Nasional

Hari Ini Terakhir Daftar CPNS 2021, Baca Lagi Tips Pilih Formasi Biar Lolos!

Jakarta, Ruangpers.com  – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2021 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan ditutup hari ini. Penutupan tepatnya akan dilakukan pukul 23.59 WIB.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono mengatakan sampai saat ini belum ada rencana lagi untuk perpanjangan pendaftaran CPNS 2021.

“Belum ada rencana perpanjangan, masih seperti jadwal semula,” kata Paryono kepada detikcom, Minggu (25/7) kemarin.

Bagi yang ingin menjadi abdi negara di tahun ini, masih ada kesempatan pendaftaran melalui portal resmi yakni https://sscasn.bkn.go.id/. Melalui portal itu pendaftar juga bisa melihat daftar instansi yang membuka lowongan.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN, Mohammad Ridwan memberikan beberapa tips agar sukses dalam mengikuti seleksi CPNS 2021.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pertama, jangan memaksakan jurusan/bidang pendidikan jika tidak dicantumkan di syarat pendidikan, misalnya jenjang D4 melamar pada jabatan yang mensyaratkan kualifikasi S1 atau gelar pendidikan melamar pada formasi yang mensyaratkan non-Pendidikan,” ujarnya.

Jika peserta memaksakan melamar di formasi CPNS 2021 yang tidak sesuai kualifikasi pendidikan, otomatis akan ditolak oleh instansi.

“Nah kalau misalnya serumpun gimana? Kalau ragu soal latar pendidikan yang serumpun, pastikan ke instansi yang kalian lamar,” sarannya.

Kedua, jika tidak yakin dengan jurusannya sesuai kebutuhan, maka sebaiknya menyampaikan pertanyaan ke helpdesk instansi masing-masing. Pasalnya kebutuhan formasi instansi harus sesuai dengan latar pendidikan pelamar.

Selain itu, Ridwan juga meminta para peserta seleksi CPNS 2021 agar mencari tahu tentang instansi yang dilamar. Misalnya bergerak di bidang apa, peraturan atau kebijakan yang menaunginya, seluk-beluk jabatan, hingga regulasinya.

“Gak mau kan akhirnya sudah masuk tetapi tidak sesuai dengan passion, minat dan bakat kalian. Hal ini juga berguna lho buat kalian kalau lanjut ke tahap SKB,” katanya.

Dia berharap seluruh peserta seleksi CPNS 2021 tetap menjaga kesehatan dari sekarang dan disarankan di rumah saja. Ini untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan saat proses selanjutnya, seperti peserta sakit atau terpapar virus.

“Karena pelaksanaan tes (CPNS 2021) dijadwalkan berlangsung di tengah ketidakpastian pandemi, siapkan fisik dengan optimal supaya kesempatan 100 menit menjawab 110 soal bisa maksimal,” tuturnya.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Anggota DPR Sedih Lihat Alumni IPDN Jadi Ajudan-Bawa Sepatu Bupati

Jakarta, Ruangpers.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang mengungkapkan terdapat sejumlah kepala…

4 jam ago

Terkait Pembebasan Lahan, Bupati Simalungun Lakukan Pertemuan dengan PT Lonsum

Simalungun, Ruangpers.com - Terkait dengan pelepasan lahan di atas lahan HGU (Hak Guna Usaha) PT…

4 jam ago

Pria di Aceh Diciduk saat Lansir 300 Kg Ganja, Ngaku Diupah Rp 50 Ribu Perkilo

Banda Aceh, Ruangpers.com - Seorang pria asal Bener Meriah, Aceh, AM (35) ditangkap polisi karena…

4 jam ago

Emak-emak di Asahan Blokir Jalan, Protes Jalan Rusak dan Berdebu

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga didominasi oleh emak-emak di desa Gedangan, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten…

5 jam ago

Patroli Perintis Presisi Polres Simalungun Berhasil Jaga Keamanan Wilayah dan Kelancaran Persidangan

Simalungun, Ruangpers.com - Satuan Samapta Polres Simalungun melancarkan serangkaian kegiatan patroli dan pengamanan yang bertujuan…

15 jam ago

Pemkab Humbahas, KPPBC TMP C Sibolga dan Polres Sosialisasi Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal

Humbahas, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas), melalui Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja…

15 jam ago