggal.

“Tapi, begitu pulang aparat dari Polrestabes Medan yang dibantu Polda Sumut, malamnya ya terjadi lagi transaksi itu, jual beli barkoba secara bebas dan terang-terangan di lokasi itu,” ucap Pak Uda.

Alasan Pak Uda tetap melakukan aksi tunggal ini, karena merasa prihatin melihat kondisi remaja-remaja di Kabupaten Langkat serta Kota Binjai dan sekitarnya.

Mereka sebagai generasi penerus bangsa rusak akibat barak narkoba yang keberadaannya kian tumbuh subur dan berkembang di perbatasan Kota Binjai.

“Setelah dibakar barak-barak narkoba itu, tapi malamnya sudah beraktivitas kembali, saya laporkan juga secara lisan melalui WhatsApp kepada Kasat Intelkam Polrestabes Medan dan Kasat Narkoba Polrestabes Medan. Namun, tidak ada jawaban. Dan sampai hari ini, transaksi jual-beli narkoba, menyiapkan tempat, menyiapkan narkobanya terang-terangan dan terbuka di sana, masih terus berlangsung,” ujar Pak Uda.

“Hancur generasi muda bukan hanya di Binjai, Langkat, Deliserdang, tapi pemuda Sumatera Utara itu sudah hampir semua ke sana mengkonsumsi narkoba. Karena di sanalah satu-satunya tempat yang aman sampai saat ini,” sambungnya.

Pak Uda terus berjuang agar barak-barak narkoba yang sudah meresahkan masyarakat ini dapat dibumihanguskan secara permanen, upaya yang dilakukannya bukan singkat.

“Saya sudah enam kali surati ke polda, gubernur, juga pangdam dan begitu juga ke Ketua DPRD Sumut. Dan di grup WA (WhatsApp) DPRD itu juga, saya berkali-kali memohon kepada Ketua DPRD dan pimpinan DPRD, untuk melakukan rapat kerja dengan instansi terkait maraknya peredaran narkoba. Tapi sampai hari ini, hal itu tidak pernah dilakukan oleh ketua dan pimpinan DPRD,” ujar Pak Uda.

Barak-barak narkoba di pinggiran Kota Binjai sukses beroperasi tanpa hambatan. Bahkan, terus beroperasi hingga menjaring anak-anak muda di bawah umur untuk dapat menikmati sabu dengan mudah dan gampang.

“Saya bukan mengarang, kalian juga orang sini dan juga menyaksikan bahwasanya tempat yang saya sampaikan tadi, tempat menjual narkoba itu teraman di Indonesia. Baru baru ini lagi, meninggal satu orang karena overdosis dan satu orang lagi dirawat di rumah sakit karena overdosis juga. Ya tetapi begitu, datang Kepala BNNP Sumut akan kita tangkap pengelola diskotik. Namun, hanya retorika belaka,” ujar Pak Uda.

 

Sumber : tribunnews.com

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

IPTU Hasudungan Manurung Purnabakti, Kapolres Simalungun Bilang Begini

Simalungun, Ruangpers.com - Polres Simalungun menggelar upacara pelepasan purnabakti untuk IPTU Hasudungan Manurung yang telah…

53 menit ago

Ini Kata Kapolres Saat Hadiri Halal Bi Halal Anggota P3S Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno, SH, SIK, hadiri halal bi halal…

1 jam ago

Hadiri Rakernas ASPERAPI, Bupati Simalungun Perkenalkan Danau Toba Parapat sebagai MICE

Simalungun, Ruangpers.com - Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri Rakernas (Rapat Kerja Nasional) ASPERAPI (Asosiasi…

11 jam ago

Top! 2 Anggota Polri Harumkan Bangsa lewat Perjuangan Timnas U-23

Jakarta, Ruangpers.com - Perjalanan Timnas Indonesia U-23 menuju babak semifinal Piala Asia U-23 dalam pertandingan…

11 jam ago

Penampakan Kepsek Aniaya Siswa SMK hingga Tewas di Nisel Berbaju Tahanan

Nias Selatan, Ruangpers.com - Kepala Sekolah SMK 1 Siduaori Safrin Zebua (SZ) ditangkap dan ditahan…

11 jam ago

Reaksi Cepat Polsek Parapat dalam Penanganan Pohon Tumbang di Jalan Lintas Siantar – Parapat

Simalungun, Ruangpers.com - Sebuah insiden pohon tumbang terjadi di Jalan Lintas Siantar – Parapat, tepat…

20 jam ago