Nasional

Ternyata Ini Alasan Kopi Sidikalang Mirip Kopi Brasil yang Terbaik di Dunia

Jakarta, Ruangpers.com – Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari banyak orang. Terutama bagi penikmat kopi hitam, pasti pernah mendengar Kopi Sidikalang.

Kopi ini berasal dari Sidikalang, di Sumatera Utara. Sidikalang adalah ibu kota Kabupaten Dairi yang tidak jauh dari Kota Medan. Kopi ini dikatakan sebagai pesaing kopi Brasil, karena cita rasanya yang mirip.

Lantas, seperti apa kenikmatan dari kopi  Sidikalang? Penasaran dengan kopi asal Sumatera Utara ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (1/10/2021).

Pesaing Kopi Brazil

Kopi asal Sumatera Utara ini terkenal dengan cita rasanya yang nikmat, bahkan bukan hanya di dalam negeri saja, kenikmatannya dikenal sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kuat kenikmatan kopi Sidikalang adalah kopi Brazil, salah satu kopi terbaik di dunia.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Banyak orang bilang karakteristik kopi Sidikalang mirip dengan kopi Brazil. Perbedaannya, kopi Brazil memiliki rasa yang cenderung pahit dengan rasa yang tertinggal agak pedas, ringan di mulut, dan tingkat keasamannya rendah. Sedangkan, kopi Sidikalang memiliki karakter yang lebih berat dengan aroma kacang-kacangan (nutty). Kemiripan karakteristik ini karena pengaruh kesamaan kondisi tempat penanamannya.

Kualitas

Kopi Sidikalang mempunyai kualitas tinggi, karena kopi ini berasal dari biji kopi robusta yang dikenal memiliki kadar kafein tinggi, mencapai 70-80%. Dengan kondisi tanahnya yang mendukung, juga membuat kualitas kopi Sidikalang kian disegani. Tanaman kopi sebaiknya tumbuh di atas minimal 700 mdpl. Dan rata-rata kopi Sumatera tumbuh di atas 1.000 mdpl.

Dengan demikian, kualitas biji kopi yang dihasilkan memiliki fisik dan karakter rasa  lebih kuat.

Nyaman di Lambung

Cita rasa yang dimiliki kopi Sidikalang ini menghasilkan tingkat keasaman rendah. Cocok bagi mereka yang memiliki masalah lambung atau penyakit maag tapi tetap ingin minum kopi setiap hari. Ditambah dengan rasa pahit khas cokelat, membuat sensasi yang berbeda dari kopi lain.

Rasa pahit ini menjadi daya tarik lain bagi para penikmat kopi untuk mencicipi kekhasan dari kopi Sidikalang.

Aroma dan Karakter Rasa Khas

Aroma dan cita rasa kopi Sidikalang memang mirip dengan kopi di wilayah atau negara lain. Seperti cita rasa yang mirip cokelat dan sedikit manis. Namun wangi yang dihasilkan kopi Sidikalang tidak terlalu tajam. Teksturnya sedikit lebih kasar dari kopi Arabika. Sementara warna yang dihasilkan tergantung dari cara pengolahan. Kopi Sidikalang cocok bagi Anda yang menyukai kopi dengan aroma sedang.

 

Sumber : iNews.id

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Anggota DPR Sedih Lihat Alumni IPDN Jadi Ajudan-Bawa Sepatu Bupati

Jakarta, Ruangpers.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang mengungkapkan terdapat sejumlah kepala…

3 jam ago

Terkait Pembebasan Lahan, Bupati Simalungun Lakukan Pertemuan dengan PT Lonsum

Simalungun, Ruangpers.com - Terkait dengan pelepasan lahan di atas lahan HGU (Hak Guna Usaha) PT…

3 jam ago

Pria di Aceh Diciduk saat Lansir 300 Kg Ganja, Ngaku Diupah Rp 50 Ribu Perkilo

Banda Aceh, Ruangpers.com - Seorang pria asal Bener Meriah, Aceh, AM (35) ditangkap polisi karena…

4 jam ago

Emak-emak di Asahan Blokir Jalan, Protes Jalan Rusak dan Berdebu

Asahan, Ruangpers.com - Puluhan warga didominasi oleh emak-emak di desa Gedangan, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten…

5 jam ago

Patroli Perintis Presisi Polres Simalungun Berhasil Jaga Keamanan Wilayah dan Kelancaran Persidangan

Simalungun, Ruangpers.com - Satuan Samapta Polres Simalungun melancarkan serangkaian kegiatan patroli dan pengamanan yang bertujuan…

14 jam ago

Pemkab Humbahas, KPPBC TMP C Sibolga dan Polres Sosialisasi Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal

Humbahas, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas), melalui Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja…

14 jam ago