Lintas Provinsi

Hujan Lebat Semalaman, Jalan Lintas Sumatera di Lahat Longsor

Palembang, Ruangpers.com – Akibat diguyur hujan lebat dari malam hingga menjelang pagi, ruas Jl Lintas Sumatera, tepatnya di Lintas Lahat-Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel), longsor. Kondisi jalan yang berada di tepi jurang itu amblas hingga jarak 15 meter. Lalu lintas dari kedua arah pun terhambat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hujan lebat dengan intensitas tinggi tersebut mengguyur Kabupaten Lahat, Jumat (12/2) malam hingga menjelang Sabtu (13/2/2021) pagi.

Setelah diguyur hujan, Jl Lintas Sumatera penghubung Lahat dan Pagaralam, tepatnya di Desa Lubuk Sepang, Pulau Pinang, Lahat, mengalami longsor.

Kasat Lantas Polres Lahat AKP Andriansyah melalui keterangan Paur Humas Polres Lahat Aiptu Lispono membenarkan kejadian longsor itu.

“Benar kejadian jalan longsor itu terjadi wilayah kita, yakni di ruas Jalan Lintas Sumatera, Lahat-Pagaralam, tepat di Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang,” ujar Lispono saat dimintai konfirmasi, Sabtu (13/2/2021).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kejadian itu, kata Lispono, terjadi akibat faktor alam, terlebih hujan lebat dari malam hari hingga menjelang pagi yang mengguyur Sumsel, khususnya di Kabupaten Lahat.

“Dari informasi yang kita dapat, longsor tersebut mencapai kedalaman hingga 3 meter, dengan panjang 15 meter memakan badan jalan,” ungkapnya.

Lispono menyebut kejadian tersebut membuat Jalan Lintas Sumatera penghubung Kabupaten Lahat-Kota Pagaralam itu tidak dapat dilewati karena longsor hampir menghabiskan seluruh badan jalan.

“Jalan yang ambles tersebut memang tidak sepenuhnya, namun berisiko apabila dilewati kendaraan bermotor. Kita lebih menyarankan kepada pengguna jalan untuk melewati jalan alternatif Gumay Ulu, karena kondisi tanah dan jalan longsor ini masih bergerak. Dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

 

Sumber : detik.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Patroli Perintis Presisi Polres Simalungun Berhasil Jaga Keamanan Wilayah dan Kelancaran Persidangan

Simalungun, Ruangpers.com - Satuan Samapta Polres Simalungun melancarkan serangkaian kegiatan patroli dan pengamanan yang bertujuan…

5 jam ago

Pemkab Humbahas, KPPBC TMP C Sibolga dan Polres Sosialisasi Pemberantasan Peredaran Rokok Ilegal

Humbahas, Ruangpers.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas), melalui Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja…

5 jam ago

Kepala Dinas Pendidikan Humbahas Ikuti FTBIN 2024 di Jakarta

Jakarta, Ruangpers.com - Dengan memukul gondang, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem…

6 jam ago

Kapolres Pematangsiantar Terima Kunjungan Tim Asistensi Mabes Polri menuju WBK/WBBM Tahun 2024

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, terima kunjungan Tim Asistensi…

6 jam ago

Buruh Harian Lepas Ditemukan Meninggal di Depan Perpustakaan, Polsek Siantar Barat Turun Tangan

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Personil Polsek Siantar Barat - Polres Pematangsiantar, bantu evaluasi jenazah Buruh Harian…

6 jam ago

Ada Penganiayaan di Jalan Patuan Anggi, Polsek Siantar Utara Turun Tangan

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara - Polres Pematangsiantar melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Kahean, AIPDA H.E…

7 jam ago