Lintas Provinsi

Korban Terakhir Longsor Tambang Emas Ilegal di Sumbar Ditemukan

Padang, Ruangpers.com – Tim gabungan dari Basarnas dan BPBD Solok Selatan, Sumateta Barat (Sumbar), menemukan korban terakhir yang tertimbun longsoran tambang emas illegal di daerah Kecamatan Sangir Batang Hari. Korban terakhir yang ditemukan ini bernama Siman.

Siman ditemukan pada Selasa (11/5) malam. Jenazahnya langsung dimakamkan pada Rabu (12/5/2021) dini hari tadi, setelah dievakuasi dari lokasi dengan perjalanan hampir enam jam.

“Alhamdulillah, kita sudah menemukan korban. Sesuai laporan yang kita terima, ini adalah korban terakhir,” kata Kepala Badan Pelaksana BPBD Kabupaten Solok Selatan, Richie Amran.

Siman menjadi penambang kedelapan yang ditemukan tewas. Sebelumnya, petugas telah mengevakuasi tujuh jenazah dari lokasi dan menemukan sembilan korban lainnya dalam kondisi selamat namun penuh luka.

“Secara keseluruhan korban berjumlah 17 orang. Delapan meninggal dunia, sembilan orang selamat,” jelas Richie.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Petugas sempat menemui kendala, karena beratnya medan menuju lokasi. Lokasi penambangan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki antara 3 sampai 4 jam.

Baca Juga : Update Longsor Tambang Emas di Solok Selatan, Tujuh Warga Meninggal Dunia

Ketiadaan sarana komunikasi juga menyulitkan pergerakan tim. Selain itu, longsoran di lokasi tambang tersebut adalah berupa bongkahan-bongkahan batu berukuran besar.

Longsor tambang emas ilegal terjadi pada Senin (10/5) pagi, namun baru dilaporkan kepada petugas pada siang harinya. Ketiadaan akses komunikasi dan sulitnya medan ke lokasi menjadi penyebab.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Pemkab Humbahas-USU Bahas Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi

Humbahas, Ruangpers.com  - Pemerintah Kabupaten Humbahas dengan USU (Universitas Sumatera Utara) diskusi terkait penawaran kerja…

23 menit ago

Kasus Tutup Akses Jalan dan Ucapkan Kata Kasar Dituntaskan Polsek Siantar Utara

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukadame, AIPTU Beta…

34 menit ago

Kesalah Pahaman Antara Anak dan Orangtua Berakhir di Polsek Siantar Utara

Pematangsiantar, Ruangpers.com -  Polsek Siantar Utara melalui personil piket SPKT dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Bane, AIPDA…

43 menit ago

Tanpa Kutipan, Festival Hasil Belajar UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar Sukses Tampilkan Sejumlah Kreatifitas Siswa

Pematangsiantar, Ruangpers.com – Kegiatan Festival Hasil Belajar (FHB) UPTD SMP Negeri 7 Pematangsiantar berjalan lancar…

11 jam ago

Kesal Kemaluannya Sakit Digigit saat Berhubungan Intim, Pria di Medan Bunuh Kekasih

Medan, Ruangpers.com - Seorang pria di Kota Medan, Sumatera Utara nekat menganiaya kekasihnya hingga tewas.…

13 jam ago

Maling Motor Ini Sempat Video Call Emak Sebelum Dihajar Massa

Jakarta, Ruangpers.com - Seorang maling motor di Koja, Jakarta Utara (Jakut) berinisial MS (44) babak…

13 jam ago