Pariwisata

Mengenal Saur Matua, Upacara Kematian Sempurna di Suku Batak

Medan, Ruangpers.com –  Upacara saur matua menjadi tradisi yang masih kekal di kalangan Suku Batak. Upacara kematian ini dibutuhkan dana tak sedikit sebagai penghormatan kepada leluhur.

Kata saur memiliki arti sempurna.Sementara matua yakni tua. Sehingga saur matua kadang diartikan sebagai usai tua. Maka harus dilaksanakan dengan adat yang sempurna untuk melepas keluarga ini.  Bahkan, saurmatua itu disebut utang di dunia.

Dikutip dari jurnal penelitian mahasiswa Eva Junita dari Universitas Riau menyebutkan keluarga yang tinggalkan harus mengorbankan seekor kerbau sebagai lambang bahwa yang meninggal sudah saur matua (sempurna).

Dalam buku Batak Na Marserak (Orang Batak Yang Terpencar) karya Sitanggang, JP menyebutkan, saat upacara ini semua keluarga harus hadir. Sehingga terkadang, jenazah belum bisa dilaksanakan ucapaca jika anak, cucu hingga cicitnya belum tiba.

Mereka berkumpul untuk menghantarkan jenazah ketempat peristirahatan terakhir Seseorang yang meninggal dalam keadaan sempurna tidak akan membuat keluarga sedih.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Oleh etnik Batak Toba, kepala adat memiliki pengaruh besar dalam segala hal temasuk dalam acara pelaksanaan upaca saur matua. Bahkan upacara saur matua dijadikan tolak ukur status sosial seseorang dalam masyarakat.

 

Sumber : iNews.id

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Ulang Tahun Ke 43, Kapolres Pematangsiantar Berbagi Tali Asih Ke Panti Asuhan

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, kunjungan silaturahmi sekaligus berbagi…

7 jam ago

12 Hari Menikah Selalu Menolak Diajak Berhubungan, Ternyata Istriku Laki-laki

Cianjur, Ruangpers.com - AK (26) pemuda asal Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Cianjur, ternyata menikahi seorang…

7 jam ago

Dua Siswa Humbang Hasundutan Tampil di FTBIN Jakarta

Jakarta, Ruangpers.com - Dua (2) orang siswa utusan dari Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ikut tampil…

7 jam ago

Kasus Perkelahian Berakhir di Polsek Siantar Utara dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara melalui Ka. SPKT, AIPTU Abiden Manurung bersama Bhabinkamtibmas, AIPDA…

16 jam ago

Sepeda Motor Vega R Tabrakan dengan Angkutan Umum di Simpang Jalan Surabaya Siantar, 1 Orang Meninggal Dunia

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui Unit Gakkum Sat Lantas lakukan olah Tempat Kejadian Perkara…

16 jam ago

Bhabinkamtibmas Polsek Siantar Martoba Selesaikan Perkara Selisih Paham Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba - Polres Pematangsiantar melalui Ka. SPKT dan Bhabinkamtibmas Kelurahan…

17 jam ago