Nasional

Spesifikasi Genesis G80 Electrified, Mobil Listrik Punya Erick Thohir Seharga Rp 1,6 M

Jakarta, Ruangpers.com – Genesis G80 Electrified menjadi salah satu mobil yang mengisi garasi Menteri BUMN Erick Thohir. Seperti apa spesifikasi mobil listrik yang dipakai kepala negara saat KTT G20 Bali itu?

Hyundai meminjamkan ratusan unit Genesis G80 Electrified untuk perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dihelat di Bali akhir tahun lalu. Mobil listrik premium Hyundai itu digunakan oleh beberapa kepala negara yang tak memboyong mobil dinasnya ke Pulau Dewata. Setelah perhelatan KTT G20 usai, mobil-mobil yang dipinjamkan itu dikembalikan pemerintah ke pabrikan.

“Karena kita pinjam pakai ya kita akan kembalikan kepada mereka. Mungkin akan dijual atau dilelang ya terserah mereka. Tapi yang jelas mereka sudah menyumbang untuk kita dengan meminjamkan ini,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam Youtube Sekretariat Presiden usai perhelatan KTT G20.

Umumnya, pabrikan akan kembali menjual mobil itu. Namun, Hyundai pada November tahun lalu tidak menjelaskan lebih detail kemana mobil listrik Genesis G80 Electrified berlabuh. Kendati demikian, dealer mobil bekas ada yang menawarkan mobil listrik itu dijual di pasaran.

Hyundai sendiri hingga saat ini belum menjual Genesis G80 Electrified di Tanah Air secara resmi. Diketahui baru-baru ini, salah satu pemilik mobil listrik premium itu adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Hal itu terlihat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilapor Erick untuk perolehan tahun 2022.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mobil listrik Genesis G80 Electrified tahun 2022 termasuk salah satu di antara empat kendaraan punya Erick. Adapun soal spesifikasinya, mobil listrik ini didatangkan langsung dari Korea Selatan. Mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 427 km saat baterainya terisi penuh. Untuk mengisi ulang daya, pada pengisian daya rapid charging 800V, mengisi daya dari 10% ke 80% hanya perlu 22 menit. Pada kondisi pengecasan normal, mengisi dari 10% ke 100% memerlukan waktu 9 jam.

Genesis Electrified G80 dibekali baterai lithium-ion kapasitas 87,2 kWh, mobil ini memiliki 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang. Artinya, mobil ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD.

Genesis Electrified G80 memiliki tenaga 272 kW atau setara 364,7 dk yang dihasilkan dari 2 motor listrik. Masing-masing motor listrik tersebut bisa menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, mobil ini memiliki total torsi 700 Nm. Lewat bekal performa tersebut, Genesis Electrified G80 bisa berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,9 detik.

Soal harga, diketahui dari LHKPN Erick Thohir mobil listrik ini ditaksir punya banderol Rp 1,673 miliar.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Anggota DPR Sedih Lihat Alumni IPDN Jadi Ajudan-Bawa Sepatu Bupati

Jakarta, Ruangpers.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang mengungkapkan terdapat sejumlah kepala…

2 jam ago

Terkait Pembebasan Lahan, Bupati Simalungun Lakukan Pertemuan dengan PT Lonsum

Simalungun, Ruangpers.com - Terkait dengan pelepasan lahan di atas lahan HGU (Hak Guna Usaha) PT…

3 jam ago

Pria di Aceh Diciduk saat Lansir 300 Kg Ganja, Ngaku Diupah Rp 50 Ribu Perkilo

Banda Aceh, Ruangpers.com - Seorang pria asal Bener Meriah, Aceh, AM (35) ditangkap polisi karena…

3 jam ago

Emak-emak di Asahan Blokir Jalan, Protes Jalan Rusak dan Berdebu

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga didominasi oleh emak-emak di desa Gedangan, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten…

4 jam ago

Patroli Perintis Presisi Polres Simalungun Berhasil Jaga Keamanan Wilayah dan Kelancaran Persidangan

Simalungun, Ruangpers.com - Satuan Samapta Polres Simalungun melancarkan serangkaian kegiatan patroli dan pengamanan yang bertujuan…

13 jam ago

Pemkab Humbahas, KPPBC TMP C Sibolga dan Polres Sosialisasi Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal

Humbahas, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas), melalui Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja…

14 jam ago