Sumut

Tiga Tahun Dinantikan, Cath Lab Jantung RSUD dr Djasamen Saragih Akhirnya Diresmikan dr Susanti

Pematang Siantar, Ruangpers.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih Kota Pematang Siantar telah memiliki Cath Lab atau Laboratorium Kateterisasi dan Intervensi Jantung.

Cath Lab tersebut diresmikan Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani SpA, Jumat (16/12/2022), pukul 14.00 WIB.

dr Susanti dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Laboratorium Kateterisasi Jantung merupakan penantian selama tiga tahun.

dr Susanti yang merupakan mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih berharap rumah sakit tersebut bisa lebih maju dan pegawainya sejahtera.

“Kami mengucapkan selamat kepada RSUD Djasamen Saragih yang belakangan ini banyak meraih prestasi,” sebutnya. Seperti Akreditasi Paripurna, Rumah Sakit Pendidikan, dan lainnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang selalu memberikan masukan-masukan dan sebagai tempat konsultasi.

Disampaikan dr Susanti, penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang banyak banyak menimbulkan korban jiwa.

Ketika ada yang mendapat serangan jantung, harus dibawa ke rumah sakit yang ada di tingkat provinsi atau ke Medan. Itupun belum tentu langsung mendapatkan pelayanan. Sebab untuk Cath Lab harus masuk daftar tunggu. Sehingga bagi yang tidak sabar, dan memiliki dana biasanya berangkat ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan khusus jantung.

Hal itulah yang menjadi salah satu pertimbangan RSUD dr Djamen Saragih Kota Pematang Siantar beserta jajaran Dinas Kesehatan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Kota Pematang Siantar. Salah satunya, menyediakan Cath Lab

“Semoga ke depan kita dapat lebih baik lagi dan tetap mempunyai komitmen yang tinggi untuk bersama-sama membangun RSUD dr Djasamen Saragih supaya semua pegawai dapat lebih sejahtera dan masyarakat bisa mendapatkan kemudahan di dalam pelayanan kesehatan demi mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Direktur RSUD dr Djasamen Saragih, dr Flora Maya Damanik MARS menerangkan, ada empat penyakit trending topic yang digaungkan Kementerian Kesehatan, yakni jantung, kanker, ginjal, dan stroke.

RSUD dr Djasamen Saragih, katanya, mendukung transformasi kesehatan. Salah satunya sistem pelayanan.

Masih kata dr Maya, setelah pelaksanaan soft launching Cath Lab, akan dilakukan verifikasi oleh BPJS Pusat. Setelah verifikasi selesai, selanjutnya dilakukan grand launching.

“Ibu wali kota yang kami sayangi, kami mohon dukungan untuk rumah sakit ini karena selama ini ibu juga sudah mendukung dengan penuh rumah sakit ini. Sehingga kami bisa menjalankan amanah untuk mutu dan pelayanan dengan terakreditasi,” sebutnya.

Sementara, Ketua Tim Cath Lab RSUD dr Djasamen Saragih dr Devri  mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar yang sudah memberikan dukungan sehingga saat ini RSUD dr Djasamen Saragih bisa memiliki layanan jantung yang canggih.

“Saya kira ini satu-satunya yang ada di kabupaten/kota di luar Kota Medan,” tukasnya.

Diterangkannya, Instalasi Kateterisasi Jantung tersebut memiliki satu alat Cath Lab bermerek Philips.

“Jadi bukan kaleng-kaleng dan harganya cukup mahal,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mengoperasikan instalasi kateterisasi jantung dan intervensi kardiovaskuler, pihaknya didukung oleh tim profesional yang sudah mengikuti berbagai pelatihan.

“Jadi, mohon bantuan doa maupun usaha sehingga instalasi kateterisasi jantung ini bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat di Pematang Siantar,” harapnya.

Cath Lab atau disebut juga kateterisasi jantung dan angiografi merupakan tindakan atau prosedur medis kardiologi diagnostic invasive. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan sinar-X untuk membantu menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Misalnya, pemeriksaan Cath Lab pada jantung untuk mengetahui adanya penyakit, penyempitan, sumbatan, atau pelebaran pada pembuluh darah. Alat yang digunakan dalam pemeriksaan ini bisa memberikan hasil gambar yang detail. Dengan demikian, prosedur ini dapat membantu dokter memberikan diagnosis yang akurat dalam melaksanakan tindakan operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Prosedur Cath Lab juga dapat dimanfaatkan di berbagai bidang lainnya, seperti bedah saraf, bedah tulang, radiologi intervensi

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh dr Susanti didampingi dr Maya Damanik.

Turut hadir, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Dr Erika Silitonga dan jajaran RSUD dr Djasamen Saragih.

 

(rel/L. Tumangger)

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Monyet Liar yang Serang Sekuriti DPRD Tanjungbalai Ditembak Perbakin

Tanjungbalai, Ruangpers.com - Sekuriti di DPRD Tanjungbalai, Farhan, mengalami luka pada bagian kepala usai digigit…

6 jam ago

Pemkab Simalungun Laksanakan Upacara Peringatan Hari Otda XXVIII Tahun 2024

Simalungun, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melaksanakan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke…

6 jam ago

Ini Kata Bupati Simalungun Saat Hadiri Giat Manasik Haji Tahun 1445 H/2024 M

Simalungun, Ruangpers.com - Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Wakil Bupati, H Zonny Waldi, menghadiri…

6 jam ago

Viral Wanita di Taput Disuruh Telanjang gegara Kepergok Hendak Curi Kentang

Tapanuli Utara, Ruangpers.com - Satu video yang menyebutkan seorang wanita disuruh telanjang usai kepergok hendak…

7 jam ago

Duda di Medan Aniaya Pacar hingga Tewas, Sempat Nyabu Bareng Korban

Jakarta, Ruangpers.com - Duda bernama Ridwan Nasution alias Ridho (45) ditangkap usai menganiaya hingga tewas…

7 jam ago

Sat Lantas Polres Simalungun Menggelar Seleksi Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Simalungun, Ruangpers.com - Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan penting yang bertujuan…

17 jam ago